28 December 2022

by Glenn Kaonang

Proyek NFT DeGods dan y00ts Bakal Tinggalkan Blockchain Solana

DeGods akan pindah ke Ethereum, sementara y00ts ke Polygon

Kabar cukup mengejutkan datang dari ekosistem NFT Solana. Dua koleksi NFT paling top di blockchain tersebut, DeGods dan y00ts, mengumumkan rencananya untuk bermigrasi dari Solana. Kalau semuanya berjalan sesuai rencana, DeGods bakal berpindah ke Ethereum, sementara y00ts bakal berpindah ke Polygon.

Rumor dan spekulasi terkait hal ini sebenarnya sudah beredar sejak beberapa bulan lalu, akan tetapi semuanya sekarang sudah dikonfirmasi langsung oleh kreator DeGods dan y00ts, Rohun Vora, atau yang lebih dikenal dengan nama Frank III di komunitas NFT.

Lewat sebuah sesi Twitter Space, Frank menjelaskan alasan di balik keputusannya. Menurutnya, berpindah blockchain merupakan satu-satunya cara buat DeGods untuk bisa bertumbuh menjadi lebih besar lagi.

Frank juga menyamakan persaingan ekosistem NFT blockchain dengan layanan streaming film. Ibarat Netflix, Disney+ dan HBO Max yang saling berlomba mengamankan properti intelektual (IP) terbaik demi membangun brand-nya masing-masing, blockchain juga berupaya untuk mengamankan proyek NFT yang populer demi menarik minat proyek-proyek lain yang tak kalah menarik.

Ethereum sendiri hingga sekarang masih menjadi blockchain dengan ekosistem NFT terbesar. Dipadukan dengan fakta bahwa Ethereum kini sudah tidak lagi merusak lingkungan, proposisi migrasi ini pun terdengar semakin menarik buat DeGods.

Spesifik untuk y00ts, Frank punya alasan khusus mengapa ia memilih Polygon. Menurutnya, keberhasilan Polygon menggandeng nama-nama besar seperti Starbucks, Adidas, Nike, Reddit, dan Instagram untuk merilis NFT di platformnya membuatnya yakin akan masa depan Polygon.

Polygon sendiri akan memberikan dana hibah untuk membantu memuluskan proses transisi y00ts, akan tetapi nominalnya justru adalah yang paling kecil jika dibandingkan dengan penawaran dari blockchain-blockchain lain kalau menurut Frank. Singkat cerita, yang dilihat murni adalah prospek ke depan Polygon ketimbang faktor-faktor yang lain.

DeGods dan y00ts adalah dua koleksi NFT terpopuler di ekosistem Solana saat ini. Berdasarkan data yang dihimpun oleh marketplace Magic Eden, DeGods dan y00ts menguasai hampir 70% dari total volume perdagangan NFT Solana selama seminggu terakhir.

Perpindahan proyek NFT dari satu blockchain ke yang lain dalam skala ini bukanlah perkara mudah. Selama ini, proyek NFT yang memutuskan untuk mengambil jalur multi-chain biasanya akan menggunakan cara seperti yang dilakukan oleh Doodles โ€“ yang berniat meluncurkan koleksi barunya di blockchain Layer 2 selagi mempertahankan koleksi orisinalnya di Ethereum.

DeGods dan y00ts di sisi lain bakal sepenuhnya memindah seluruh asetnya ke blockchain lain, dan proses transisinya ini tentu tidak akan berlangsung secara instan. Juga akan ikut berpindah adalah $DUST dan y00tpoints, token yang bisa didapatkan para kolektor DeGods dan y00ts via staking.

Estimasinya, proses transisinya ini baru akan rampung pada kuartal pertama 2023. Perlu dicatat, migrasi ini sifatnya opt-in, yang berarti pemilik NFT DeGods dan y00ts bisa memilih untuk tetap bertahan di Solana.

Keputusan DeGods dan y00ts untuk berpindah blockchain ini jelas bakal menjadi pukulan telak bagi Solana, yang performanya selama tahun 2022 ini cenderung buruk. Selain nilai tukar $SOL yang terus menurun, Solana juga beberapa kali mengalami gangguan jaringan tahun ini, tidak ketinggalan pula kasus peretasan wallet Solana yang mengakibatkan kerugian hingga $200 juta.

Sumber: CoinDesk dan Cointelegraph.