2 April 2023

by Daniel Hamiaz

Ringkasan Genshin Impact Versi 3.6: Kompetisi Enam Darshan Akademiya dan Asal-usul Ras Naga di Teyvat

Nahida dan Nilou akan mengisi banner fase pertama, lalu diikuti dengan Ganyu dan debut dari Baizhu & Kaveh di fase kedua

HoYoverse baru saja mengumumkan konten apa saja yang akan mengisi Genshin Impact versi 3.6 melalui sebuah presentasi yang disiarkan langsung di Twitch dan YouTube. Banyak event dan konten menarik lain yang akan pemain nikmati dalam waktu dekat. Berikut ini ringkasannya:

Karakter & Senjata

Versi 3.6 dapat dikatakan sebagai patch Dendro, karena banyaknya karakter Dendro maupun karakter yang berfokus dengan reaksi elemennya yang hadir  dalam banner karakter kali ini.

Versi 3.6 akan dimulai dengan kembalinya Nahida dan Nilou pada fase pertama. Jarak waktu rerun mereka berdua tergolong cukup singkat, mengingat keduanya masing-masing dirilis pada versi 3.1 dan 3.2 beberapa bulan lalu.

Sedangkan untuk fase kedua, akan diisi oleh karakter baru, yaitu Kaveh (B4) dan Baizhu (B5). Walau sama-sama berelemen Dendro, keduanya memiliki kemampuan yang cukup berbeda, yang dijelaskan pada siaran langsung. Untuk melengkapi banner ini, HoYoverse memberikan Ganyu sebagai karakter rerun.

Genshin Impact juga akan merilis senjata signature dari Baizhu. Melihat kemampuannya pada livestream yang lebih condong sebagai karakter support, sepertinya efek pasif dari senjata ini akan didesain khusus untuk mendukung cara bermain tersebut.

Quest Baru

Terdapat 3 Quest dan cerita baru yang akan mengisi versi 3.6, yaitu:

Pada versi 3.6, Nahida akan mendapatkan Story Quest yang kedua, yang ceritanya akan bersinggungan dengan sejarah dan asal-usul ras naga yang ada di Teyvat. Story Quest Nahida yang ini akan menjadi syarat untuk membuka Weekly Boss baru, yang materialnya dibutuhkan untuk meningkatkan talenta sejumlah karakter.

Selain Nahida, Baizhu juga akan mendapatkan ceritanya sendiri. Baizhu merupakan seorang dokter yang bekerja di Bubu Pharmacy. Diceritakan bahwa guru Baizhu ternyata pernah belajar di perguruan yang sama dengan pemimpin Wangsheng Funeral Parlor sebelum Hu Tao, namun berpisah akibat perbedaan pandangan mengenai kehidupan dan kematian.

Cerita ini akan lebih menarik, jika nantinya Hu Tao aktif terlibat dalam cerita  dan pengembangan karakter dari Baizhu nantinya.

Dan yang terakhir, seri Hangout untuk Layla juga akan dirilis pada versi 3.6. Layla merupakan seorang pelajar di Akademiya, yang mendapatkan insomnia akibat tesis akhirnya. Cerita Hangout dari karakter Cryo yang satu ini mungkin akan relatable, mengingat situasi yang sama juga dirasakan oleh mahasiswa tingkat akhir di dunia nyata.

Daerah Baru

Sumeru mendapatkan ekspansi sekali lagi, khususnya untuk daerah padang pasirnya. Namun daerah baru ini memiliki perbedaan yang sangat terlihat dari bagian gurun lainnya berkat banyak lanskap dengan warna kontras dan mencolok — sangat berbeda dari daerah padang gurun sebelumnya yang didominasi warna pasir gurun.

Musuh Baru

Selain area dan lanskap yang baru, akan ada juga musuh jenis baru yang mengisi daerah tersebut, yaitu:

Weekly Boss Baru: The Dragon of Verdure

Pada versi 3.6, sebuah Weekly Boss dengan ras naga akan diperkenalkan di Genshin Impact. Boss ini akan menjadi Weekly Boss non-humanoid pertama sejak Azdaha yang dirilis pada versi 1.5, serta menjadi Weekly Boss kedua yang akan memiliki tiga fase untuk dikalahkan setelah Childe.

Boss Baru: The Iniquitous Baptist

Selain itu, ada juga sebuah Boss baru, yang memiliki penampilan seperti Abyss Herald/Lector, namun dengan kekuatan yang lebih tinggi. Dalam demo-nya, Boss ini mampu mengontrol 3 elemen sekaligus, mirip seperti Invoker dari Dota 2.

Musuh Baru: Anemo & Hydro Hilichurl Rogues

Dan yang terakhir, akan ada varian Hilichurl baru yang akan menempati kawasan baru Sumeru. Hilichurl jenis ini memiliki perawakan yang lebih besar dibandingkan Hilichurl biasa, serta efek serangan elemen yang lebih memukau.

Event

Terdapat sejumlah event menarik yang bisa dimainkan dalam versi 3.6. Di versi ini, yang menjadi highlight adalah Akademiya Extravaganza. Dalam perayaan tersebut, akan diadakan sebuah kompetisi antara 6 Darshan (asrama dalam Akademiya) yang mirip seperti asrama dalam seri Harry Potter.

Di dalam perayaan Akademiya Extravaganza ini, keenam Darshan akan diwakilkan oleh seorang akademisi di Akademiya. Dari 6 asrama, terdapat satu perwakilan yang masih dirahasiakan, yang mungkin akan menjadi kejutan ketika pemain mengerjakan event ini.

Event Utama: A Parade of Providence

Event ini nantinya akan dipecah menjadi enam jenis mini-games yang bervariasi. Mulai menata rasi bintang, menata domain, hingga minigame mengoleksi koin ala Super Mario. Hadiah utama yang ditawarkan bagi pemain yang berhasil menyelesaikan tantangan adalah 1 kopi Faruzan secara gratis.

Event: Fulminating Sandstorm

Pemain akan diminta untuk melindungi sebuah perangkat khusus di beberapa titik pada daerah padang pasir Sumeru, yang berfungsi untuk menekan pergerakan Setekh Wenut, Boss berupa cacing raksasa yang diam di daerah tersebut.

Event: Brewing Developments

Event pertarungan ini akan memberikan pemain sejumlah tantangan, dengan beragam buff yang acak. Pemain akan menyusun tim sesuai musuh yang dihadapi.

Event: Recollector's Path

Event yang satu ini menjadi yang paling unik, karena pemain akan menggunakan seekor pet unik yang bisa terbang menjelajahi lokasi Sumeru yang baru. Untuk bisa mengikuti event ini, pemain harus membuka terlebih dahulu area yang dibutuhkan.

Event: Overflowing Mastery

Dan untuk menutup versi 3.6, pemain bisa mengeklaim hadiah ganda, ketika menyelesaikan Domain buku talenta. Untuk mengeklaim bonus ini, pemain hanya bisa menggunakan Original Resin saja.

Artifact Baru

Terdapat dua Artifact baru yang diperkenalkan ke dalam Genshin Impact. Keduanya memiliki deskripsi yang cukup panjang. Namun secara sederhana, kedua Artifact ini masing-masing didesain untuk Tartaglia/Ayato dan Dehya sebagai pemakai optimalnya untuk saat ini.

Walau begitu, kedua Artifact ini kemungkinan bisa dimanfaatkan oleh karakter baru di masa depan, mengingat cerita utama Genshin Impact yang akan segera memasuki Fontaine, sebuah daerah yang lekat dengan elemen Hydro.