17 October 2022

by Lukman Azis

Samsung Ungkap Beberapa Fitur Baru One UI 5 Versi Stabil Berbasis Android 13

Salah satu fitur baru One UI 5 adalah Bixby Text Call yang memungkinkan pengguna menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan

Samsung akan mengirim pembaruan stabil One UI 5 berbasis Android 13 untuk beberapa model smartphone seperti Galaxy S22 Series, Galaxy Z Flip4, dan Galaxy Z Fold4 dalam beberapa minggu kedepan. Samsung juga telah mengungkap sejumlah fitur teratas yang ditawarkan oleh One UI 5 generasi terbaru.

Mulai dari fitur baru Bixby Text Call yang memungkinkan pengguna menjawab panggilan telepon hanya dengan mengetik pesan. Cara kerjanya, Samsung Bixby akan mengubah teks yang Anda ketik menjadi audio dan membagikannya langsung ke lawan bicara. Apa yang dikatakan oleh lawan bicara juga diubah menjadi teks secara real-time.

Saat ini Bixby Text Call sudah tersedia untuk pengguna di Korea Selatan, sedangkan versi bahasa Inggris direncanakan akan tersedia pada awal 2023. Fitur ini dapat membantu ketika Anda perlu berkomunikasi di kondisi yang ramai, semoga saja di masa depan akan tersedia dalam bahasa Indonesia.

Dari Bixby Text, sekarang kita beralih ke fitur Routines atau Rutinitas. Penjelasannya begini, apa yang kita butuhkan dari smartphone tidak sama sepanjang mari. Rutinitas pada One UI 5 memiliki opsi pengenalan baru yang membantu memulai otomatisasi.

Mode adalah fitur baru yang memungkinkan pengguna memprogram pengaturan khusus yang sesuai dengan rutinitas keseharian Anda. Misalnya Anda rutin berolahraga di pagi hari, maka prioritasnya mungkin adalah membisukan notifikasi sehingga dapat memutar musik tanpa gangguan. Lalu, saat malam tiba dan menjelang tidur, dark mode akan aktif dan suara nada dering dimatikan.

One UI 5 juga menawarkan tampilan dan nuansa baru yang membuat pengalaman pengguna lebih ramah. Dari ikon aplikasi, menyempurnakan notifikasi, dan kustomisasi layar kunci yang didesain ulang. Memungkinkan kita menyesuaikan wallpaper, tampilan jam, palet warna, pop-up notifikasi, dan menggunakan video pendek di layar kunci.

Samsung turut menghadirkan fitur baru yang membantu Anda menyelesaikan berbagai hal dengan lebih efisien. Misalnya, widget di One UI 5 hadir dengan opsi baru dan kemampuan untuk menjaga home screen tetap rapi dengan widget stacked baru. Serta fitur smart suggestions baru untuk widget dan aplikasi yang menawarkan saran berdasarkan pola penggunaan.

Fitur lainnya aplikasi Gallery sekarang memungkinkan mengekstrak teks dari gambar dan Anda dapat mengontrol semua perangkat yang terhubung ke smartphone di menu Connected yang baru. Menurut Samsung tidak ada privasi tanpa keamanan. Jadi di One UI 5, kedua pengaturan ini disatukan dalam satu dasbor yang jelas dan mudah dinavigasi

Untuk memastikan informasi pribadi Anda tetap pribadi, One UI 5 juga menampilkan pemberitahuan baru di Share Panel yang memperingatkan jika Anda tanpa sadar akan membagikan gambar yang berisi informasi sensitif seperti foto kartu identitas, kartu kredit atau debit, SIM, paspor, dan lainnya.

Sumber: GSMArena dan Samsung