PBESI Umumkan Roster Mobile Legends Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Keunikan yang terlihat dari susunan roster timnas kali ini adalah kehadiran 3 pemain dengan posisi roamer

Menghadapi SEA Games 2023, Indonesia melalui PBESI resmi mengumumkan jajaran roster untuk judul game Mobile Legends: Bang Bang. Melalui seleksi panjang dan proses yang ketat, akhirnya dihadirkan formasi yang ditargetkan untuk membawa emas di SEA Games 2023 di bulan Mei 2023 mendatang.

Selain pemain, PBESI juga mengumumkan jajaran kepelatihan yang dipimpin oleh mantan pelatih EVOS Legends asal Singapura, Bjorn "Zeys" Ong.

Memang nama Zeys dinilai berpengalaman dalam memimpin tim di turnamen level internasional, seperti kemenangan Indonesia di IESF World Championship 2022 dan M1 World Championship 2019.

Sumber: PBESI

Selain Zeys, ada dua sosok asisten pelatih yang didatangkan, yaitu Taxstump sang analis EVOS Legends dan Adi "Acil" mantan pelatih RRQ yang kini melatih ONIC Esports.

Roster Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Untuk menghadapi SEA Games 2023 mendatang, roster timnas Mobile Legends Indonesia akan diisi semua pemain yang pernah berkostum timnas dari dua periode berbeda.

Tiga wakil EVOS Legends di IESF hadir yang diwakili oleh Saykots, Branz, dan Dreams. Di sisi lain, empat pemain lainnya adalah perwakilan dari RRQ dan ONIC Esports yang sempat bermain di SEA Games 2022.

Berikut jajaran pemain Indoneisa untuk SEA Games 2023:

  1. Albert "Alberttt" Iskandar - Jungler
  2. Jabran "Branz" Wiloko - Goldlaner
  3. Gilang "SANZ"- Midlaner
  4. Rizqi "Saykots" Awandi Iskandar - EXPlaner
  5. Calvin "Vynnn" - Roamer
  6. Nicky "Kiboy" Fernando - Roamer
  7. Rachmad "Dreams" Wahyudi - Roamer

Sumber: PBESI

  • Bjorn "Zeys" Ong - Kepala Pelatih
  • Stenley "Taxstump" Hermawan - Asisten Pelatih 1
  • Adi "Acil" - Asisten Pelatih 2

Mengenai susunan pemain, Zeys mengaku bahwa formasi ini menjadi pilihan terbaik untuk Indonesia di SEA Games 2023.

Dalam sesi livestreaming di kanal YouTube pribadinya, Zeys membocorkan alasannya untuk mencampur beberapa pemain dari tim yang berbeda, bukan sepenuhnya mengambil dari satu tim yang sama.

Pasalnya, nama yang terdaftar sudah melewati tahap seleksi yang sangat panjang dan ketat, bahkan roster timnas Indonesia kali ini sudah melewati ratusan scrim.

“Ini sudah tak mungkin salah. Kami sudah scrim 225 game untuk seleksi pemainnya. Dan semua pelatih sudah setuju, para player rata-rata juga setuju,” katanya.

“Kami sudah coba semua dan ini yang terbaik untuk Indonesia. Kenapa tidak satu tim saja? Sebenarnya kami sudah coba satu tim dan all-star. Performa all-star masih lebih baik dari satu tim.”

Hal menarik yang muncul dari komposisi ini adalah Zeys membawa 3 roamer. Jauh dari prediksi mengenai kehadiran back-up juga untuk jungler.

Dengan kata lain, Zeys memiliki rencana tersendiri untuk melakukan strategi/rotasi dari Vynnn, Kiboy, dan Dreams pada SEA Games 2023 mendatang.