Dark
Light

Seperti Perangkat Mata-Mata, Mini PC ORWL Mempunyai Kemampuan Self-Destruct

1 min read
July 7, 2017

Dengan memanfaatkan PC sebagai alat untuk bekerja dan menghibur diri, maka terbuka peluang bagi Anda menjadi target serangan digital. Memang ada banyak solusi keamanan, hadir dalam bentuk hardware dan software, bahkan developer OS sampai produsen perangkat keras menghabiskan jumlah uang yang sangat besar demi menghadirkan sistem keamanan terbaik.

Melihat celah keamanan sebagai ancaman sangat serius, satu tim produsen mengambil langkah dramatis. Mereka memperkenalkan ORWL, mini PC dengan sistem keamanan paling andal di dunia yang turut dibekali kemampuan self-destruct (sederhananya: kapabilitas menghancurkan diri secara otomatis ketika diakses oleh individu yang tidak terverifikasi) layaknya gadget di film mata-mata.

ORWL ialah sebuah PC berukuran mungil. Penampilannya menyerupai cakram, dan luasnya tidak lebih panjang dari telapak tangan kita. Kata sang produsen, ORWL adalah komputer desktop yang didesain buat memproteksi data berharga, bisa digunakan di kantor maupun di rumah. Untuk mengaksesnya, pengguna memerlukan ‘kunci fisik’ serta password. Jika seseorang mencoba mengopreknya, ORWL dapat mengetahui usaha tersebut dan mengunci hardware sehingga tidak bisa dinyalakan.

ORWL 2

Seperti yang sudah disinggung sedikit sebelumnya, ORWL memanfaatkan sistem pengesahan dua bagian. Tiap unit dibekali key fob berisi NFC agar dapat berkomunikasi dengan PC. ORWL sendiri bisa membaca keberadaan key fob dari jarak 10-meter. Saat Anda keluar dari radius deteksi itu, komputer secara otomatis akan mengunci sendiri. Tentu saja, input password tetap dibutuhkan untuk membukanya kembali.

Jika seseorang betul-betul menginginkan data Anda, ada kemungkinan besar ia akan berupaya melepas unit penyimpanan. Namun hebatnya, developer sudah menyiapkan metode buat menanggulanginya: sensor-sensor di sana dapat mendeteksi jika ada upaya buat membongkar ORWL, meski PC tidak dicolokkan ke sumber listrik. Jika hal tersebut dilakukan, ORWL segara menghapus konten dan encryption key di Intel SSD miliknya. Jika PC diibaratkan sebagai mata-mata, maka penghapusan ‘kunci enkripsi’ setara dengan menelan pil sianida.

ORWL 1

Di dalam, ORWL dibekali prosesor Intel Core m7 Skylake (berkecepatan hingga 1,2GHz), kartu grafis integrated Intel HD Graphics 515, RAM LPDDR3 maksimal 8GB, dan penyimpanan berbasis SSD seluas 480GB. Mini PC tersebut juga dilengkapi konektivitas Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth LE 4.2, dua USB 3.0 type-C, dan satu port HDMI.

Meski spesifikasinya tidak seberapa, sistem keamanan mutakhir di sana membuat harga ORWL melonjak jadi setara perangkat gaming. Versi entry-level-nya dijajakan di harga US$ 1.700 dan varian top-end dibanderol US$ 4.300. ORWL rencananya akan mulai tersedia di tanggal 31 Agustus 2017.

Sumber: Design-Shift.

Previous Story

Bank Indonesia Tetapkan Aturan Gerbang Pembayaran Nasional

Next Story

Save Youselves Hadirkan Layanan Edukasi dan Konsultasi Kesehatan Mental

Latest from Blog

Don't Miss

ASUS Mini PC

ASUS Mini PC ExpertCenter PN53 dan PN64 Resmi Hadir di Indonesia: Pilihan Prosesor AMD atau Intel

ASUS Open Platform Business Group (OPBG) saat ini meluncurkan 2

ASUS ROG Ally Bakal Diluncurkan di Indonesia, Tidak Semahal Pesaingnya

Masih ingat dengan usaha prank yang dilakukan ASUS pada tanggal 1