Dark
Light

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

4 mins read
May 16, 2024

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas menengah dengan jajaran Note 40 Series-nya. Akhir Maret lalu mereka meluncurkan Infinix Note 40 dan Note 40 Pro, lalu awal Mei ini mereka mendatangkan varian 5G dengan Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G.

Tim Hybrid telah kedatangan Infinix Note 40 Pro 5G dan setelah menggunakannya selama lebih dari satu minggu, menurut saya vendor smartphone lain perlu mewaspadainya. Infinix jelas bersungguh-sungguh ingin merebut pangsa pasar dengan bikin produk bagus, menarik, tetapi harganya tetap bersahabat. Siapa yang tidak mau?

Infinix Note 40 Pro 5G sendiri dijual dengan harga Rp3.799.000 di Indonesia dan mampu memberikan nilai lebih daripada kompetitor di harga yang sama. Silahkan dibaca terlebih dahulu review Infinix Note 40 Pro 5G di bawah ini dan nilai sendiri seberapa pantas perangkat ini untuk dimiliki.

Desain Premium

Review Infinix Note 40 Pro 5G Desain 4

Mari mulai dari desain, yang tampak premium berkat desain layar 3D-Curved yang melengkung 55 derajat ke samping. Penampang belakangnya memiliki sentuhan akhir yang berbeda tergantung pemilihan warna, Titan Gold atau Vintage Green.

Untuk Note 40 Pro 5G berwarna Titan Gold memiliki punggung matte dan dilengkapi dengan case berwarna coklat. Sementara, varian Vintage Green yang saya pegang memiliki tekstur yang menyerupai kulit dengan case berwarna hijau senada.

Case bawaannya juga lumayan berkelas dengan tekstur menyerupai kulit dan dilengkapi sistem penguat magnetis. Ya, perangkat ini memiliki fitur unggulan wireless charging 20W dan yang mengejutkan, Infinix turut menyertakan power bank MagCharge berkapasitas 3.020 mAh.

Bagian muka, Infinix bilang melapisinya dengan Corning Gorilla Glass. Biar lebih aman lagi, ada tempered glass dalam paket penjualannya yang bisa Anda pasang sendiri. Bodinya memiliki sertifikasi IP53, dengan ketebalan 8,1 mm dan berat 190 gram.

Keunikan Infinix Note 40 Pro 5G yang menjadi pembeda dari smartphone lain adalah desain modul kamera belakangnya. Dengan bingkai kotak yang tampak klasik, ada efek tekstur brush metal, dan punya LED berbentuk cincin dengan fitur Active Halo Lighting dengan AI untuk notifikasi.

Menuju ke bagian samping, di sebelah kanan dapat dijumpai tombol power dan volume. Kemudian di atas, terdapat speaker dengan keterangan Sound by JBL, sensor infra merah, dan mikrofon sekunder. Lainnya seperti tray kartu SIM dengan dua slot nano SIM, port USB-C, serta speaker dan mikrofon utama tersemat di sisi bawah.

Layar AMOLED 120Hz

Layar dengan desain 3D Curved hanyalah bonus, yang lebih penting kualitas panel yang digunakan. Dalam hal ini Infinix Note 40 Pro 5G dibekali panel AMOLED 10-bit yang dapat menangani 1 miliar warna, mendukung HDR10+, dan punya tingkat kecerahan puncak hingga 1.300 nits.

Layarnya berukuran 6,78 inci beresolusi 1.080×2.436 piksel (393 ppi) dengan refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 1.500Hz. Buat kerja harian dan multitasking sudah nyaman, serta optimal untuk menikmati film maupun bermain game, ditambah adanya dual speaker dengan Sound by JBL.

Selain itu, layarnya memiliki fitur Low Blue Light dengan sertifikasi TÜV Rheinland untuk mengurangi paparan cahaya biru yang dapat mempengaruhi kualitas tidur dan kesehatan mata. Serta, fitur PWM Dimming 2.160Hz yang dapat membantu mengurangi ketegangan mata saat melihat layar dalam jangka waktu yang lama.

Kamera Utama 108MP dengan OIS

Review Infinix Note 40 Pro 5G Kamera 1

Selain untuk mengabadikan keseharian dan momen-momen penting dalam kehidupan, kamera smartphone juga harus memenuhi kebutuhan untuk pembuatan konten kreatif. Misalnya video TikTok, Instagram Reels, YouTube Shorts, dan lainnya.

Kabar baiknya, Infinix Note 40 Pro 5G dibekali sensor gambar yang menjanjikan pada kamera utamanya yaitu Samsung ISOCELL HM6 dengan ukuran 1/1.67 inci dan piksel 0.64μm. Resolusinya 108MP dengan lensa wide, aperture f/1.8, dan dilengkapi OIS.

Setelah pixel binning dengan menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel aktif berukuran lebih besar 1.92µm, resolusi yang dihasilkan 12MP. Lebih ideal untuk beragam skenario pencahayaan, mode 108MP tetap dapat diakses dengan kondisi khusus seperti pencahayaan yang melimpah dan jepret dengan stabil.

Tanpa kamera dengan lensa ultrawide maupun telephoto, kamera sekundernya masing-masing 2MP dan kamera depannya 32MP. Mode Photo didukung fitur Color enhancement yang meningkatkan vibrance dan saturation untuk warna yang lebih keluar. Fitur 3x Lossless Superzoom memiliki kualitas gambar yang cukup baik di kondisi cahaya terang.

