26 August 2022

by Galih

Samsung 990 Pro Berhasil Menjadi Salah Satu SSD NVMe M.2 Terkencang

SSD baru ini berhasil tembus kecepatan baca hingga 7,4 GB/detik

Event video game Gamescom ternyata bukan hanya digunakan bagi para developer dan publisher game untuk memperkenalkan game-game baru mereka. Namun juga para pabrikan untuk menunjukkan produk terbarunya.

Salah satunya adalah Samsung yang membawa dan menunjukkan SSD untuk gaming terbarunya yang diberi nama Samsung 990 Pro. SSD premium ini didesain khusus untuk gaming dengan menawarkan kecepatan baca yang mencapai 7.450 MB/detik atau sekitar 7,4 GB/detik.

Untuk kecepatannya tulisnya, Samsung 990 Pro ini berhasil mencatatkan angka yang tidak terpaut jauh, yaitu 6.900 MB/detik atau 6,9 GB/detik. Bila nantinya Samsung 990 Pro ini berhasil mencapai kecepatan yang diklaim, maka SSD ini akan menjadi SSD konsumen berbasis PCIe 4.0 terkencang yang pernah ada.

SSD NVMe M.2 ini yang memberikan kecepatan ultra kencang dengan daya yang efisien. Selain untuk menjalankan video game, SSD flagship ini juga ditujukan untuk pengerjaan render 3D, editing video 4K, dan juga analisa data rumit.

"Dengan inovasi yang terus berlanjut dalam industri video game, teknologi 4K dan 8K, serta berbagai aplikasi berbasis AI, kebutuhan konsumen akan penyimpanan performa tinggi juga naik secara pesat" ujar KyuYoung Lee, Wakil President Memory Brand Product Biz, Samsung Electronics.

Lee menjelaskan bahwa 990 Pro merupakan produk yang memberikan keseimbangan optimal antara kecepatan, efisiensi daya, dan keandalan. Membuat SSD ini menjadi pilihan ideal dan juga para profesional di industri kreatif yang mencari penyimpanan tanpa gangguan.

Untuk mengimbangi kecepatan baca dan tulisnya, Samsung juga menyertakan cache DRAM khusus menyesuaikan dengan ukuran dari SSD-nya. Untuk model 1TB akan memiliki DRAM sebesar 1 GB, pada 2TB akan memiliki DRAM 2GB, dan seterusnya.

Samsung 990 Pro juga akan dilengkapi dengan kontroler baru yang disebut akan 50% lebih hemat daya dibandingkan dengan SSD kelas atas Samsung sebelumnya yaitu 980 Pro. Efisiensi daya ini disebut dapat menekan suhu yang dapat mengoptimalkan kinerja SSD-nya.

Dengan performa tertinggi, Samsung 990 Pro harus menerima konsekuensi pada sisi harga. Untuk ukuran 1TB, SSD ini dibanderol dengan harga £155 atau sekitar Rp 2,7 juta. Sedangkan versi 2 TB-nya, dipasarkan dengan harga £284 atau Rp 4,9 juta.

Pada event yang sama, Samsung juga memperkenalkan aksesoris resmi untuk SSD 990 Pro ini yaitu heatsink yang dilengkapi dengan RGB. Sayangnya, Samsung belum mengumumkan berapa harga dari heatsink tersebut.