17 October 2022

by Lukman Azis

Razer Edge Resmi Diumumkan, Perangkat Gaming Handheld Pertama Dengan Platform Gaming Snapdragon G3x Gen 1

Razer Edge menawarkan ribuan game AAA, pengguna dapat bermain game di berbagai platform, dan akan tersedia di awal 2023

Pada bulan Desember 2021, Qualcomm memperkenalkan chipset khusus yang dirancang untuk perangkat gaming handheld yakni Snapdragon G3x Gen 1. Qualcomm bekerja sama dengan Razer dalam mengembangkan Snapdragon G3x handheld gaming developer kit untuk para developer.

Kini Razer akhirnya telah mengumumkan Edge, perangkat gaming handheld pertama dengan platform gaming Snapdragon G3x Gen 1. Totalnya ada tiga varian Razer Edge, mulai dari versi WiFi yang dijual dengan harga US$399.99 (sekitar Rp6,1 jutaan) dan US$499.99 (Rp7,7 jutaan) untuk Founders Edition yang akan dirilis pada Januari 2023.

Satu lagi adalah Razer Edge 5G yang bekerja sama dengan Verizon, model ini akan mendukung jaringan ultra wideband dan sub-6GHz operator. Harganya masih belum diungkap dan akan tersedia pada awal tahun 2023 mendatang.

Razer Edge menawarkan ribuan game AAA yang kompatibel dan pengguna dapat bermain di berbagai platform. Baik itu game native Android dan layanan streaming cloud seperti Xbox Game Pass dan NVIDIA GeForce Now. Razer mengatakan bahwa Edge mendukung hingga 144 fps melalui aplikasi Steam Link saat streaming game PC secara lokal.

Dari segi desain, Razer Edge tidak menggunakan form factor konsol genggam all-in-one seperti konsep awal yang dipamerkan. Ia berubah menjadi tablet berukuran 6,8 inci yang dilengkapi controller gaming Razer Kishi V2 Pro.

Razer Kishi V2 Pro disambungkan lewat USB-C, controller gaming ini mendukung fitur Razer HyperSense haptics dan membawa jack headphone 3.5mm. Tombol-tombolnya meliputi 2 analog stick, 8 button, 1 D-pad, 2 trigger, 2 bumper, dan 2 programmable button.

Untuk spesifikasi Razer Edge, layar 6,8 incinya menggunakan panel AMOLED dengan resolusi FHD+ atau 2400x1080 piksel dan didukung refresh rate hingga 144 Hz. Audio-nya mengandalkan 2-way speaker dengan 2 mikrofon digital dan mendukung THX Spatial Audio.

Dimensi tabletnya saja 260x85x11 mm dengan berat 264 gram dan 401 gram dengan controller. Fitur lainnya adalah kamera depan 5 MP yang mendukung perekaman video 1080p hingga 60 fps, sedangkan konektivitasnya mencakup WiFi 6E yang kuat dengan FastConnect 6900, Bluetooth 5.2, dan port USB Type-C.

Dapur pacunya adalah chipset Qualcomm Snapdragon G3x Gen 1. Platform ini dibuat untuk menghadirkan grafis dan kinerja per-watt terdepan di industri, sehingga para gamer tidak perlu berkompromi dalam sesi permainan yang panjang. Dengan Snapdragon Elite Gaming memberikan interaksi yang mulus, respons yang cepat, dan grafik ultra-realistis dengan detail sinematik.

Layar AMOLED dioptimalkan untuk efisiensi, menghasilkan permainan game berjam-jam dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kinerjanya dibantu RAM 8 GB LPDDR dan penyimpanan internal UFS 3.1 128 GB yang bisa diperluas dengan slot microSD hingga 2 TB.

Sumber: TheVerge, Razer