Dark
Light

Safari 5.0.1 Dirilis dan Telah Tersedia Juga Safari Extensions Gallery

1 min read
July 29, 2010

Setelah meluncurkan Safari versi terbaru sekitar bulan Juni kemarin, Apple memang telah memperkenalkan ekstensi, namun untuk galeri khusus untuk berbagai macam ekstensi belum tersedia, kini Apple merilis Safari versi 5.0.1 serta galeri khusus untuk berbagai ekstensi mereka.

Safari 5 menawarkan beberapa kelebihan seperti kecepatan, mendukung selusin fitur baru dari HTML5, fitur Smarter Address Field, Safari Reader, built-in Bing Search, dan yang, bisa jadi paling ditunggu adalah ekstensi dan fasilitas galeri.

Safari Extensions dibangun dengan standar teknologi web seperti HTML5, CSS3, and JavaScript, dan memberikan peluang bagi developer untuk membuat karya mereka sendiri.  Safari Extensions ini bisa diakses melalui http://extensions.apple.com atau langsung dari browser, seperti yang dituliskan oleh Mashable, Anda bisa mengakses ekstensi resmi ini dengan melakukan klik di bagian Menu atau File bagi pengguna Windows dan pilih Safari Extensions Gallery.

Ada berbagai macam jenis ekstensi, seperti yang ditampilan di halaman awal situs mereka, antara lain Twitter untuk Safari, yang memberikan real-time trend serta informasi dari setiap halaman web, lalu fasilitas untuk melacak apa yang sedang menjadi tren, termasuk jika ada pengguna yang melakukan mention dari halaman web yang sedang Anda lihat. Pengguna juga bisa melakukan tweet dari halaman web yang sedang dilihat, lengkap dengan tautan yang sudah dipendekkan.

Kemudian ada ekstensi Bing Highlights, yang memberikan fasilitas akses cepat menuju Bing ketika pengguna sedang berada di halaman web manapun, melakukan highlight suatu teks untuk mengakses fitur peta secara instan, fitur terjemahan, status penerbangan dan hasil pencarian.

Serta berbagai ekstensi lain yang dipisahkan berdasarkan kategori tertentu, seperi berita, belanja, alat pencarian, jejaring sosial, bookmarking, Twitter tools, email, foto, terjemahan, pemendek URL, produktivitas, keamanan, pengembang dan berbagai kategori lain.

Instalasi ekstensi di Safari sama seperi ekstensi di Chrome, tidak memerlukan restart, kelebihan yang tidak dimiliki pengaya Firefox. Apple juga mengatakan lewat situs khusus Safari Extensions Gallery mereka, bahwa ekstensi yang tersedia ini aman karena digitally signed serta sandboxed.

Anda bisa melakukan unduhan Safari versi terbaru dari tautan ini, dan bisa melihat galeri untuk ekstensi di tautan ini.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

2 Comments

  1. Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari sudah mempunyai fasilitas menambah extension tingggal Opera yg belum ada kita tunggu aja… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

“Yahoo! Koprol” dan Kurator-nya

Next Story

Aplikasi Facebook Questions Resmi Dirilis

Latest from Blog

Don't Miss

Apple iPhone 15 Event: Semua yang Perlu Anda Ketahui Ada di Sini

Kehadiran iPhone 15 pada tahun ini memang membawa arus hype
Chatbot AI Apple GPT

Apple Uji Coba Chatbot AI “Apple GPT” Secara Internal

Apple dikabarkan sedang menguji coba sebuah chatbot AI yang secara