Esports Ecosystem

Real Madrid Menangkan Pertandingan FIFA 20 Antar Klub Spanyol

24 Mar 2020 | Ellavie Ichlasa Amalia
Klub-klub Spanyol mengadakan turnamen FIFA 20 untuk menggantikan La Liga yang dibatalkan karena Corona

Liga Spanyol adalah salah satu liga olahraga yang harus dibatalkan karena pandemik virus Corona. Meskipun begitu, ini tidak memadamkan semangat kompetitif para atlet sepak bola yang memutuskan untuk saling mengadu kemampuan mereka di FIFA 20.

Komentator esports asal Spanyol, Ibai Llanos, sempat mengadakan pertandingan virtual antara bek Sevilla Sergio Reguilon dan striker Real Betis, Borja Igelisias. Saat disiarkan di channel Twitch Llanos, pertandingan itu ditonton oleh 62 ribu orang. Dia kemudian mengusulkan pertandingan virtual antara klub-klub Spanyol. Tawaran Llanos mendapatkan sambutan hangat, tidak hanya oleh para fans tapi juga para pemain di klub Spanyol.

“Saya hanya mengajukan ide itu di Twitter tanpa rencana apapun,” kata Llanos pada koran El Pais, menurut laporan Reuters. “Saya tidak membuat perjanjian dengan siapapun, pelaku bisnis atau klub Spanyol. Saya sangat kaget ketika usulan saya disambut dengan hangat. Dalam waktu satu jam, lebih dari setengah klub Spanyol telah ikut serta. Awalnya, saya hanya berharap akan ada 12 atau 14 klub yang ikut.”

la liga fifa 20
Klub Spanyol melakukan pertandingan virtual untuk menggantikan La Liga. | Sumber: EA Official Media

Dalam pertandingan virtual ini, klub sepak bola diwakili oleh para atletnya, seperti Marcos Llorente yang mewakili Atletico dan Carlos Soler yang mewakili Valencia. Sementara di Real Madrid, ada beberapa pesepak bola yang ingin maju. Karena itu, mereka harus mengadakan kualifikasi untuk menentukan siapa yang akan mewakili klub yang memiliki julukan Los Blancos itu. Marco Asensio ditunjuk sebagai perwakilan Real Madrid setelah mengalahkan Thibaut Courtois dan Dani Carvajal. Sayangnya, Barcelona dan Real Mallorca tidak diizinkan untuk ikut serta karena kedua klub tersebut disponsori oleh Konami, kreator dari Pro Evolution Soccer, yang merupakan saingan game FIFA 20.

“Semakin banyak atlet sepak bola yang bermain FIFA sekarang. Mereka selalu ingin menang, yang memang ada dalam gen mereka,” kata Llanos. “Mereka tahu turnamen ini akan sangat berarti. Para fans mereka akan menonton pertandingan itu dan mereka tentunya tidak akan mau kalah.” Turnamen ini diadakan pada akhir pekan lalu dan akan disiarkan di channel Twitch Llanos. Uang yang didapatkan dari siaran ini akan didonasikan untuk membantu tenaga kerja kesehatan yang berjuang melawan virus Corona.

Pada hari Minggu, 22 Maret 2020, Asensio keluar sebagai juara dari turnamen FIFA 20 ini. Di babak final, Asensio harus bertanding melawan Aitor Ruibal yang mewakili Leganés. Asensio berhasil menang dengan skor 4-1. Pertandingan final itu ditonotn oleh lebih dari 170 ribu. Turnamen ini, yang juga disiarkan oleh televisi Spanyol, berhasil mengumpulkan dana sebesar €140 ribu, lapor The Guardian.

Komentator La Liga, Miguel Ángel Román, juga bergabung dengan Llanos untuk mengomentari pertandingan yang berlangsung. Untuk membuat turnamen FIFA 20 ini menjadi semakin menyerupai pertandingan sepak bola sebenarnya, para pemain juga diwawancara setelah pertandingan berlangsung.

Lain halnya dengan pertandingan olahraga tradisional, pertandingan esports bisa diadakan secara online. Dengan begitu, seseorang bisa ikut dalam pertandingan itu tanpa harus keluar dari rumahnya. Beberapa penyelenggara acara olahraga tradisional telah memutuskan untuk mengganti pertandingan dengan pertandingan virtual. Dua di antaranya adalah NASCAR yang mengadakan eNASCAR iRacing Pro Invitational Series dan Formula 1.