Gadget News
for SEO
Gadget News

Semua Yang Perlu Diketahui Dalam Acara Peluncuran OPPO Find X5 Series

1 March 2022Lukman Azis

Berkat chip MariSilicon X, Find X5 dan X5 Pro membawa mode 4K Ultra Night Video

Beberapa waktu lalu OPPO telah mengumumkan Find X5 Series, bintang utamanya adalah Find X5 Pro dan Find X5. Mereka dibekali sistem kamera dengan algoritme pemrosesan yang lebih canggih berkat kehadiran chip MariSilicon X, dua sensor flagship Sony IMX766 50 MP di belakang, dan dilengkapi fitur Hasselblad Natural Color Calibration.

Dedicated imaging NPU MariSilicon X salah satunya dirancang untuk mengatasi tantangan terbesar pengambilan video di smartphone yakni perekaman di malam hari. Dibuat pada proses 6nm, chip MariSilicon X memiliki kekuatan komputasi AI untuk menjalankan algoritme advanced AI noise reduction (AINR).

Algoritme ini dapat mendeteksi dan mengurangi noise di setiap frame, piksel demi piksel, sambil mempertahankan detail yang lebih halus pada warna kulit dan akurasi warna keseluruhan. Hasilnya adalah peningkatakan empat kali lipat dalam perpepsi resolusi video malam, lebih sedikit grain dan reproduksi warna yang lebih baik untuk menghadirkan mode 4K Ultra Night Video pertama kalinya di smartphone Android.

Tentu saja, chip MariSilicon X hanyalah salah satu elemen kunci dari sistem pencitraan canggih Find X5 Pro. OPPO juga mengandalkan dua sensor flagship Sony IMX766 50 MP di belakang pada kamera wide dan ultrawide-nya, dengan ukuran sensor 1/1,56 inci dan ukuran piksel besar 2um setelah binning.

Kamera utama dengan lensa wide-nya turut dilengkapi dengan sistem five-axis OIS pertama di jenisnya dan dikombinasikan algoritme khusus yang dapat mengkompensasi goyangan tangan, mengurangi noise, dan mempertajam pemandangan. Find X5 series juga dilengkapi fitur Hasselblad Natural Colour Calibration pada Pro Mode yang menghadirkan serangkaian filter creative Master untuk warna natural yang ikonik.

OPPO juga bekerja sama dengan Sony untuk menyesuaikan sensor IMX709 pada kamera depan Find X5 Pro dan mengintegrasikan MariSilicon X untuk memastikan selfie terlihat lebih baik dari sebelumnya. Kamera depan juga dapat secara otomatis beralih dari sudut lebar 80 ke 90 derajat untuk memastikan tidak ada orang yang terpotong.

Perbedaan OPPO Find X5 dan Find X5 Pro

Layar dan dapur pacu menjadi aspek pembeda utama, Find X5 Pro mengemas ultra-clear curved AMOLED 6,7 inci dengan panel LTPO2 AMOLED yang mampu menampilkan 1 miliar warna. Ditopang resolusi WQHD+, refresh rate adaptif 1-120Hz, dan color gamut mencakup 100% P3.

Sementara, Find X5 mengusung panel AMOLED yang juga mampu menampilkan 1 miliar warna, berukuran 6,55 inci FHD+ dan didukung refresh rate 120Hz. Keduanya sudah diproteksi Gorilla Glass Victus.

Dapur pacunya, Find X5 Pro ditenagai chipset paling mutakhir dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1 yang sangat powerful untuk menangani berbagai game dan aplikasi yang paling menuntut sekalipun. Find X5 harus puas dengan Snapdragon 888, yang masih terbilang gahar untuk tahun 2022.

Keduanya menjalankan ColorOS 12.1 berbasis Android 12 dan semua aktivitas pada Find X5 Pro disuplai baterai 5.000 mAh dengan dukungan teknologi 80W SUPERVOOCflash-charging. Find X5 Pro dapat diisi daya dari hampir kosong hingga 50 persen hanya dalam 12 menit dan dengan AIRVOOC 50W, ia memberi daya hingga 100 persen secara nirkabel hanya dalam 47 menit.

Find X5 Lite, Enco X2, dan OPPO Pad

OPPO juga mengumumkan tiga perangkat pendamping yaitu Find X5 versi Lite, TWS Enco X2, dan tablet OPPO Pad. Mari mulai dari Find X5 Lite, yang meski termasuk keluarga Find X5 series, tetapi desain dan spesifikasinya pada dasarnya mirip dengan Reno7 5G.

Find X5 Lite mengusung layar AMOLED 6,43 inci FHD+ dengan refresh rate 90Hz. Dapur pacunya mengandalkan chipset 5G MediaTek Dimensity 900 (6 nm), dipasangkan dengan RAM 8GB (LPDDR4X pada 2.133 Hz) yang bisa diperluas secara virtual 5GB, dan penyimpanan internal UFS 2.2 256GB.

Untuk konfigurasi kameranya, Find X5 Lite hanya mendapatkan kamera utama 64 MP, kamera 8 MP dengan lensa ultrawide, 2 MP untuk bidikan macro, dan kamera depannya 32 MP 85 derajat. Perekaman videonya mencapai 4K 30fps tetapi tanpa chip MariSilicon X dan tidak ada mode 4K Ultra Night Video.

Beralih ke OPPO Enco X2, TWS ini menampilkan desain dual-driver yang disempurnakan dengan quad-magnet planar tweeter dan dynamic driver berukuran 11 mm. Fitur noise cancellation telah ditingkatkan menjadi 45 dB, serta mendukung Bluetooth 5.2, dan LHDC 4.0 dengan bitrate hingga 900 Kbps.

OPPO juga memasuki kategori produk baru dengan tablet Android pertamanya yang diberi nama OPPO Pad. Sebuah tablet 11 inci yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 870 dan mendukung stylus aksesori OPPO Pencil yang dapat menempel melalui magnet.

Tablet ini hadir dengan build quality premium, ketebalannya hanya 6,99 mm dan beratnya 507 gram. Bagian muka, OPPO Pad menampilkan panel LCD LTPS 11 inci dengan resolusi 2560×1600 piksel dan didukung refresh rate 120Hz.

Layarnya dapat menampilkan konten HDR10 dan memiliki bezel simetris dengan kamera selfie 8 MP yang tersemat di bezel samping kanan. Kamera belakangnya 13 MP dan OPPO Pad dilengkapi quad speaker dengan dukungan Dobly Atmos serta membawa sertifikasi audio Hi-Res.

Harga

Untuk harga, di pasar Eropa – OPPO Find X5 dengan konfigurasi 8GB/256GB dijual €1.000 (sekitar Rp16 jutaan) dan versi Pro dengan konfigurasi 12GB/256GB dibanderol €1.300 (Rp20 jutaan). Sedangkan, untuk Find X5 Lite akan tersedia dengan harga €480 (Rp7,7 jutaa), TWS OPPO Enco X2 €200 (Rp3,2 jutaan), dan tablet OPPO Pad masih tersedia di Tiongkok dengan harga mulai dari CNY 2.299 (Rp5,2 jutaan).

Sumber: OPPO Newsroom

Play video

23 June 2022

Daftar Adaptasi Animasi dari Game #hybridhighlight Eps. 6

HybridHighlight kali ini akan membahas tentang daftar animasi yang merupakan adaptasi dari game. Apa saja animasi itu?

Others from #HybridTV