Dark
Light

Aplikasi Facebook Questions Resmi Dirilis

2 mins read
July 29, 2010

Facebook Questions, salah satu fitur yang telah dipersiapkan Facebook sejak beberapa bulan yang lalu kini telah dirilis, namun saat ini hanya bisa digunakan oleh pengguna terbatas yang akan bertambah seiring dengan perkembangan yang dilakukan Facebook atas aplikasi ini.

Seperti yang dituliskan di blog mereka, aplikasi ini akan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mendapatkan jawaban dari jumlah pengguna Facebook yang sangat besar serta kesempatan untuk mempelajari berbagai informasi berharga dari berbagai pengguna yang memiliki pengetahuan tertentu atas suatu topik.

Facebook sendiri telah mengumumkan secara resmi pencapaian pengguna mereka yang kini telah mencapai 500 miliar orang juta pengguna, dengan basis pengguna yang sedemikian besar, aplikasi Facebook Questions ini bisa menjadi sesuatu yang besar, meski mungkin kita harus sedikit menampikkan terlebih dahulu pengguna Facebook yang kurang valid, seperti mereka yang tidak menggunakan nama keterangan profil asli atau mereka yang cuma iseng saja.

Aplikasi pertanyaan ala Facebook ini akan tersedia di bagian atas halaman home serta bagian kiri dimana menu berbagai aplikasi Facebook berada. Untuk menanyakan sesuatu, Anda cukup melakukan klik atas tab Ask Question, yang nantinya akan berada di sebelah tab Update Status. Atau anda juga bisa menanyakan langsung pada teman Anda lewat profil mereka, sama seperti jika Anda menuliskan sesuatu di wall mereka. Setelah mengajukan pertanyaan, pengguna juga punya pilihan untuk menambahkan foto atau sebuah polling.

Seperti yang dituliskan Techcrunch, bagi Anda yang konsen akan masalah privasi atau mereka yang ingin bertanya secara anonim, mungkin Anda akan kecewa dengan aplikasi ini, kerena setiap pertanyaan akan terikat dengan nama pengguna mereka, serta setiap pertanyaan akan terlihat oleh publik. Pertanyaan akan muncul ke teman serta temannya teman Anda. Dan, Facebook juga menjelaskan bahwa semua pertanyaan dan jawaban yang menggunakan aplikasi Facebook Questions ini merupakan konten publik dan akan terlihat bagi semua orang di Internet.

Untuk jawaban, Facebook menjelaskan lewat blog mereka, bahwa pengaju pertanyaan akan mendapatkan jawaban yang lebih personal atau sesuai dengan personalisasi akun Anda. Seperti yang dijelaskan Techcrunch, Facebook akan menganalisis minat dari pengguna yang mengajukan pertanyaan, sehingga nantinya jawaban yang akan didapat adalah jawaban yang paling pas dari pertanyaan pengguna tersebut. Aplikasi ini juga akan menunjukkan pertanyaan yang di post pada beberapa teman Anda, jadi secara ideal, nantinya pengguna akan mendapatkan jawaban yang revelan.

Selain itu, Facebook Questions ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan tag atas sebuah topik tertentu, sehingga bisa membantu relevansi topik tersebut bagi pengguna untuk mencari jawaban yang paling pas. Lalu pertanyaan yang diajukan akan juga muncul pada pengguna lain yang mempunyai interest yang sama dengan topik yang Anda tag, termasuk juga akan muncul ke teman dan temannya teman Anda.

Anda juga bisa melakukan follow atas pertanyaan tertentu untuk mendapatkan notifikasi setiap ada pengguna lain yang menjawab pertanyaan tersebut. Jika Anda masuk pada halaman pertanyaan atau halaman Facebook Questions, Anda juga bisa menjelajah berbagai pertanyaan yang ada, bisa dengan menggunakan kolom pencarian atau melakukan klik pada tab ‘Next Question’.

Meski saya belum bisa mencoba aplikasi ini, tapi kalau dilhat dari pengumuman Facebook sepertinya Facebook Questions cukup menjanjikan, terutama bagi mereka yang gandrung dengan aplikasi Q & A seperti Formspring, untuk pertanyan yang terkesan main-main atau Quora, untuk pertanyaan yang lebih serius.

Namun, sepertinya kita harus melihat beberapa waktu kedepan jika aplikasi ini telah rilis secara luas untuk publik, apakah akan menjadi the next killer feature dari Facebook atau malahan menambah keruh lagi jalur stream di akun pengguna, dan memunculkan berbagai pertanyaan ‘aneh’ yang bisa jadi akan cukup mengganggu. Dan kalau berkaca pada pengguna di Indonesia, saya malah ragu bahwa aplikasi ini bisa digunakan secara maksimal oleh pengguna di sini.

Tapi yang pasti, era social search dimana kini pengguna mencari jawaban atas sebuah pertanyaan langsung pada teman mereka lewat aplikasi jejaring sosial, akan memasuki babak baru, saya sendiri menjadi salah satu pelaku social search, bertanya pada teman di Twitter terkadang lebih efektif dari mencari di Google, untuk topik tertentu tentunya, nah kalau saja Facebook Questions ini bisa menjaga kualitas mereka, bisa jadi saya akan kembali menggunakan akun Facebook saya dengan lebih sering.

Bagaimana dengan Anda, apakah Facebook Questions ini akan digunakan secara tepat guna oleh pengguna Facebook, terutama pengguna dari Indonesia? Apakah aplikasi ini akan berguna bagi Anda? Apakah Anda mau menggunakan aplikasi ini jika sudah rilis untuk publik? Dengan pengguna Facebook yang cukup banyak di Indonesia, tentu saja, saya penasaran dengan pendapat Anda.

Sumber gambar: Techcrunch, blog Facebook.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

6 Comments

  1. “Facebook sendiri telah mengumumkan secara resmi pencapaian pengguna mereka yang kini telah mencapai 500 miliar orang, “
    ada yg salah tuh om, harusnya kan 500jt 🙂

  2. kita lihat saja kedepan apa nasibnya seperti miliknya Google dulu atau miliknya Yahoo yg lumayan sukses di tanah air dan global 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Safari 5.0.1 Dirilis dan Telah Tersedia Juga Safari Extensions Gallery

Next Story

Tonehighway.com Kini Sudah Bisa Diakses

Latest from Blog

Don't Miss

Meta sedang siapkan chatbot AI untuk produk-produknya

Meta Segera Luncurkan Chatbot AI dengan Banyak Kepribadian

Sejak ChatGPT diluncurkan November tahun lalu, chatbot AI terus menjadi
Meta generative AI

Meta Siap Integrasikan Generative AI ke WhatsApp, Messenger, dan Instagram

Meta bakal mengintegrasikan generative AI ke berbagai produknya. Kabar tersebut