Dark
Light

Review HP Smart Tank 580, Printer Serba Bisa Cocok untuk Kegiatan Cetak Rumahan dan UMKM

4 mins read
January 22, 2024

Salah satu perangkat atau gadget yang cukup diperlukan adalah printer. Perangkat ini mendukung pekerjaan juga bisa untuk kegiatan non pekerjaan. Sebagai pelengkap, tidak hanya fungsional, printer yang handal dan mudah digunakan juga menjadi penting. 

HP Smart Tank 580 Wireless All-in-One Printer bisa jadi pilihan untuk Anda. Printer ini merupakan seri smart tank, jadi keunggulan smart tank yang dibawa oleh HP hadir juga di sini.

Printer HP Smart Tank 580 Wireless All-in-One Printer. ini secara singkat punya beberapa keunggulan utama, pengisian tinta yang mudah dan anti tumpah, koneksi aplikasi ke perangkat mobile yang memudahkan proses cetak, harga yang relatif terjangkau dengan fitur yang dibawanya. 

Untuk lebih detail, mari kita bahas pengalaman penggunaan printer HP Smart Tank 580 Wireless All-in-One Printer.

Desain HP Smart Tank 580 Wireless All-in-One Printer

Dari sisi desain, tampilan yang dibawa HP Smart Tank 580 bagi saya cukup menyenangkan. Ada kesan modern karena bentuknya yang cenderung kotak dan persegi, tetapi tepap menampilkan menu dan akses atas fitur yang memudahkan untuk digunakan pada desainnya.

Untuk urusan bentuk, memang tergantung selera, tetapi setidaknya ada beberapa alasan bagi saya kenapa HP Smart Tank 580 ini punya bentuk yang tidak bikin ribet. Meski ukurannya cukup besar, tetapi dari bentuk cenderung persegi alias pinggirnya tidak banyak bentuk aneh-aneh. Jadi ketika kita ingin mengatur ruang untuk penempatan printer, lebih mudah diprediksi karena bentuknya yang cenderung persegi tersebut. Tidak ada bentuk lekuk atau bentuk lain yang harus menyesuaikan bentuk area penyimpanan. 

Dari sisi warna juga HP Smart Tank 580 cukup minimalis, unit yang saya icoba berwarna dominan putih dengan beberapa bagian agak hitam keabuan.

Kalau harus berbicara kekurangan dari sisi desin, saya hanya sedikit protes di ukuran. HP Smart Tank 580 punya ukuran yang cukup besar dan membutuhkan tempat yang agak luas. Tetapi di sisi lain, bentuknya yang cukup besar memungkinkan HP Smart Tank 580 menempatkan area untuk tinta printer masuk dalam body keseluruhan jadi tampil lebih rapih dan tidak bikin ribet. 

Selain itu bentuk yang besar ini juga bisa mengakomodir fiturnya yang memang dual function, bisa cetak dan bisa untuk scan dokumen.

Fitur dan pengalaman setup serta penggunaan 

Kalau berdasarkan halaman resmi HP beberapa fitur utama printer ini antara lain all in one printer berwarna dan hitam putih dengan ukuran maksimal A4 (bisa scan, copy dan print), kecepatan cetak sampai dengan 22 ppm (hitam) and 16 ppm (warna), kelengkapan koneksi hi-speed USB 2.0 serta Wi-Fi 2.4G, Wi-Fi Direct, Bluetooth Low Energy.. Sudah support Apple AirPrint™, Google Cloud Print™, HP ePrint, Mopria™.

HP juga menonjolkan kemudahan setup dan kemudahan penggunaan lewat wireless dengan aplikasi. Untuk kemudahan setup sendiri, dalam pengalaman saya memang tidak terlalu ribet. Kita bisa memilih dua setup mengikuti pentunjuk buku yang disertakan pada kotak pembelian, atau bisa juga mengikuti via aplikasi. 

Jadi Anda bisa unduh aplikasi terlebih dahulu, dan bersamaan dengan menyalakan pertama kali printer ikuti pentunjuk yang ada di aplikasi (nama aplikasi HP Smart – untuk pengguna Android). 

Kemudahan melakukan setup juga termasuk ketika mempersiapkan atau pengisian tinta pertama kali. Dengan mengikuti petuntjuk yang tersedia, termasuk tinta warna apa terlebih dahulu yang diisi ke kotak tinta di printer, Anda bisa dengan mudah mengisinya, tanpa takut tumpah atau kesulitan pengisian yang biasanya dihadapi. 

Untuk pengaturan atau koneksi aplikasi ke printer juga cukup mudah. Tinggal ikut panduan di aplikasi, ketika sudah terkoneksi maka Anda bisa menikmati beberapa fitur, antara lain mengecek tinta via aplikasi, dan tentu saja mencetak langsung via aplikasi, termasuk foto yang Anda ambil menggunakan kamera ponsel. 

Satu catatan yang saya dapatkan ketika melakukan pengaturan awal di printer ini via aplikasi (untuk mengkoneksikan printer dengan perangkat Anda) adalah, jika setelah pengaturan selesai dan Anda mencoba untuk mencetak langsung dari aplikasi dan mengalami kesulitan, coba unduh dan gunakan aplikasi di perangkat ponsel/tablet yang berbeda. Saya kebetulan mengalami kendala ini, menu pilihan cetak di aplikasi tidak responsif dan tidak bisa mencetak langsung dari ponsel. Ketika mencoba mengunduh aplikasi di ponsel yang berbeda dan mencoba kembali untuk mencetak, proses lancar berhasil tanpa kendala. 

