Guide
for SEO
Guide

Penjelasan Revamp Emblem dan Talent Mobile Legends dan Dampaknya

8 May 2022Yabes Elia

Moonton mengumumkan sistem revamp untuk emblem dan talent di Mobile Legends yang lebih bervariasi.

Moonton selaku developer Mobile Legends: Bang Bang kembali membawa update terbaru yaitu revamp sistem emblem dan talent yang sekarang sudah berjalan selama beberapa waktu di Advanced Server.

Perubahan Emblem dan Talent ini menarik karena membuat sistemnya jadi lebih fleksibel dari sebelumnya. Revamp Emblem dan Talent ini mungkin bisa membuat Hero-Hero yang sebelumnya kurang laku jadi ramai digunakan kembali seperti Gord, Layla, Zilong, dan kawan-kawannya.

Faktanya memang Hero-Hero lama kalah populer dibanding jajaran hero baru seperti Xavier, Beatrix, Ling.

Penjelasan Revamp Emblem dan Talent Mobile Legends

Sistem Emblem Mobile Legends sebelum Revamp

Masih sama seperti sebelumnya, Emblem Mobile Legends terdiri dari 2 bagian, yaitu Stats Emblem dan Talent.

Meski begitu, jika sebelumnya ada 9 jenis Emblem (Physical, Magical, Tank, Jungle, Assassin, Mage, Fighter, Support, dan Marksman) sekarang menjadi 6 jenis Emblem, yaitu Tank, Fighter, Assassin, Marksman, Support, dan Mage.

Sedangkan, di bagian Talent ada perubahan besar yang diterapkan di Revamp kali ini. Sebelumnya, setiap Emblem memiliki opsi Talent yang jauh lebih terbatas.

Misalnya jika kita ambil contoh dari Emblem Tank, di Talent baris pertama, Anda hanya bisa memilih 1 Talent antara 3 opsi (Vitality, Firmness, dan Shield). Di baris berikutnya, Anda juga hanya bisa memilih 1 Talent dari 3 opsi (Inspire, Fortress, dan Purity).  Sedangkan di baris terakhir, Anda juga harus memilih 1 dari 3 opsi Talent yang tersedia (Tenacity, Brave Smith, atau Concussive Blast). Jadinya, ada total 3 Talent yang bisa Anda gunakan.

Setelah Revamp, Anda masih hanya bisa menggunakan 3 Talent dalam 1 Emblem namun opsi Talent yang bisa Anda gunakan jauh lebih bervariatif. Setelah revamp, Anda bahkan bisa menggunakan Talent Mage atau Fighter, misalnya, di Emblem Tank.

Kita akan bahas lebih jauh di bagiannya masing-masing di bawah ini.

Stats Emblem Mobile Legends

Masih sama seperti sistem sebelumnya, setiap jenis Emblem akan memberikan Stats yang berbeda-beda. Misalnya, Emblem Tank akan memberikan 5 Stats yaitu Magic Defense, Physical Defense, HP, HP Regen, dan CD Reduction.

Setelah revamp, Emblem Tank juga masih memberikan Stats namun jadi berkurang jumlahnya jadi 4 yaitu HP, Physical Defense, Magical Defense, dan HP Regen.

Sumber: Mobile Legends

Seperti sebelumnya, kita juga masih bisa mengupgrade Stats Emblem. Namun pasca revamp, Anda tidak lagi butuh Emblem Fragment dan Gold. Anda hanya butuh Magic Dust untuk mengupgrade Stats Emblem.

Talent Revamp Mobile Legends

Seperti yang sebelumnya saya tuliskan tadi, Anda masih terbatas pada 3 Talent dalam satu Emblem. Namun, opsi Talent yang bisa Anda pilih di tiap baris sangat bervariasi. Seperti yang saya tuliskan tadi, Anda bisa menggunakan Talent Mage di Emblem Tank misalnya.

Selain itu, pasca revamp, 3 Talent dibagi menjadi 3 kategori seperti berikut:

1. Skill Aktif

Di bagian Talent paling bawah inilah yang memberikan dampak terbesar di dalam permainan — seperti di Talent baris ketiga di setiap Emblem sebelum revamp (misalnya Talent Mystery Shop, Magic Worship, dan Impure Rage di Emblem Mage).

Talent-talent yang sebelum revamp juga masih bisa ditemukan di bagian ini. Namun tidak sedikit juga Talent-talent baru yang sangat besar pengaruhnya, yang akan mengubah gaya permainan Anda — game-changing.

2. Skill Pasif

Sumber: Aceunyil Gaming

Talent di bagian tengah mungkin bisa dibilang sebagai skill ‘pasif’. Pasalnya, di bagian Talent sebelumnya, Anda diharuskan untuk lebih ‘aktif’ agar Talent-nya berjalan. Sedangkan di bagian ini, Anda masih butuh kondisi tertentu untuk memancing Talent-nya berjalan namun kondisinya bisa dibilang lebih ‘pasif’ ketimbang bagian sebelumnya.

Atau Talent di bagian ini bisa juga dianggap lebih ‘defensif’. Sedangkan Talent sebelumnya lebih ‘agresif’.

3. Status Tambahan

Sumber: Aceunyil Gaming

Talent terakhir adalah yang paling sederhana. Pasalnya, Talent di bagian ini hanyalah menambahkan sedikit Stats. Meski begitu, tetap saja, jika dibandingkan sistem Emblem sebelum revamp, ada banyak sekali opsi Stats yang bisa dipilih sekarang seperti HP, Mana, Crit Chance, Cooldown, dan lain sebagainya.

 

Kombinasi dan Dampak Talent Revamp Mobile Legends

Satu hal yang pasti, revamp Emblem dan Talent kali ini akan membutuhkan banyak sekali percobaan untuk mencari kombinasi optimal antara Emblem, Talent, dan Hero yang digunakan.

Selain itu, variasi build yang bisa digunakan jadi meningkat drastis, apalagi kita juga belum menghitung interaksi antara satu Hero dengan kombinasi Emblem dan Talent yang digunakan dengan Hero lawan ataupun kawannya.

Namun untungnya, ada banyak kanal YouTube yang sudah mulai mencoba berbagai Talent baru seperti Hororo chan, Elgin, dan kawan-kawannya. Anda bisa langsung mencari video-video Talent baru untuk mencuri start sebelum revamp ini diterapkan di server resminya nanti.

Play video

1 July 2022

Media Mainstream Kompas Rilis NFT #shorts

Media mainstrean Indonesia, Kompas, siap merilis NFT mereka. Link artikel: ...

Others from #HybridTV