Mobile
for SEO
Mobile

Ruang Penyimpanan iOS Lebih Lega Berkat 3 Fitur iOS 9 Ini

12 June 2015Aditya Daniel

WWDC tak hanya sekedar pengenalan generasi penerus untuk sistem operasi yang dimiliki oleh Apple namun sekaligus menjadi ajang unjuk gigi inovasi-inovasi yang dilakukan.

Penambahan fitur yang dibawa oleh iOS 9 dan OS X 10.11 El Capitan membuktikan bahwa Apple mencoba terus berinovasi untuk para pengguna produknya termasuk memberikan dukungan untuk perangkat yang sudah lama.

Pada iOS 9, Apple memperkenalkan teknologi baru yang mampu membuat ruang penyimpanan perangkat iOS lebih lega. Hal ini tentu bermanfaat bagi para pemilik perangkat iOS yang memiliki ruang penyimpanan 8GB atau 16GB. Fitur App Slices yang dibawa iOS 9 memungkinkan perangkat iOS hanya mengunduh berbagai file yang diperlukan dalam sebuah aplikasi.

Info Menarik: Aplikasi Filters for iPhone Hadirkan 800 Jenis Efek Bagi Penggemar Fotografi

Sebagai contoh, jika Anda memiliki iPhone 5/5c dengan 32 bit dan ingin mengunduh aplikasi Universal di mana di dalamnya terdapat file pendukung untuk perangkat 64 bit, maka di iOS 9, para pengembang bisa mengatur dimana perangkat tersebut hanya akan mengunduh file pendukung yang diperlukan sehingga ukuran aplikasi lebih kecil.

DSC00762-640x427

Fitur pendukung lain adalah ODR atau On Demand Resources di mana file pendukung dalam sebuah aplikasi akan diunduh ketika diperlukan. Misalnya, dalam sebuah game yang memiliki tutorial, file yang diperlukan dalam menyajikan tutorial akan diunduh terlebih dahulu dan ketika game mulai berjalan file tersebut akan dihapus dari perangkat untuk menghemat ruang penyimpanan.

Fitur terakhir yang tak kalah penting adalah Bitcode. Nantinya pengembang tak lagi perlu mengumpulkan aplikasi yang sudah di-compile ke App Store melainkan hanya perlu mengumpulkan file representasi yang akan di-compile ketika pengguna mengunduh aplikasi tersebut sesuai dengan perangkatnya. Berkat Bitcode inilah App Slicing menjadi dapat diimplementasikan.

Info Menarik: Tapbots Hadirkan Calcbot 2.0 dengan iCloud Sync

Ke tiga fitur ini tentu akan berguna bagi perangkat iOS dengan ruang penyimpanan 8GB atau 16GB, pengguna bisa menikmati ruang penyimpanan yang lebih lega. Perkembangan ini memang lebih ditujukan untuk para pengembang, jika pengembang mengimplementasikannya barulah pengguna akan merasakan saat menggunakan aplikasi.

Kekurangan dari ketiga fitur ini adalah untuk beberapa hal pengguna diharuskan selalu terhubung ke internet untuk dapat menikmati konten dalam sebuah aplikasi. Bagaimana menurut Anda dengan fitur ini?

Sumber: 9to5Mac | ArsTechnica.

Play video

24 May 2022

[Review] Samsung Kelas Menengah Galaxy A23 Vs Galaxy A13, Pilih Mana?

Buat kalian yang lagi mencari smartphone Samsung dengan fitur komplet, tetapi punya budget terbatas. Maka jawabannya ...

Others from #HybridTV