Dark
Light

Satu Lagi Jejaring Sosial Berbasis Lokasi Asal Yogyakarta

1 min read
July 15, 2011

Para pembaca DailySocial pasti mengenal layanan sosial berbasis lokasi buatan lokal seperti Yahoo! Koprol, Urbanesia, dan Personaflag, untuk Jogja, selain Personaflag ada juga layanan jejaring sosial berbasis lokasi yang lain yaitu t4nya.com (baca: tempatnya).

Jejaring sosial yang satu ini cukup menarik, sedikit berbeda dengan yang lain dan mempunyai khas dan keunikkan tersendiri. Pendekatan awalnya adalah tandai lokasi favorit, kemudian pengguna bisa menambahkan foto, beri nilai dan komentari tempat yang sudah ada setelah itu bisa menemukan tempat, lokasi serta relasi baru.

Dari segi UI maupun UX cukup menarik dan user friendly. Pengguna dimudahkan dan dibebaskan untuk menambahkan tempat penting maupun tempat favorit di peta. Penambahan tempat sangat mudah dan berbagai ikon menarik disetiap kategori, yang membuat saya cukup betah menggunakan t4nya.com. Walaupun masih versi beta, t4nya.com cukup seru untuk digunakan.

Pengguna juga dimudahkan dalam proses registrasi, tidak perlu melakukan pengisian form untuk proses registrasi, cukup login dengan akun Facebook. Begitu juga dengan penambahan tempat favorit maupun tempat penting disertai dengan foto, keterangan dan berkomentar di tempat tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan di t4nya.com. Setelah semua itu dilakukan, pengguna juga dapat membagikan aktivitas yang Anda lakukan ke Facebook maupun Twitter.

Akan tetapi ketika mengunjungi t4nya.com belum ada keramaian alias belum banyak pengguna yang menggunakan layanan ini. Namun beberapa tempat-tempat penting maupun favorit sudah banyak ditambahkan, khususnya di Yogyakarta, baik itu tempat wisata, kuliner, maupun tempat lainnya. Seperti layanan berbasis lokasi lainnya, t4nya.com juga memudahkan pengguna untuk mencari atau review dari tempat yang mereka inginkan.

Ketika mencoba menambahkan tempat di t4nya.com, prosesnya memang cukup mudah. Memberi nama tempat, memberikan keterangan (deskripsi) tempat tersebut, memberi tag lokasi, memberi kategori lokasi dan memberi tanda tempat pada peta. Akan tetapi kategori yang disediakan masih sangat kurang. Saya mencoba menambahkan tempat yaitu HackerSpaceYK di t4nya.com, tidak sampai hitungan menit langsung jadi. Tidak seperti Yahoo! Koprol yang beberapa bulan lalu terjadi sebuah ‘insiden’ yang dialami oleh rekan-rekan di Bandung. 😀

Sayangnya, t4nya.com saat ini hanya dapat dinikmati melalui web saja. dan untuk mobile web maupun mobile app saat ini masih dalam taraf pengembangan. Seperti yang dijelaskan di blog resmi mereka, t4nya.com membutuhkan kritik dan saran untuk dijadikan referensi mereka agar layanan mereka bisa dikembangkan dan kekurangannya bisa diperbaiki. Untuk saran dan kritik dapat berkomentar melalui form feedback t4nya atau berkomentar di artikel ini.

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Hachiko HD, permainan favorit di iPad buatan TouchTen

Next Story

Here’s what’s been happening with SITTI

Latest from Blog

Don't Miss

Startup pengembang teknologi imersif Arutala memproduksi aplikasi berbasis teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Mix Reality (MR), PC Simulator, hingga 360° Video untuk berbagai sektor bisnis

Komitmen Arutala Percepat Implementasi Teknologi Imersif untuk Bidang Edukasi

Sebelum istilah metaverse ramai dibicarakan, banyak pihak yang skeptis dengan
RUN System

Didukung Penuh Telkom Group, RUN System Tawarkan Solusi ERP untuk Perusahaan

Pandemi Covid-19 mendadak mengubah budaya kerja sekaligus mengganggu roda bisnis