Game

Segala Hal yang Sudah Diketahui Tentang Game Respawn Selanjutnya, Star Wars Jedi: Fallen Order

01 Mar 2019 | Yoga Wisesa
Detail mengenainya akan diungkap lebih lengkap di acara Star Wars Celebration bulan April nanti.

Siapa sangka Apex Legends yang diluncurkan secara mendadak berhasil mencuri perhatian pecinta shooterdalam waktu singkat. Sebelumnya, banyak orang hanya mengenal Respawn sebagai studio pencipta Titanfall yang didirikan oleh mantan penggagas Call of Duty. Namun kini, mereka menjadi salah satu tim developer terseksi pemegang franchise battle royale favorit jutaan gamer.

Tentu saja, kesuksesan itu bukan sekadar hasil kerja satu dua tahun. Jauh sebelum Respawn berdiri, para talenta yang ada di belakangnya telah berkiprah di ranah pengembangan game  selama belasan tahun. Dan beberapa bulan sebelum eksistensi Apex Legends diketahui, khalayak tengah menanti update terkait game besar mereka selanjutnya yang tak berhubungan dengan Titanfall. Anda mungkin sudah tahu, proyek tersebut ialah permainan bertajuk Star Wars Jedi: Fallen Order.

Gerak-gerik penggarapan game Star Wars sudah terdengar sejak 2014, ketika mantan staf Sony Santa Monica Stig Asmussen memutuskan untuk bergabung dengan Respawn. Asmussen adalah developer yang punya andil besar dalam pembuatan trilogi God of War, punya pengalaman sebagai lead environment artist, art director dan menjadi creative director di God of War III.

Baru dua tahun setelahnya, tepatnya ketika Star Wars Day berlangsung, Asmussen mengonfirmasi bahwa ia dan rekan-rekannya tengah mengerjakan permainan petualangan single-player berperspektif orang ketiga di jagat Star Wars. Judulnya sendiri diungkap langsung oleh CEO Respawn Vince Zampella secara santai dari bangku penonton di tengah-tengah presentasi E3 2018. Pengumuman tak terduga itu membuat fans Star Wars berteriak girang.

Kabar baiknya tak berhenti sampai di sana karena Star Wars Jedi: Fallen Order akan mendarat tak lama lagi. Electronic Arts dan Respawn Entertainment telah membenarkan agenda peluncuran game di musim gugur tahun ini. Berdasarkan info dari Lucasfilm di The Star Wars Show episode tanggal 28 Februari kemarin, developer berencana untuk mengungkap segala detail mengenai Fallen Order di acara Star Wars Celebration yang diadakan di kota Chicago tanggal 11 April nanti – termasuk tanggal rilisnya.

Di Fallen Order, Anda akan bermain sebagai seorang Padawan yang berhasil menyelamatkan diri dari perintah pembantaian para Jedi dari Kaisar Palpatine, Order 66. Itu artinya, game mengusung latar belakang era pasca Revenge of the Sith. Nama sang Padawan belum diketahui, tapi gelar tersebut mengindikasikan tokoh utama yang belum berpengalaman. Dalam perjuangannya, ia akan pergi ‘menjelajahi galaksi’.

Dalam pengerjannya, Stig Asmussen diberi tanggung jawab memimpin tim baru yang difokuskan pada proyek Fallen Order. Perlu diketahui bahwa permainan telah mulai dikembangkan sebelum EA mengakuisisi Respawn, dan ada peluang di negosiasi tersebut, Respawn meminta Electronic Arts untuk memberikan mereka keleluasaan dan kebebasan…

Via VentureBeat.