Samsung Odyssey Ark Adalah Pemenang Gadget Champions 2022 Kategori Best for Gamer Untuk Perangkat Monitor Gaming

Monitor gaming dengan layar masif 55 inci dan kurvatur 1000R pertama di dunia yang mengisi seluruh sudut pandang para gamer

Setiap orang tentu memiliki aktivitas yang disukai atau hobi, misalnya bermain game. Bagi gamer PC yang mendambakan kualitas visual di atas segalanya, uang yang dikeluarkan memang tidak sedikit. Tidak mengherankan, banyak para gamer bekerja lebih giat mencari penghasilan tambahan dengan side job, bahkan mengubah gaya hidup demi merakit PC idaman dengan CPU dan GPU kelas atas, motherboard, dan memori terbaru.

Jika spesifikasi PC Anda sudah mumpuni, pengalaman bermain game sebaik mungkin juga akan dipengaruhi oleh pemilihan monitor gaming. Jika Anda ingin merasakan pengalaman yang imersif di level berikutnya, salah satu monitor gaming terbaik saat ini adalah Samsung Odyssey Ark.

Monitor gaming 55 inci dengan kurvatur 1000R pertama di dunia ini juga terpilih sebagai pemenang Gadget Champions 2022 pada kategori Best for Gamer untuk perangkat monitor gaming. Layar masifnya ditopang resolusi 4K UHD, refresh rate 165 Hz, waktu respons 1 ms, ditambah Cockpit Mode baru, dan pengontrol eksklusif Ark Dial. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Bermain Game Dengan Pengalaman Imersif

Pada Odyssey Ark, peningkatan pengalaman bermain game terjadi bukan hanya karena ukuran layar besarnya yang mencapai 55 inci, tetapi juga berkat kelengkungan 1000R-nya yang mengisi seluruh sudut pandang pengguna. Bersama dengan Cockpit Mode yang memungkinkan layar berputar pada posisi vertikal dengan fungsi HAS (Height Adjustable Stand), tilt, dan pivot untuk penggunaan layar yang optimal.

Odyssey Ark didukung Quantum Matrix Technology, menggunakan Quantum Mini LED yang memungkinkan kontrol yang sangat halus dan presisi terhadap LED yang digunakan. Dengan Neural Quantum Processor Ultra yang meningkatkan kualitas konten menggunakan data yang dihasilkan dari 20 neural network untuk menyempurnakan setiap detail visual, dan melakukan upscaling konten hingga resolusi 4K.

Untuk menghadirkan pengalaman sinematik yang superior, Odyssey Ark memanfaatkan Matte Display dan Sound Dome Technology. Matte Display memberikan perlindungan anti-silau dan anti-pantulan, meminimalkan distraksi dan membuat pengguna tetap fokus pada konten di depan mereka.

Sementara di segi audio, Odyssey Ark dilengkapi Sound Dome Tech yang membawa AI Sound Booster dan Dolby Atmos untuk meningkatkan pengalaman surround sound untuk efek suara yang seolah hidup. Ada Empat speaker, satu di setiap sudut, dan dua woofer sentral menghasilkan suara yang realistis dan kaya berkat 2.2.2 channel 60W dengan nada 45Hz.

Fitur & Spesifikasi Samsung Odyssey Ark

Lanjut bahas spesifikasi, layar 55 inci Odyssey Ark disokong resolusi 4K UHD (3.840x2.160 piksel). Gamer dapat menikmati kecepatan bebas lag saat bermain game kompetitif, berkat refresh rate 165 Hz, waktu respons 1 ms (GtG) dengan AMD FreeSync Premium Pro.

Alasan lain terpilihnya Samsung Odyssey Ark sebagai salah satu pemenang Gadget Champions 2022 juga karena kelengkapan fitur-fitur inovatifnya yang memungkinkan para gamer menyesuaikan ukuran layar, posisi, dan bahkan rasio untuk pengaturan game yang optimal.

Ia juga dilengkapi pengontrol Ark Dial yang dapat dengan cepat dan mudah mengontrol berbagai setting, seperti Flex Move Screen, Multi View, Quick Settings, dan Game Bar. Selain dilengkapi dengan panel surya, Ark Dial dapat diisi dayanya melalui koneksi USB Type-C.

Fitur Flex Move Screen memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan ukuran layar antara 27 hingga 55 inci, mengubah posisi layar dan bahkan mengganti rasio layar antara 16:9, 21:9 dan 32:9. Kebebasan ini tidak hanya saat layar berada dalam posisi horizontal, tetapi juga vertikal.

Multi View memungkinkan pengguna untuk menggunakan layar besar secara maksimal dengan menampilkan hingga empat konten sekaligus saat horizontal atau tiga saat dalam Cockpit Mode.

Lalu lewat Game Bar memungkinkan para gamer dengan cepat dan mudah melihat status permainan mereka dan mengontrol setting penting tanpa harus meninggalkan layar permainan. Dari memeriksa FPS, HDR, dan VRR, hingga menyesuaikan pengaturan seperti rasio layar, waktu respons, dan Game Picture mode.

Penasaran dengan harga Samsung Odyssey Ark? Monitor gaming ini tersedia untuk konsumen Indonesia dengan harga Rp42.999.000. Khusus pembelian pada periode hingga 31 Desember 2022,  konsumen akan mendapatkan penawaran khusus berupa potongan harga Rp3.000.000 dan bonus hadiah langsung Samsung The Freestyle.