Realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition Resmi Hadir di Indonesia, Dijual Hanya 1000 Unit Saja

Realme akhirnya menghadirkan seri smartphone collectible-nya ke Indonesia. Kali ini, kerjasama dilakukan dengan Coca-Cola

Akhirnya realme meluncurkan perangkat smartphone collectible mereka di Indonesia. Setelah sebelumnya meluncurkan smartphone bertemakan Naruto dan Dragon Ball Z dan sayangnya tidak masuk ke Indonesia, kali ini realme bekerja sama dengan brand minuman bersoda. Acara tersebut diadakan pada The Maj Senayan Jakarta pada tanggal 11 April 2023. Perangkat yang dimaksud adalah Realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition.

Michonne Wang selaku Marketing Director of realme Indonesia mengatakan bahwa realme menghadirkan realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition dengan desain dan tampilan yang unik dengan nuansa warna merah dan hitam, serta fitur-fitur yang memiliki elemen Coca-Cola yang ikonik. Michonne menganggap bahwa ada esamaan citra antara realme dan Coca-Cola, yang ditujukan untuk semangat dan anak muda. Hal ini menjadikan kolaborasi antara kedua brand menjadi yang dianggap paling keren yang pernah ada.

Secara spesifikasi, tentu saja tidak ada perbedaan antara Realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition dengan edisi biasa. Keduanya sama-sama menggunakan Snapdragon 695 serta memiliki kamera yang sama pula. Keduanya juga menggunakan RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Perbedaan yang paling mencolok adalah desain bagian belakang dari Realme 10 Pro 5G Coca-Cola Edition. Bagian tersebut memiliki warna hitam dan merah dengan rasio 70/30, di mana logo Coca-Cola ada pada warna merahnya dan di-crop. Bahan belakangnya juga memakai proses matte faux metal dengan tampilan brushed aluminium.

Selain dari desain luar, realme juga mendesain antarmukanya secara keseluruhan. Lockscreen pada perangkat ini memiliki animasi pengisian daya yang dinamis dengan gelembung soda Coca-Cola. Ringtone pada smartphone ini juga menggunakan suara seperti suara gelembung soda, tutup botol Coca-Cola saat dibuka, serta nada dering resmi Coca-Cola. Icon yang ada juga berbeda, didesain berdasarkan Coca-Cola.

Selain antarmukanya, realme juga membawa sebuah filter pada kameranya. Khusus untuk perangkat reamle edisi spesial ini, filter Cola tahun 80-an pada mode Street Photography akan mengubah visual ke masa lampau. Didalam paket penjualannya sendiri juga terdapat aksesoris collectible seperti SIM ejector yang menyerupai tutup botol, koleksi stiker DIY, dan kartu identitas berbentuk unik yang menginformasikan nomor seri dari smartphone ini.

Realme menjual perangkat yang satu ini sama dengan versi aslinya, yaitu Rp. 4.999.000. Namun perangkat ini hanya dijual dengan jumlah terbatas, yaitu 1000 unit saja. Perangkat ini bisa didapatkan langsung pada tanggal 14 April 2023 secara online dan offline.

Mengapa hanya pada realme 10 Pro 5G saja?

Dengan desain yang memang terlihat lebih apik dibandingkan dengan aslinya, perangkat ini memang cukup mengesankan. Akan tetapi, saya cukup penasaran mengapa realme melakukan kerjasama dengan Coca-Cola pada perangkat Realme 10 Pro 5G dan bukan yang Plus atau yang biasa. Padahal, Realme 10 Pro Plus terlihat lebih premium jika dibandingkan dengan Realme 10 Pro 5G.

Saya menanyakan hal tersebut kepada Krisva Angnieszca selaku Public Relations Lead realme Indonesia. Biasanya, sebuah perusahaan akan melakukan kolaborasi dengan perusahaan lainnya melalui smartphone yang memiliki tipe high end atau flagship. Hal ini cukup terlihat dari beberapa brand yang sudah masuk ke Indonesia.

Kali ini, realme ingin melakukan kolaborasi dengan Coca-Cola pada smartphone yang bisa lebih terjangkau dan bisa dibeli oleh sasaran pasar realme, yaitu anak muda. Selain itu, dari segi spesifikasi juga dipilih yang lebih baik agar cocok untuk melakukan sebuah kolaborasi. Oleh karena alasan tersebut, realme memilih smartphone Realme 10 Pro 5G untuk dikeluarkan sebagai Coca-Cola Edition.