Resident Evil 4 Remake Resmi Diumumkan, Rilis di tahun 2023

Pemain akan kembali bermain sebagai Leon S. Kennedy, yang terakhir kali beraksi pada Resident Evil 2 Remake.

Setelah dirumorkan sekian lama, Capcom akhirnya mengumumkan secara resmi game Resident Evil 4 Remake. Pengumuman ini disampaikan pada event State of Play milik PlayStation, bersamaan dengan sejumlah judul besar lain.

Melalui video trailer pendek, banyak adegan dan tempat yang familiar, dengan grafis yang lebih mantap dengan memanfaatkan teknologi RE Engine. Di akhir video, Capcom juga mencantumkan perkiraan tanggal rilis game PS2 ini, yaitu pada tanggal 24 Maret 2023.

Seperti versi originalnya, RE 4 Remake berlangsung 6 tahun semenjak insiden di Racoon City. Leon S. Kennedy, seorang polisi yang selamat dari kejadian tersebut, direkrut sebagai seorang agen yang menjadi bawahan langsung dari presiden Amerika Serikat.

Leon ditugaskan untuk menyelamatkan putri presiden yang diculik. Setelah melakukan penyelidikan, sampailah ia ke pedalaman desa di Eropa. Namun ia merasa ada yang tidak wajar pada penduduk desa tersebut.

Resident Evil 4 merupakan salah satu game di franchise Resident Evil, yang mengubah gaya dan cara bermain game Resident Evil sebelumnya. Game yang dirilis pada 2005 tersebut menggabungkan unsur action, shooting, dan resource management, dan berhasil menjadi salah satu game Resident Evil yang digemari pemainnya.

Melalui blog PlayStation, mereka ingin mengembangkan RE 4 Remake untuk mencapai kualitas " State-of-the-art", yang sesuai untuk game Survival Horror di tahun 2023, sembari menjaga esensi dari game aslinya. Mereka berharap bahwa game ini nantinya akan memberikan suasana yang dekat dan akrab untuk para penggemarnya, namun juga memberikan sesuatu yang baru di dalamnya.

Untuk mencapai hal tersebut, mereka akan membayangkan kembali alur cerita dan arah di game ini, dan memodernkan grafis, serta memperbarui kontrol untuk standar game kekinian.

Melihat kesuksesan game-game mereka sebelumnya, seperti Resident Evil: Village dan Resident Evil 3 Remake, tampaknya Capcom akan terus berusaha menghidupkan kembali game-game klasik mereka. Jika Anda tertarik dengan sejarah panjang serial Resident Evil, Anda bisa cek artikelnya di sini.

Selain PlayStation 5, Resident Evil 4 Remake juga akan dirilis untuk platform Xbox Series X dan PC via Steam.