1 March 2022

by Glenn Kaonang

Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet Resmi Diumumkan

Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet adalah game pertama Pokemon yang memakai warna pada judulnya setelah sepuluh tahun

27 Februari adalah hari ulang tahun resmi franchise Pokemon, dan tahun ini perayaannya dimeriahkan oleh pengumuman game Pokemon generasi ke-9, yaitu Pokemon Scarlet dan Pokemon Violet. Kedua game Pokemon anyar garapan Game Freak ini dijadwalkan hadir menjelang akhir 2022 di Nintendo Switch.

Melihat video trailer-nya, Pokemon Scarlet dan Violet menawarkan gaya visual yang cukup mirip seperti pendahulunya yang dirilis tiga tahun silam (Pokemon Sword dan Shield) namun tentu saja dengan sejumlah penyempurnaan grafis di sana-sini. Setting lokasinya tidak disebutkan, namun kalau melihat cuplikan videonya, sepertinya kedua game ini bakal mengambil lokasi di kawasan Mediterania (Spanyol atau Portugal).

Seperti halnya Pokemon Legends: Arceus, Pokemon Scarlet dan Violet juga mengadopsi gaya permainan open-world yang sangat mendorong eksplorasi. Berbagai kota di dalam kedua game ini disebut akan membaur dengan area-area di sekitarnya secara seamless dan tanpa garis batasan. Sepertinya open-world memang menjadi arahan baru yang tepat buat seri game Pokemon. Situs resminya juga menyebutkan bahwa pemain bisa menjumpai Pokemon di semua area di region baru ini; di atas langit, di laut, di hutan, dan bahkan di jalanan.

Tentu saja, satu hal yang paling dinanti oleh para penggemar franchise Pokemon di setiap pengumuman generasi baru adalah deretan Pokemon anyar yang menanti untuk ditangkap. Daftar lengkap resminya masih belum ada, namun tiga starter Pokemon yang tersedia di Pokemon Scarlet dan Violet sudah diungkap: Spirigatito yang masuk kategori Grass Cat, Fuecoco yang masuk kategori Fire Croc, dan Quaxly yang masuk kategori Water Duckling.

Berhubung game-nya tersedia dalam dua versi, sudah pasti ada Pokemon tertentu yang eksklusif untuk setiap versi. Dengan kata lain, kalau mau mengoleksi semua Pokemon yang ada, pemain perlu membeli kedua versinya sekaligus. Di samping itu, setiap versi juga menawarkan perbedaan penampilan lakon utamanya. Lebih jelasnya mengenai perbedaan Pokemon Scarlet dan Violet pasti akan dijabarkan mendekati tanggal rilisnya nanti.

Satu hal yang cukup menarik dari Pokemon Scarlet dan Violet menurut saya adalah penamaan judulnya. Keduanya merupakan game Pokemon pertama yang memakai warna pada judulnya setelah satu dekade; game Pokemon terakhir yang melakukannya adalah sekuel dari Pokemon Black dan Pokemon White yang dirilis di tahun 2012 untuk Nintendo 3DS. Mungkinkah ini punya makna khusus? Mengingat scarlet adalah turunan dari warna merah dan violet adalah turunan dari warna biru, apakah kedua game ini merupakan spiritual reboot dari Pokemon Red dan Blue?

Via: IGN.