[blackbirdpie url=”http://twitter.com/RakutenIndo/status/42420162305073152″]
Rakuten Belanja Online (RBO) mengumumkan lewat akun Twitter mereka bahwa layanan Rakuten Belanja Online versi beta telah diluncurkan (soft launch) dan telah bisa diakses. Rilis ini menjadi akses resmi pertama atas fasilitas yang mereka berikan setelah pada awal bulan Desember lalu mereka mengumumkan alamat resmi situs mereka untuk pengguna Indonesia dan mengajak para penjual online untuk bergabung dengan layanan yang diberikan.
Rakuten Belanja Online merupakan hasil joint venture antara Rakuten (Jepang) dengan PT Global Mediacom Tbk. Rakuten sendiri merupakan pemimpin pasar dan menjadi pusat pertokoan online terbesar di Jepang, sedangkan PT Global Mediacom Tbk (MNC Group) merupakan perusahaan media terbesar di Indonesia.
Kerja sama dua perusahaan besar ini menjadi salah satu hal yang ditunggu tahun ini, salah satunya karena keduanya merupakan perusahaan besar (pemimpin pasar) di masing-masing negara dan tentunya memiliki modal yang cukup kuat untuk melakukan usaha menaklukkan pangsa pasar e-commerce lokal dan menjadi menarik untuk melihat strategi mereka dalam mengembangkan layanan yang akan diberikan, karena pertumbuhan penyedia layanan shopping mall online di Indonesia juga tidak sedikit, malah cukup ramai, banyak layanan serupa lain yang lebih dulu hadir, tentunya persaingan tidak bisa dihindari.
Jika Anda mengunjungi situs mereka, shopping mall online ini sudah tampak ramai dengan berbagai penawaran produk, mulai dari barang elektronik, buku, pakaian dan berbagai produk lain. Salah satu nama perusahaan ternama yang bisa saya lihat bergabung di Rakuten Belanja Online adalah Erlangga, yang merupakan salah satu penerbit besar di Indonesia.
Hal menarik lainnya adalah sistem pembayaran, kalau melihat dari keterangan situs mereka, Rakuten Belanja Online ini menggunakan fasilitas escrow yang bekerja sama dengan NsiaPay. Pembayaran bisa menggunakan kartu kredit atau internet banking.
Rakuten Belanja Online telah resmi bisa diakses, meski masih beta dan belum tersedia akses untuk perangkat bergerak, mari kita lihat strategi mereka serta strategi layanan sejenis lain dalam memberikan fasilitas yang paling menarik untuk pengguna, baik konsumen maupun merchant. Pembaca DailySocial ada yang sudah mengunjungi situs Rakuten Belanja Online? Bagaimana pendapat Anda?
Sudah pakai.. Tapi navigasinya agak membingungkan karena kalau klik tab yg diatas (hot categories) dan search by category dibawah linknya beda, padahal kesannya sama..
Tapi ga tau kenapa bikin pengen beli, tapi produk2nya ga ada yg menarik. Aman deh :p
jangan-jangan karena branding-nya rakuten jadi tergoda ingin beli 😀 mungkinkah brand penyedia shopping mall online juga mempengaruhi pola pembelian?
seperti misalnya kalau ada barang yang sama di jual secara offline (satu di Metro satu lagi di tempat lain misalnya) beberapa pembeli mungkin cenderung akan beli di Metro… 😀