Internet
for SEO
Internet

Sampulator Ajak Anda Ciptakan Musik Hanya dengan Sebuah Browser

26 January 2016Glenn Kaonang

Ibarat GarageBand, tapi hanya memerlukan browser tanpa tambahan plugin sama sekali

Di zaman serba digital ini kita sama sekali tidak memerlukan alat musik untuk bisa menciptakan sebuah lagu. Aplikasi GarageBand adalah salah satu buktinya, dimana kita bisa membuat satu komposisi yang sempurna dari beragam instrumen hanya dengan bermodalkan sebuah iPad.

Namun tentu saja, tidak semua orang mempunyai iPad. Tapi apakah cuma iPad dan GarageBand satu-satunya opsi untuk berkreasi di bidang musik? Tidak. Sekarang Anda bisa berkarya hanya dengan bermodalkan sebuah browser, baik di smartphone ataupun laptop, dengan mengunjungi situs bernama Sampulator.

Sampulator adalah buah pemikiran seorang developer asal Amerika Serikat, Steven Doyle. Beliau menggabungkan teknologi JavaScript, Web Audio API dan sederet sample suara alat musik yang ia rekam sendiri.

Hasilnya adalah sebuah situs berbasis HTML5 yang tidak memerlukan plugin tambahan untuk bisa diakses. Anda akan langsung disambut oleh sederet tombol yang masing-masing mewakili suara sebuah alat musik atau vokal, dengan layout yang menyerupai keyboard komputer. Cara memainkannya pun juga dengan menggunakan keyboard.

Tempo, bar dan ketukan bisa diubah-suai kapan saja. Untuk mulai merekam, tinggal tekan tombol Shift. Anda bebas menyimpan sekaligus membagikan hasilnya dengan login menggunakan akun Twitter. Kalau butuh inspirasi, Anda bisa melihat sejumlah proyek yang sudah dibuat oleh sang developer maupun pengguna lain – salah satu yang menurut saya amat kompleks sekaligus catchy adalah Batucada karya userAshugeo.

Silakan mencoba berkreasi menggunakan Sampulator. Sejauh ini situsnya baru dioptimalkan untuk desktop, akan tetapi sang developer sudah menyertakan preview versi mobile-nya yang optimal untuk layar sentuh – langsung saja buka situsnya di smartphone untuk mencoba sendiri.

Sumber: TheNextWeb.

Play video

17 May 2022

Review Xiaomi Redmi Note 11 Pro, Sajikan Pengalaman Premium Dengan Desain Lebih Kekinian

Bulan lalu, saya kedatangan Poco M4 Pro dan disusul Xiaomi Redmi Note 11 Pro. Dua smartphone ini mengusung spesifikasi ...

Others from #HybridTV