28 December 2022

by Glenn Kaonang

Santa Browser Janjikan Hadiah Kripto Lewat Mekanisme Browse-to-Earn

Pengguna bisa mendapatkan hadiah aset kripto dari interaksinya dengan iklan di Santa Browser

Perkembangan pesat ekosistem Web3 menuntut komponen-komponen penunjang internet untuk beradaptasi. Browser atau peramban adalah salah satunya. Mulai dari Brave sampai Opera, satu demi satu browser terus menghadirkan pembaruan demi memudahkan penggunanya menavigasikan ekosistem Web3.

Peluang bagi pemain baru pun juga terbuka, utamanya untuk menawarkan inovasi yang berkaitan dengan utilitasi teknologi blockchain itu sendiri. Salah satu contohnya bisa kita lihat dari sebuah peramban baru bernama Santa Browser.

Pengembang Santa Browser mengklaim bahwa mereka telah mengembangkan tool yang memungkinkan siapapun untuk mengambil manfaat dari teknologi blockchain. Tujuannya tidak lain untuk menggaet gelombang baru para pengguna Web3 yang semakin meningkat.

Berdasarkan informasi di situs resminya, Santa Browser merupakan hasil modifikasi Chromium, yang sendirinya merupakan browser open-source yang menjadi basis dari Google Chrome dan banyak browser lainnya. Dalam kasus Santa Browser, modifikasi yang dilakukan mencakup penghapusan tracker, host detector, dan berbagai fitur lain yang berpotensi melanggar privasi pengguna.

Namun daya tarik utama Santa Browser terletak pada fitur yang disebut dengan istilah “browse-to-earn”. Idenya adalah, cukup dengan menggunakan browser seperti biasa, pengguna bisa mengumpulkan hadiah berupa cryptocurrency.

Cara kerja fitur ini sangat terikat dengan fitur ad blocker bawaannya. Pengguna pada dasarnya bisa memilih satu dari tiga mode browsing yang tersedia: Full Privacy Mode, Acceptable Mode, dan Reward Mode. Pada mode yang pertama, ad blocker akan berfungsi sebagaimana mestinya dan memblokir semua iklan beserta tracker. Dengan mode ini, pengguna tidak akan mendapatkan hadiah apa pun.

Beralih ke Acceptable Mode, beberapa iklan yang memenuhi standar Acceptable Ads akan ditampilkan, dan dari interaksi dengan iklan-iklan inilah pengguna bisa mendapatkan hadiah sejumlah aset kripto. Sesuai tebakan, hadiah paling banyak bisa pengguna dapatkan dari mode yang ketiga. Dalam mode ini, interaksi pengguna tidak hanya terbatas pada iklan saja, melainkan juga dengan format-format lain seperti pencarian (search) dan aktivitas belanja online.

Selebihnya, Santa Browser juga mengedepankan aspek keamanan, seperti yang sudah seharusnya jika melihat bahaya yang menanti di ranah Web3. Ke depannya, pengembangnya juga menjanjikan sejumlah fitur baru. Beberapa yang sudah direncanakan di antaranya adalah VPN gratis, sebuah dapp store terintegrasi, dan Santa Wallet.