Ini beberapa contoh foto yang diambil menggunakan kamera Infinix Note 40 Pro 5G:

Untuk bikin konten video, kamera belakang dan depan dapat merekam video maksimal pada resolusi 2K 30fps dan 1080p pada frame rate tinggi 60fps. Didukung sensor gambar Samsung ISOCELL HM6 dan OIS, kualitas videonya sudah terbilang bagus di kelas menengah. Ada mode Film dan Short Video yang menyediakan template video pendek dengan berbagai efek yang menarik.

Performa Lumayan dengan Dimensity 7020

Review Infinix Note 40 Pro 5G Performa 1

Kalau dari segi desain, layar, dan kamera sudah bagus, Infinix Note 40 Pro 5G memantapkan dirinya sebagai smartphone kelas menengah yang all rounder dengan jaminan performa yang andal. Ia ditenagai chipset 5G MediaTek Dimensity 7020 dan menjalankan XOS 14 berbasis Android 14 dengan jaminan update Android selama dua tahun serta tiga tahun update keamanan.

Lebih dekat, MediaTek Dimensity 7020 dibuat menggunakan proses fabrikasi 6nm, memiliki CPU octa-core, dan GPU IMG BXM-8-256. Prosesor tersebut memakai konfigurasi dua cluster, yang terdiri dari dua inti performa berbasis Arm Cortex-A78 dengan kecepatan clock hingga 2,2 GHz dan enam inti efisiensi dengan Cortex-A55 pada 2,0 GHz.

Ditopang RAM 8GB yang bisa ditambah secara virtual hingga 8GB lewat fitur MemFusion, sehingga seperti punya RAM 16GB. Penyimpanan internalnya 256GB tanpa dukungan microSD. Hasil test benchmark di AnTuTu 10 menunjukkan skor 471.365, PCMark Work 3.0 performance meraih 12.002, sedangkan GeekBench dapat 915 untuk single-core dan 2.268 untuk multi-core.

Hasil benchmark Review Infinix Note 40 Pro 5G

Bagaimana dengan kemampuan gaming-nya? MediaTek Dimensity 7020 memiliki teknologi gaming HyperEngine 5.0 Lite yang dapat memprioritaskan sumber daya dan koneneksi untuk bermain game dengan latensi rendah. Saya install game Mobile Legends: Bang Bang, dapat pengaturan frame rate dan kualitas grafis di level mentok yaitu ultra.

Nah yang menarik adalah fitur baterainya, kapasitasnya standar 5.000 mAh. Dilengkapi teknologi pengisian daya cepat All-Round FastCharge 2.0 dengan chip manajemen daya Cheetah X1 yang akan mengoptimalkan kecepatan pengisian daya untuk melindungi kesehatan baterai.

Kecepatan pengisian dayanya maksimal 45W dan memiliki mode Hyper yang dapat mengisi 50% dalam 19 menit. Selain wired dengan kabel, perangkat ini juga mendukung wireless, reverse wired, dan reverse wireless charging. Dalam paket penjualannya, Infinix dengan baik hati memberikan power bank MagCharge berkapasitas 3.020 mAh gratis dengan fitur wireless charging 20W.

Verdict Review Infinix Note 40 Pro 5G

Review Infinix Note 40 Pro 5G

Infinix Note 40 Pro 5G mengusung desain klasik yang terlihat dan terasa premium ketika disentuh berkat desain layar AMOLED 3D Curved yang menawan. Kualitas kameranya juga cukup dapat diandalkan untuk kegiatan ngonten berkat sensor gambar 108MP Samsung ISOCELL HM6 dengan OIS.

Performanya juga tergolong cukup tangguh untuk pemakaian sehari-hari sampai gaming berkat chipset MediaTek Dimensity 7020. Masa pakai baterainya awet, total Anda akan mendapatkan total 8.020 mAh, dengan rincian 5.000 mAh dari perangkat dan 3.020 dari power bank MagCharge yang tersemat dalam kotak penjualan.

Ya, Infinix Note 40 Pro 5G benar-benar perangkat yang all rounder yang merata cakepnya, penuh dengan daya tarik, tetapi dengan harga irit. Seolah dirancang sebagai pengganggu pasar smartphone kelas memengah di Indonesia. Bagaimana menurut Anda, apakah dari artikel review Infinix Note 40 Pro 5G ini, smartphone ini pantas direkomendasikan?

Sparks

  • Desain terbilang premium, layar 3D-Curved dan belakang dengan tekstur kulit
  • Paket penjualan termasuk power bank wireless dan tempered glass
  • Layar mememuai dengan panel 10-bit AMOLED 120Hz HDR10+
  • Performa lumayan kuat dengan MediaTek Dimensity 7020
  • Kamera utama pakai sensor ISOCELL HM6 dan dilengkapi OIS

Slacks

  • Dua kamera sekunder 2MP tanpa lensa ultrawide dan telephoto
  • Beberapa bloatware tidak bisa dihapus
  • Tanpa dukungan slot microSD
realme C51s turun harga
Previous Story

Perkuat Posisi di Segmen Entry-Level, realme Umumkan Harga Baru realme C51s

NTT DATA Perluas Kehadiran di Indonesia dengan Pusat Data Baru
Next Story

NTT DATA Perluas Kehadiran di Indonesia dengan Pusat Data Baru

Latest from Blog

Don't Miss

Infinix Akan Hadirkan Infinix Note 40 Series Racing Edition (BMW) ke Indonesia

Infinix, brand teknologi terkemuka untuk anak muda, akan segera meluncurkan
Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Review vivo V30e 5G, Desain dan Fiturnya Agak Lain

Smartphone V30 Series dari vivo pertama kali dirilis di Indonesia