11 October 2022

by Galih

Samsung Galaxy Z Fold4 5G, Maksimalkan Dukungan Android 12 L

Samsung dan Google bekerjasama untuk memaksimalkan Galaxy Z Fold4

Menjadi salah satu smartphone dengan form factor yang unik dan berbeda ternyata memberi keuntungan bagi Galaxy Fold. Dua bersaudara bersama Galaxy Flip ini memang menjadi jagoan Samsung untuk pasar smartphone eksklusif.

Eksklusif di sini tentu ada pada desain fisiknya yang punya desain lipat yang membuatnya berbeda dari smartphone pada umumnya. Namun sisi eksklusif tersebut ternyata bukan hanya pada fisik ponselnya saja, tapi bahkan hingga ke sistem operasinya.

Terutama untuk seri terbaru Samsung Galaxy Z Fold4 5G, smartphone ini akan menjadi perangkat Samsung pertama yang menjalankan Android 12L, sebuah pengembangan dari Android 12 yang ditujukan khusus untuk perangkat dengan layar besar seperti foldable dan tablet.

"Kami pun bangga bahwa pengguna bisa merasakan pengalaman perdana dari Android 12L di Galaxy Z Fold4 5G melalui kemitraan strategis Samsung dengan Google yang kami harap akan terjalin semakin kuat secara jangka panjang di masa depan,” ungkap Verry Octavianus, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia.

Android 12L ini diklaim mampu memberikan pengalaman multitasking yang lebih intuitif, navigasi di dalam perangkat yang lebih simpel, hingga tampilan seluruh aplikasi yang lebih optimal. Sehingga pengalaman menggunakan perangkat lipat yang lebih baik dari generas-generasi sebelumnya.

Perbedaan terbesar yang ada pada Android 12L ini ada pada optimalisasi sistem operasi untuk perangkat dengan spesifikasi layar besar di atas 600 dp. Sehingga pengalaman berpindah aplikasi dengan layar sebesar Galaxy Z Fold4 pun bisa lebih mulus.

Kemudian, sistem operasi ini juga membawa antarmuka two-column untuk toggle notifikasi dan pengaturan cepat. Samsung yakin bahwa pengguna Galaxy Z Fold adalah mereka yang kerap melakukan multitasking di smartphone mereka.

Samsung bermitra dengan Google untuk membuat Android 12L agar dapat membantu aktivitas para pengguna perangkatnya. Terutama dalam membuat lebih banyak aplikasi mampu menjalankan fitur two-column yang ada pada Galaxy Z Fold.

Hasilnya, Android 12L memungkinkan Galaxy Z Fold4 5G untuk menjalankan fungsi Multi Window terhadap semua aplikasi dengan tampilan yang lebih optimal. Android 12L juga berperan besar dalam mematangkan gesture terbaru dalam mengaktifkan Multi Window.

Android L ini sebenarnya bisa didapatkan di perangkat Fold lama, namun dalam acara workshop Galaxy Fold di Bali, 10 - 12 Oktober 2022, Verry Octavianus menjelaskan bahwa optimalisasi terutama yang berhubungan dengan perangkat keras hanya bisa didapatkan di Fold terbaru alias Samsung Galaxy Z Fold4 5G. Misalnya saja dukungan S Pen, lalu desain perangkat yang lebih handy dan ergonomis, berat perangkat yang kebih ringan, dukungan prosesor Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang adalah prosesor kelas atas.

Samsung sendiri sedang menggelar acara untuk konsumen di berbagai area, antara lain Summarecon Mal Serpong (Tangerang) pada 12–16 Oktober, lalu di Ratu Indah (Makassar) pada 26–30 Oktober.

Ada pula Samsung Galaxy Pop-up Store 2022 yang berlangsung hingga 15 Oktober di SCBD Lobby Ashta District 8, Jakarta.

Ada berbagai promo dan experience, terutama di pop up store Astha yang menarik bagi Gen Z untuk merasakan pengalaman lengkap ekosistem perangkat Galaxy dari Samsung.