17 October 2022

by Daniel Hamiaz

Pemain Overwatch 2 tembus 25 Juta, Cetak Rekor 3 kali lipat dari Overwatch 1

Penggratisan game FPS blizzard ini menjadi salah satu faktor terkuat yang menarik masifnya jumlah pemain

Walaupun memiliki beberapa masalah dan kendala saat peluncuran pertamanya, Overwatch 2 dianggap sukses menarik perhatian pemain untuk mencoba game hero-shooter ini. Ditambah lagi, untuk bermain Overwatch 2, kali ini pemain tidak perlu membeli seperti Overwatch sebelumnya.

Cukup dengan perangkat dan koneksi internet yang mumpuni, pemain dapat langung memainkan Tracer, Winston, Soldier 76, dan lainnya.

Salah satu ukuran kesuksesan yang dicapai oleh Overwatch 2 adalah jumlah pemain harian mereka yang mampu menembus 25 juta pemain. Angka tersebut mereka dapatkan hanya dalam kurun waktu sekitar 10 hari saja sejak dirilis pada tanggal 4 Oktober 2022. Rekor tersebut berhasil melampaui jumlah pemain di game prekuelnya, yang hanya berhasil mengumpulkan 10 juta pemain.

Walau berhasil menembus angka pemain yang fantastis, namun Overwatch 2 masih harus tetap berbenah. Di minggu pertama perilisannya, terdapat banyak kendala yang muncul, seperti permasalahan koneksi yang buruk, yang menyebabkan pemain harus menunggu berjam-jam hanya untuk bisa masuk ke dalam game. 

Untungnya permasalahan tersebut sudah diatasi dan sebagai kompensasi, Blizzard juga akan memberikan double exp untuk setiap akhir pekan hingga bulan November.

Perilisan Overwatch juga dibarengi dengan rilisnya Kiriko, hero support terbaru, yang memiliki pick rate yang tinggi. Blizzard menyatakan bahwa Kiriko sudah dipakai sebanyak 2 juta kali dalam minggu pertama Overwatch 2.

"Game (Overwatch 2) berhasil menjadi sebuah fenomena global, yang telah berhasil mengumpulkan basis pemain harian, yang tersebar di EMEA, Asia, dan Amerika, yang bahkan melampaui jumlah pemain puncak harian hingga 3 kali lipat dari Overwatch sebelumnya," ungkap Activision Blizzard. "Kami belum memiliki angka yang pasti mengenai jumlah puncak pemain harian, namun angka ini juga menghitung semua pemain di semua platform."

Untuk menambah semangat dan insentif bermain, developer akan memberikan hadiah kepada pemain yang melakukan log-in antara tanggal 25 Oktober hingga 6 Desember 2022. Hadiah yang diberikan adalah skin Reaper "Cursed Captain" dan weapon charm "Health Pack" secara gratis.

Jika Anda juga ingin mencoba Overwatch 2, Anda bisa cek bagaimana cara membuka roster Hero Overwatch 2 di sini.