1 March 2022

by Wiku Baskoro

[Tekno] AlloFresh Resmi Hadir, Hasil Kerjasama Bukalapak, Trans Retail dan Growtheum

AlloFresh sediakan layanan untuk membeli kebutuhan sehari-hari dengan dukungan retail milik Chairul Tanjung (CT Crop)

Layanan untuk membeli kebutuhan sehari-hari AlloFresh resmi diperkenalkan. AlloFresh merupakan hasil kerjasama antara Bukalapak, Trans Retail Indonesia dan Growtheum Capital Partners. Platform belanja online kebutuhan sehari-hari ini menyediakan layanan pembelian cepat atau yang lebih dikenal dengan nama quick commerce.

Dengan AlloFresh, pengguna bisa membeli kebutuhan sehari-hari seperti sayuran, daging, roti atau kebutuhan sembako lain termasuk peralatan rumah tangga lewat aplikasi AlloFresh yang tersedia di marketplace. Salah satu keunggulan yang ditawarkan adalah kelengkapan produk, kurang lebih 150.000 SKU yang didapatkan dari 10.000 pemasuk serta pengiriman cepat. Kurang lebih 3 jam lewat layanan quick commerce. Ada juga pilihan pengiriman 30 menit.

Kalau melihat dari keterangan di halaman aplikasi Android mereka, AlloFresh bekerja sama dengan Transmart terdekat di Jakarta dengan pilihan pengiriman kilat sampai 3 jam. Selain itu untuk sementara aplikasi masih mencakup kota Jakarta saja sedangkan kota lain menyusul.

Dalam rilis yang diterima redaksi, disebutkan bahwa pendanaan awal dari pengembangan AlloFresh ini sampai dengan 1 triliun rupiah. Dukungan Transretail juga tentunya menjadi penting untuk variasi barang yang lengkap. Bukalapak membantu dari sisi pengembangan teknologi sehingga Allofresh bisa diakses via aplikasi. Selain itu AlloFresh juga tersedia di toko Transmart dengan fitur Clock & Go.

Dikutip dari Bloomberg, disebutkan bahwa nilai kempemilikan 1 triliun rupiah adalah 55% milik TransRetail, 35% Bukalapak dan 10% Growthheum.

Sinergi keuangan, teknologi dan dukungan ketersediaan produk tentunya menjadi jaminan untuk layanan AlloFresh bisa memenuhi kebutuhan konsumen. Meski demikian, layanan online kebutuhan sehari-hari ini tidak hadir sendirian, ada HappyFresh atau layanan online dari minimarket yang sebelumnya juga telah hadir atau ecommerce lain saingan dari Bukalapak.