26 June 2023

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Genshin Impact Versi 3.8: Petualangan Klee di Bottleland dan Fontaine yang Semakin Dekat

Versi 3.8 akan menjadi versi terakhir menjelang update besar Fontaine

Melalui siaran langsung pada YouTube dan Twitch, Genshin Impact menyajikan berbagai konten menarik yang akan hadir di versi 3.8. Versi ini akan menjadi versi terakhir sebelum pemain memasuki region selanjutnya, yaitu Fontaine.

Jika dibandingkan dengan versi 1.6 dan 2.8 yang menghadirkan daerah spesial musim panas Golden Apple Archipelago (GAA), kali ini Genshin Impact memutuskan untuk memberikan sebuah daerah khusus lain yang berbeda dengan GAA. Daerah ini hanya bisa dikunjungi selama versi 3.8 berlangsung.

Genshin Impact versi 3.8 diperkirakan akan dimulai pada tanggal 5 Juli 2023 dan akan berlangsung selama 6 minggu. Berikut ini ringkasannya:

Karakter

Pada versi kali ini, tidak ada karakter baru yang diperkenalkan, sehingga pemain akan berkesempatan untuk mendapatkan empat karakter B5 yang sudah dirilis sebelumnya. Karakter-karakter tersebut adalah:

Fase #1: Eula dan Klee

Fase #2: Kokomi dan Wanderer

Terkait karakter B4 yang akan mengisi masing-masing banner, Genshin Impact tidak memberikan informasi lebih detail dan akan diumumkan pada kemudian hari.

Quest Baru

Kaeya akan mendapatkan sebuah misi Hangout yang mungkin akan menceritakan lebih banyak kisah di balik sosoknya yang misterius. Dalam Archon Quest pada beberapa patch yang lalu, Kaeya ternyata memiliki hubungan penting dengan kelompok Abyss Order.

Kaeya akan menjadi karakter pertama di Genshin Impact yang memiliki Story Quest dan Hangout Quest.

Skin Baru: Klee & Kaeya

Untuk memeriahkan petualangan pemain di versi ini, Genshin Impact merilis dua skin baru untuk Klee dan Kaeya. Meski belum ada konfirmasi terkait rarity dari skin Klee, namun kemungkinan besar skin ini tidak memiliki rarityskin B5, karena tidak adanya efek spesial yang dipamerkan dalam video teaser-nya.

Jika melihat perilisan skin-skin sebelumnya, harga skin Klee akan mendapatkan harga spesial selama versi 3.8 berlangsung. Sedangkan untuk skin Kaeya, pemain nantinya bisa mendapatkannya secara gratis setelah menyelesaikan event terkait. Setelah versi 3.8, skin ini akan dijual di toko dan bisa dibeli menggunakan Genesis Crystal.

Event

Walaupun daerah Golden Apple Archipelago tidak akan dihadirkan kembali, namun Genshin Impact menggantikannya dengan sebuah daerah lain yang dinamakan dengan Bottleland.

Daerah ini memberikan kesan festival yang sangat terasa, sehingga suasana perayaan musim panas yang ditawarkan juga tidak kalah menarik dari GAA. Karena daerah ini tidak bersifat permanen, maka banyak event yang akan bertempat di daerah ini. Berikut ini ringkasannya:

Event Utama - Secret Summer Paradise

Mengusung tema musim panas, event kali ini masih memiliki kesan yang sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Event utama kali ini akan menyuguhkan petualangan Klee, Eula, Collei, dan Kokomi pada sebuah wilayah yang disebut dengan Bottleland.

Dalam event ini, akan ada beberapa mini-game yang bisa pemain coba. Terdapat banyak hadiah berupa Primogem dan resource bagi pemain yang berhasil menyelesaikan tantangan. Hadiah utama kali ini adalah satu kopi Layla dan skin Kaeya yang bisa didapatkan secara gratis.

Event - Shared Sights

Dalam event ini, pemain akan diminta untuk menemukan tempat dari petunjuk yang diberikan. Yang menjadi unik adalah petunjuk tersebut berupa pengamatan lokasi berdasarkan sudut pandang berbagai macam hewan yang ada di Genshin Impact. Pengetahuan pemain mengenai dunia Genshin Impact akan diuji dalam tantangan ini.

Event - Perilous Expedition

Event ini merupakan event pertarungan yang lebih menitikberatkan variasi tim yang pemain gunakan. Setiap tantangannya terdiri dari 3 babak yang masing-masing memiliki jenis dan komposisi musuh yang berbeda. Pemain akan mendapatkan sejumlah buff untuk membantu menyelesaikan tantangan.

Event - Adventure's Trials: Advanced

Event selanjutnya ini berisikan beragam mini-game yang akan dilemparkan kepada pemain secara acak. Pemain bisa menyelesaikan tantangan ini bersama pemain lain untuk menambah keseruan bermain. Setiap babak akan memberikan karakter khusus dengan misi yang khusus juga.

Event - Overflowing Mastery

Dan untuk menutup versi 3.8, event Overflowing Mastery akan kembali diadakan. Pemain bisa mendapatkan hadiah ganda usai menyelesaikan Domain buku talenta. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperkuat karakter-karakter Anda.

Update Genius Invokation TCG

Permainan kartu Genius Invokation TCG akan mendapatkan sedikit update pada versi 3.8. Nantinya akan terdapat 3 kartu karakter baru, yaitu Candace, Yanfei, dan Kazuha yang bisa pemain dapatkan.

Selain itu terdapat mode tantangan baru yang bernama The Forge's Realm Temper: Endless Swarm. Dalam mode PvE ini, pemain akan melawan sejumlah kartu monster yang tersebar dalam beberapa ronde. Hadiah yang pemain dapatkan akan dihitung berdasarkan jumlah kartu yang berhasil ditaklukkan.

Teaser Fontaine

?t=1933

Dan pada akhir siaran langsung versi 3.8, Genshin Impact memperlihatkan sebagian pemandangan kota Fontaine. Negara air yang dipimpin oleh Hydro Archon ini mengambil inspirasi dari negara Prancis pada periode Belle Époque. Periode yang berlangsung sekitar tahun 1871–1880 tersebut, dikenal dengan banyaknya inovasi teknologi, ilmiah, dan budaya yang terjadi di Prancis. 

Tak hanya pemandangan kota dan beberapa tempat di Fontaine, pemain juga akan melihat bagaimana Traveler melakukan eksplorasi di bawah laut Traveler seperti menyelam, mengalahkan makhluk dan objek laut, hingga menyelesaikan teka-teki yang berhadiah Treasure.

Sayangnya tidak banyak detail yang diberikan mengenai bagaimana eksplorasi bawah air tersebut bekerja, karena fitur tersebut belum pernah ada dan akan menjadi fitur yang membedakan daerah Fontaine dan negara lainnya.