Featured Article
for SEO
Featured Article

Build Terbaik Raiden Shogun Genshin Impact: Senjata, Komposisi Tim, dan Tips

12 September 2021Daniel Hamiaz

Sang Archon Electro ini merupakan salah satu karakter terkompleks yang pernah ada di Genshin Impact. Walaupun begitu, apakah manfaat yang diberikan setara?

Raiden Shogun adalah karakter baru berelemen Electro pertama di Genshin Impact yang diperkenalkan pada versi 2.1, bersamaan dengan Kujou Sara.

Ia merupakan Archon ketiga, dari tujuh Archon yang ada di Teyvat, yang bersemayam di Inazuma. Ia diperkenalkan sebagai Archon Electro, setelah Venti dan Zhongli dirilis. Mengingat kemampuan kedua Archon pendahulunya yang sangat kuat, apakah Raiden Shogun mampu mengimbangi mereka?

Overview

Genshin Impact mendeskripsikan Raiden Shogun sebagai karakter support. Ia memiliki skillset dan gameplay yang unik. Secara sederhana, Raiden Shogun memberikan damage Electro, baik melalui Elemental Skill maupun Burst-nya, sekaligus mengisi energy mereka masing-masing saat Elemental Burst-nya aktif.

Elemental Skill Raiden Shogun mampu menghasilkan damage Electro setiap kali sebuah karakter memberikan damage ke musuh sekitarnya, baik sedang aktif di field ataupun tidak. Durasi Elemental Skill-nya sangat panjang, namun dengan cooldown yang cukup pendek. Hal ini menjadikan Elemental Skill-nya selalu siap dipakai.

Kelemahannya, skill ini hanya akan bekerja setiap kali karakter memberikan damage ke musuh dan bukan setiap kali karakter aktif menyerang. Maka dari itu, skill ini tidak dapat menembus shield Abyss Mage dan sejenisnya. Skill ini masih bisa aktif apabila mengenai armor Fatui atau Lawachurl.

Elemental Burst Raiden Shogun akan memberikan damage dan akan mengubah serangan Raiden Shogun menjadi Electro selama beberapa detik. Selain itu, setiap kali Raiden berhasil menyerang musuh, ia akan mengisi energi satu tim.

Pada Elemental Skill dan Burst-nya, ada dua mekanik yang patut diperhatikan. Raiden Shogun akan memberikan tambahan damage untuk Elemental Burst satu tim, berdasarkan konsumsi energi mereka. Semakin besar cost-nya, maka bonus yang diberikan juga semakin besar.

Mekanik yang kedua adalah Resolve Stack. Setiap kali Elemental Burst satu tim diaktifkan, maka semakin kuat pula Elemental Burst milik Raiden Shogun yang diaktifkan setelahnya. Indikatornya dapat dilihat dari lingkaran ungu yang ada di belakang karakter aktif.

Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan Elemental Burst dari karakter lain, sebelum memakai Elemental Burst Raiden Shogun. Resolve Stack akan terisi penuh, apabila lingkaran di belakang karakter menyala sepenuhnya.

Artefak

Artefak yang disarankan untuk Raiden Shogun adalah 4 Emblem of Severed Fate, karena sebagian besar kekuatannya terletak pada Elemental Burst. Selain itu, melalui talenta pasifnya, setiap Energy Recharge yang dimilikinya akan memberikan tambahan Electro Damage Bonus.

Sebagai artefak alternatif, Anda dapat memakai antara 2 Noblesse Oblige, 2 Emblem of Severed Fate, dan 2 Thundering Fury. Namun untuk artefak alternatif ini, hanya disarankan apabila Anda belum memiliki 4 Emblem of Severed Fate yang baik.

Untuk statnya, Raiden Shogun menginginkan Energy Recharge yang cukup besar. Selain karena energy cost Raiden yang berjumlah 90, Energy Recharge juga berfungsi sebagai damage tambahan. Dengan memiliki 200% Energy Recharge saja, Raiden Shogun sudah memiliki Electro Damage Bonus yang hampir setara dengan +20 Goblet.

Main Stat: ATK% / Energy Recharge / Electro Damage Bonus?

Stat yang ideal merupakan kunci untuk performa Raiden Shogun yang optimal. Namun bagaimanakah menentukan stat yang benar?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Energy Recharge Raiden Shogun memberikan Electro Damage Bonus. Namun Energy Recharge yang terlalu banyak menjadikan damage Raiden Shogun tidak optimal, apabila Attack-nya rendah. Maka dari itu, perlu diperhatikan kapan memakai main stat pada artefak, antara Energy Recharge atau ATK%.

Main stat yang dimaksud di sini adalah main stat untuk Sands of Eon. Untuk Goblet of Eonothem, Anda dapat memakai artefak dengan main stat ATK% atau Electro Damage Bonus. Keduanya akan memberikan output yang relatif sama. Maka dari itu, pakailah artefak yang memiliki sub stat yang lebih baik. Untuk Circlet of Logos, tetap memakai Crit Rate/DMG.

Jika Energy Recharge Raiden Shogun ada di antara 200%-250%, hanya dari senjata dan sub stat artefak, maka Anda bisa memakai main stat ATK%. Sedangkan apabila Raiden Shogun memakai senjata dengan sub stat selain Energy Recharge, maka Anda sebaiknya menggunakan Sands of Eon dengan main stat Energy Recharge.

Prioritas sub stat :

  1. Crit Rate/DMG
  2. Energy Recharge
  3. Atk%
  4. Elemental Mastery

Senjata

Untuk senjata, akan dibagi menjadi dua kategori, yakni senjata terbaik dan senjata F2P terbaik.

