Dark
Light

Samsung Bagikan Tips Membuat Video Sinematik dengan A34 5G

by
2 mins read
July 26, 2023
Tips Video Sinematik A34

Di era media sosial berbasis video saat ini, membuat sebuah video dengan gaya sinematik atau cinematic salah satu jenis video yang paling digemari. Namun banyak yang mungkin masih bingung bagaimana membuat video agar terlihat sinematik.

Maka itu, Samsung membagikan beberapa tips dan trik untuk membuat video sinematik tersebut menggunakan salah satu smartphone andalannya yaitu Galaxy A34 5G yang telah dilengkapi dengan 3 buah kamera.

Konfigurasi kamera yang ada di Galaxy A34 5G adalah  kamera utama 48MP OIS, 8MP Wide, dan 5MP Makro. Dengan pilihan yang beragam, pengguna nantinya dapat membuat video sinematik dari berbagai destinasi yang tengah didatangi.

Tips Video Sinematik A34
Image credit: Samsung

“Teknologi yang terus berkembang memungkinkan kita untuk menciptakan video cinematic langsung dari smartphone kita. Banyak teknik yang dapat digunakan untuk mendapatkan video yang awesome,” ujar Ilham Indrawan, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia.

Untuk membantu pengambilannya, Galaxy A34 5G juga telah memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil video sinematik. Berikut beberapa tips yang dapat dicoba.

Gunakan fitur Video Pro

Image credit: Samsung

Fitur Video Pro ini menawarkan berbagai kemudahan untuk mengatur beberapa aspek pengambilan video seperti ISO, eksposure, dan white balance. Sehingga pengguna memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mengambil video.

Dengan fitur ini, pengguna dapat menentukan pengaturan pencahayaan dan fokus dengan mudah. Sehingga proses pengambilan video dapat dilakukan dengan lancar tanpa harus khawatir tingkat pencahayaannya tiba-tiba berubah.

Pengguna bahkan dapat menentukan titik fokus agar tidak berubah. Caranya cukup mudah yaitu cukup dengan mengetuk layar pada subyek yang ingin difokuskan dan menguncinya dengan menekan sedikit lama hingga ikon gembok muncul.

Mengaktifkan Garis kisi untuk keseimbangan

Image credit: Samsung

Penempatan subyek pada video memang menjadi salah satu faktor yang dapat membuat video tersebut terlihat sinematik atau tidak. Karena pengguna dapat lebih jelas memosisikan subyek/obyek dalam gambar.

Hal tersebut dapat menjadi lebih mudah di A34 5G dengan mengaktifkan Garis kisi atau “Grid line”.  Caranya pun cukup sederhana, yaitu masuk ke dalam Pengaturan Kamera, dan aktifkan fitur Garis kisi.

Tambahkan pergerakan kamera

Membuat video sinematik diperlukan teknik pengambilan gambar untuk menghasilkan rekaman yang memiliki alur transisi menarik. Ada beberapa teknik gerakan yang bisa kita gunakan dalam proses pengambilan gambar, diantaranya:

  • Pan atau Panning, memutar ponsel dari kiri ke kanan secara horizontal atau sebaliknya di mana ponsel sebagai porosnya.
  • Tilt, memutar ponsel dari bawah  ke atas secara vertikal atau sebaliknya di mana ponsel sebagai porosnya.
  • Dolly, menggerakan ponsel mendekati atau menjauhi subjek dengan tetap berfokus pada subjek utama.
  • Truck, menggerakan ponsel dari kiri ke kanan atau sebaliknya. Biasanya bisa digunakan untuk mengikuti pergerakan subjek.
  • Pedestal, mirip seperti Truck hanya saja gerakannya vertikal.

Pakai Fitur Stabilisasi

Image credit: Samsung

Untuk membuat video yang dramatis, pengguna dapat memanfaatkan lensa lebar pada Galaxy A34 5G untuk bermain-main dengan gerakan ataupun sudut tangkap. Namun biasanya ditemui masalah video yang tidak stabil.

Untungnya, Galaxy A34 5G telah dilengkapi dengan fitur stabilisasi yang terintegrasi. Dengan mengaktifkannya, pengguna dapat merekam video sembari berjalan sehingga hasil yang didapatkan lebih stabil.

Rekam Pada Resolusi FHD 60

Demi memastikan hasil video yang mulus, Galaxy A34 5G juga telah mendukung pengambilan video pada resolusi FHD 60 atau High Definition. Hal ini bertujuan untuk memudahkan saat proses editing nanti.

Dengan memanfaatkan 60 FPS, gambar yang dihasilkan tidak pecah saat ingin menambahkan efek zoom atau slow motion pada video. Menariknya, pengguna juga dapat menggunakan tingkat resolusi perekaman hingga 4K (UHD 30 FPS).

Fitur Slow Motion dan Hyperlapse

Image credit: Samsung

Bagi pengguna yang ingin membuat video yang tidak biasa maka mereka dapat memanfaatkan fitur slow motion atau hyperlapse. Fitur kreatif ini dapat langsung digunakan sehingga pengguna tidak perlu repot mengedit.

Namun, ada beberapa catatan yang harus diperhatikan jika ingin menggunakan kedua fitur tersebut. Yakni jika ingin menggunakan kedua fitur tersebut, pastikan adegan yang diambil mendapatkan cahaya yang cukup.

Itulah tadi beberapa tips ketika ingin membuat video sinematik menggunakan smartphone Samsung Galaxy A34 5G. Meskipun masuk ke jajaran smartphone dengan harga menengah, tapi A34 5G sudah memiliki performa yang oke, termasuk dalam hal kamera.

TECNO POVA 5 Free Fire
Previous Story

TECNO POVA 5 Series 5G Edisi Free Fire Siap Dirilis Bulan Agustus Mendatang

ZETA Division Juarai VCT
Next Story

ZETA Division Juarai VCT 2023 APAC Last Chance Qualifier Usai Tekuk Team Secret

Latest from Blog

Don't Miss

Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, Bikin Tenang Pakai Smartphone untuk Jangka Panjang

Kehadiran smartphone saat ini sudah mencapai titik di mana ia
Harga Galaxy A06

Samsung Resmi Umumkan Kehadiran Galaxy A06 dengan Harga Sejutaan

Samsung Electronics Indonesia semakin melengkapi lineup smartpone-nya untuk setiap kelasnya.