22 October 2022

by Galih

Capcom Pamer Gameplay Memukau dari Resident Evil 4 Remake

Ada banyak perubahan yang menanti pada remake yang satu ini

Setelah merilis trailer-nya beberapa bulan lalu, Capcom akhirnya menunjukkan gameplay perdana untuk remake Resident Evil 4. Video tersebut ditunjukkan melalui livestream Resident Evil Showcase yang baru saja diadakan pagi tadi.

Dalam acara virtual tersebut, Capcom terlihat totalitas mengumumkan berbagai hal baru. Bukan hanya untuk Resident Evil 4 Remake saja, melainkan untuk franchise Resident Evil secara keseluruhan.

Untuk Resident Evil 4 Remake sendiri, Capcom memberikan dua buah trailer baru untuk ditunjukkan. Trailer pertama adalah footage gameplay yang sudah dinanti-nanti oleh para fans.

Dalam trailer berdurasi 5 menit tersebut, pemain dapat melihat perubahan besar yang dilakukan Capcom untuk membuat agar remake ini nantinya bisa menawarkan pengalaman bermain yang baru. Namun di saat yang sama tanpa melupakan sisi klasik dari seri orisinalnya.

Video gameplay tersebut berfokus pada sebagian besar porsi awal game ketika Leon memulai petualangannya seorang diri untuk menemukan Ashley. Capcom bahkan memperlihatkan bahwa akan ada banyak area tambahan dan juga kejadian baru yang akan dialami para pemain.

Salah satu contohnya adalah adegan penemuan tubuh salah satu anggota polisi yang awalnya bersama Leon. Agen Ingrid Hannigan juga kini memiliki cutscene-nya tersendiri setelah di game aslinya hanya muncul dalam foto separuh badan saja.

Selain lingkungan yang kini tampil lebih realistis dan mencekam, mekanik gerakan dan pertarungan dalam game ini juga mendapat perkembangan besar. Pasalnya, Leon ditunjukkan kini bisa merangkak dan juga memiliki serangan yang lebih bervariasi.

Namun Leon bukan satu-satunya yang mendapat improvisasi besar, sebab musuh-musuh yang ada di dalam game-nya, termasuk para Ganado juga kini tampak lebih cerdik, mengejutkan, dan juga memiliki variasi serangan.

Sedangkan untuk trailer kedua yang muncul di akhir livestream lebih berfokus pada karakter-karakter ikonik dari Resident Evil 4 orisinal. Para fans kini dapat melihat bagaimana tampilan baru untuk Ashley, Ada Wong, Luis, hingga sahabat baik para pemain, Merchant.

Bersamaan dengan presentasi gameplay-nya, Capcom juga mengumumkan beberapa versi untuk Resident Evil 4 Remake yang akan hadir pada 24 Maret 2023 nanti. Seperti "Deluxe Edition" yang akan memberikan beberapa kostum ekstra untuk Leon, 2 senjata eksklusif, map untuk harta karun tambahan, item kacamata hitam, dan juga soundtrack orisinal yang bisa menggantikan soundtrack baru game-nya.

Capcom bahkan juga mempersiapkan Collector's Edition yang akan memuat semua yang ada di Deluxe Edition ditambah dengan patung figur Leon, soundtrack digital, artbook, poster, steelbook, dan beragam pernak-pernik tambahan lainnya.

Selain Resident Evil 4 Remake, Capcom juga mengumumkan beberapa hal baru, seperti trailer peluncuran untuk game multiplayer Resident Evil Re:Verse. Terakhir, ditampilkan trailer baru untuk Resident Evil Village Gold Edition yang menunjukkan gameplay pandangan orang ketiganya, tambahan konten untuk mode Mercenaries, dan juga trailer baru untuk ekspansi Shadows of Rose.