Untuk kelengkapan lain, HP Smart Tank 580 menyediakan dua kabel, yang pertama adalah untuk power dan yang kedua untuk koneksi ke laptop atau PC. Jadi Anda bisa menggunakan koneksi wireless atau menggunakan kabel. 

Tombol manual HP Smart Tank 580

Meski bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan cetak dokumen atau foto, HP juga tentu saja tetap menyertakan tombol fisik di printer HP Smart Tank 580 ini. Letaknya ada di bagian kiri, di atas area tinta. Selain tombol manual untuk mencetak dan scan serta copy ada juga beberapa lampu indikator, termasuk WiFi atau koneksi dengan perangkat mobile serta indikator printer. Ada pula tombol untuk meng-cancel proses cetak. 

Kualitas cetak HP Smart Tank 580

Melihat HP yang memposisikan printer ini untuk siapa, pengguna rumahan (dan bagi saya bisa juga untuk umkm skala kecil), kualitas yang dihasilkan printer ini cukup baik. Tidak hanya mencoba di kertas A4 ‘biasa’, saya juga mencoba untuk mencetak menggunakan kertas glossy dengan gram yang agak tebal. Foto yang saya cetak adalah foto dari ponsel. 

Hasilnya juga baik, apalagi ketika Anda mengubah pengaturan ketika ingin mencetak dengan menyesuaikan pilihan pengaturan kertas yang akan digunakan sebelum melakukan cetak. 

Untuk ukuran kertas sendiri bisa mendukung A4; B5; A6; DL envelope, dan ukuran legal. Untuk gram atau berat sediri: 

Plain paper: 60 to 90 g/m²; Envelopes: 75 to 90 g/m²; Cards: up to 200 g/m²; Photo paper: up to 300 g/m². Sedangkan dukungan kertas: Plain paper, Matte Brochure Papers, Glossy Brochure Papers, Photo papers, Envelopes, kertas untuk printer inkjet lainnya.

Cukup menarik karena ukuran photo paper bisa sampai 300g. Cocok untuk kebutuhan pribadi, misalnya mencetak cover proposal, tugas bahkan foto. Atau bisa juga untuk kebutuhan cetak UMKM. Cetak menu misalnya atau poster ukuran A4. 

Beberapa hasil cetak foto dari ponsel .

Kesimpulan review HP Smart Tank 580

HP Smart Tank 580 ini memberikan fitur yang menarik untuk digunakan bagi pengguna rumahan, Mulai dari pengisian tintanya yang anti bocor dan mudah, dukungan aplikasi yang memudahkan baik ketika mulai dari pengaturan awal atau ketika penggunaan saat mencetak. 

Kemudahan mencetak lewat ponsel menjadi salah satu kelebihan yang dibawa printer ini. Bagi saya yang gemar foto, sangat memudahkan untuk langsung mencetak hasil foto untuk dipajang di rumah. Tentu saja, kemudahan ini juga akan sama jika Anda memerlukan untuk sering mencetak dokuman, yang biasanya dikirim atau didapatkan via email dan aplikasi chat di ponsel.

Selain itu hasil dari cetak HP Smart Tank 580 ini juga bisa diandalkan untuk kebutuhan cetak rumahan karena punya hasil yang bisa diandalkan baik untuk warna hitam atau cetak berwarna. Untuk kebutuhan UMKM juga cukup bisa diandalkan, mencetak menu makanan misalnya dengan kertas glossy atau mencetak kebutuhan operasional alias perkantoran kecil dan menengah.

Sebagai all in one printer, hadir dengan harga yang cukup terjangkau yaitu 3.000.000 (harga normal) dan harga diskon di situs resmi 2.375.000 punya fitur yang juga lengkap, tidak hanya cetak, scan dan copy juga sudah bisa dilakukan via printer ini. 

Untuk segmen dan kebutuhannya, printer ini bisa memberikan pilihan yang cukup menarik. Meski ukurannya yang cukup besar namun kemampuan cetak printer ini cukup bisa diandalkan, HP dalam keterangan resmi di web bahwa kemampuan printer ini 3.000 kertas ukuran A4 perbulan dengan rekomendasi perbulannya 400 sampai 800 cetak. Dan yang menarik, dukungan cetak untuk photo paper sampai 300g, cocok untuk kebutuhan rumahan atau umkm.

Previous Story

Fitur AI di Galaxy S24 Series, Bikin Pengguna Jadi Anti FOMO

Next Story

Ini yang Bikin Layar Samsung Galaxy S24 Ultra Punya Daya Tahan Terbaik 

Latest from Blog

Don't Miss

Review Infinix Note 40 Pro 5G, Smartphone All Rounder Cakepnya Merata

Di tahun 2024 ini, Infinix memperketat persaingan pasar smartphone kelas

Review OPPO Reno11 F 5G, Unggulkan Performa dan Layar AMOLED HDR10+

OPPO Reno11 F 5G mampu memberikan pengalaman penggunaan harian yang