Senjata terbaik Raiden Shogun dipegang oleh Engulfing Lighning. Senjata ini memang didesain untuk Raiden Shogun, baik secara stat, visual dan efek pasifnya. Senjata ini dapat memenuhi kebutuhan Energy Recharge dan Attack Raiden Shogun dengan jumlah yang besar.

Untuk senjata alternatifnya, Anda dapat memakai Primordial Jade Winged Spear, Skyward Spine, Staff of Homa, Vortex Vanquisher dan Deathmatch. Senjata bintang 5 tentu memiliki base attack yang lebih tinggi dibandingkan dengan senjata bintang 4, jadi disarankan untuk memakainya.

Untuk senjata F2P terbaik, Anda dapat memakai The Catch. Senjata ini bisa Anda dapatkan dari fitur memancing, yang diperkenalkan pada versi 2.1. Sub stat Energy Recharge dan juga efek pasifnya sangat cocok untuk Raiden Shogun.

Untuk senjata F2P alternatif, Anda dapat menggunakan Favonius Lance, Prototype Starglitter, atau Blackcliff Pole.

Komposisi Tim

Quickswap adalah sebuah istilah yang dipakai untuk komposisi tim yang gameplay-nya lebih bertumpu di rotasi dan penggunaan Elemental Skill & Burst, dibandingkan hanya memakai satu main DPS. Umumnya tim ini berisikan sub DPS dan support.

Raiden Shogun memiliki sinergi yang bagus di tim ini. Selain memberikan damage yang cukup besar, ia dapat membantu mengisi energi yang diperlukan oleh satu tim. Salah satu contoh tim Quickswap yang disarankan berisi Raiden Shogun, Xiangling, Xingqiu, dan Bennet. Selain berisikan sub DPS yang kuat dan mudah didapatkan, tim ini akan memanfaatkan reaksi Vaporize, Overload, dan Electro-charged secara bersamaan.

Eula dan Raiden Shogun memiliki sinergi yang bagus. Selain untuk mengakses Superconduct, Raiden Shogun dapat meningkatkan damage Elemental Burst milik Eula serta mengisi energinya. Kebutuhan energi yang besar selalu menjadi masalah utama Eula dan Raiden Shogun dapat menyelesaikannya. Salah satu contoh tim ini adalah Raiden Shogun, Eula, Beidou, dan Diona. Anda dapat mengganti Beidou dengan Fischl, apabila sedang menghadapi boss atau musuh single target.

Selain Eula, karakter spesifik yang memiliki sinergi dengan Raiden Shogun adalah Tartaglia atau Childe. Komposisi yang dimaksud adalah Firework, namun mengganti Fischl dengan Raiden Shogun. Komposisi tim ini akan memanfaatkan reaksi Electro-charged untuk menghabisi musuh dalam jumlah yang banyak.

Tartaglia memang tidak memiliki masalah Energi, namun ia memiliki masalah saat Elemental Skill-nya sedang cooldown. Raiden Shogun dapat mengisi kekosongan tersebut. Anda dapat mengganti Bennet dengan Healer atau Shielder.

sumber: Genshin Impact

Tips & Tricks

Berikut ini merupakan beberapa tips dan trik yang mungkin bisa Anda gunakan:

  • Komposisi tim dapat mempengaruhi banyaknya Energy Recharge yang diperlukan Raiden Shogun. Apabila ada karakter Electro lain di tim, maka 180-200% Energy Recharge sudah cukup. Dan jika Raiden Shogun hanya karakter Electro yang ada di tim, Energy Recharge disarankan ada di atas 200%.
  • Walaupun kombinasi antara Beidou dan Raiden Shogun terlihat menarik, namun kombo ini tidak bisa dipakai. Elemental Burst milik Beidou tidak akan bekerja selama Raiden Shogun menyerang saat Elemental Burst-nya berlangsung. Hal ini telah dinyatakan oleh miHoYo secara resmi.
  • Memang setiap pemakaian Elemental Burst satu tim akan memperkuat Burst milik Raiden Shogun, namun bukan berarti pengaktifan Elemental Burst Raiden Shogun harus menunggu Resolve Stack penuh. Jangan sampai Resolve Stack yang belum penuh menghalangi rotasi yang mengakibatkan damage yang tidak optimal.
  • Apabila Anda memiliki Yoimiya atau karakter pyro lainnya, Anda juga dapat memasangkannya dengan Raiden Shogun. Namun perlu diperhatikan bahwa dengan menghasilkan reaksi Overload, maka Anda harus mengejar musuh yang terpental. Hal ini terkadang cukup mengganggu rotasi karena butuh waktu lebih untuk mengejar musuh tersebut.

Penutup

Seperti karakter lainnya, Raiden Shogun memiliki kelebihan dan kekurangan. Memang Raiden Shogun belum bisa menyaingi kekuatan kedua Archon sebelum dirinya, namun bukan berarti karakter ini merupakan karakter yang buruk.

Raiden Shogun mampu membuka sebuah variasi tim yang berbeda dan bahkan mampu mengubah build artefak beberapa karakter karena menawarkan pengisian energi. Hal tersebut dapat dilihat dari sinerginya bersama Eula.

Untuk saat ini, Raiden Shogun memberikan solusi terhadap permasalahan yang belum ada. Kondisi ini mirip dengan saat Archon Geo, Zhongli, pertama kali dirilis pada versi 1.1. Pada saat itu, belum banyak musuh yang mengharuskan pemain untuk membawa karakter Shielder. Hal tersebut sudah jauh berbeda dibandingkan dengan sekarang di versi 2.1, dengan munculnya musuh seperti varian Geovishap dan Azdaha, yang akan memberikan damage besar kepada pemain tanpa shield.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV