Dark
Light

RajaMakan Ramaikan Persaingan Pasar Pesan Antar Makanan di Jakarta

1 min read
October 17, 2014

Layanan pesan antar makanan RajaMakan hadir sebagai alternatif dengan menyediakan ratusan pilihan makanan yang disuka dari restoran favorit di seputaran Jakarta. Sebelumnya kita mengenal foodpanda dan Klik-Eat yang telah mendominasi segmen ini selama dua tahun terakhir. Selain pemesanan lewat situs, RajaMakan telah dilengkapi dengan aplikasi mobile Android yang dapat diunduh secara gratis.

Layanan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan situs pesan antar makanan lainnya. Situs ini menyediakan platform pencarian dan pemesanan makanan di daerah sekitar pengguna. Pengguna cukup memasukan alamat tempat tinggalnya atau kantornya dan akan tersedia daftar restoran yang bisa melayani pesan antar.

Layanan RajaMakan saat ini mencakupi lima kota di kawasan DKI Jakarta dan Cibubur. Selain menggunakan mesin pencarian dengan memasukan domisili, pengunjung juga dapat memilih berdasarkan lokasi lima kotamadya Jakarta tersebut atau bisa juga mencari jenis makanan yang diidamkan.

Pada menu pilihan Cuisine tersedia pilihan Asian, Bread & Cake, Ice & Drink, Indonesian, Middle East, Organic, dan Western. Kurang lebih sudah terdapat 110-an restoran yang bisa dipilih. Pemesanan dapat dilakukan online atau melalui nomor telepon yang tersedia. Untuk melayani segala pertanyaan atau keluhan pelanggan, situs RajaMakan menyediakan layanan pelanggan melalui sarana chat atau telepon.

Hal apa yang menjadi value added RajaMakan untuk bisa eksis di tengah persaingan dengan layanan yang sejenis?

Pertama, tentu saja fakta bahwa pasar untuk segmen ini masih terbuka lebar. Di Jakarta saja ada jutaan pekerja yang memang kerap membutuhkan layanan pesan antar makanan di tengah kesibukannya. foodpanda sendiri sebagai pemimpin pasar mengakui bahwa cakupan layanan pesan antar makanan secara online masih sangat kecil dan membuka peluang bagi hadirnya pemain baru.

Kedua, adalah kualitas layanan. Berdasarkan tes yang dilakukan oleh DailySocial, pencarian makanan hingga pemesanan berjalan sangat mulus, bahkan sudah menggunakan fitur how to complete pada pencarian yang memudahkan pengguna. Makanan yang dipesan datang lebih cepat dari yang diperkirakan, tapi sayangnya steak yang kami pesan sudah tidak terlalu hangat suhunya. RajaMakan sendiri menjanjikan suhu makanan dan minuman akan tetap terjaga karena menggunakan tools yang disebut Special Box.

Meski mengusung tagline Food Delivery Online, layanan yang diberikan belum 100 persen online. Metode pemesanan juga disediakan via telepon, dan metode pembayaran yang tersedia saat ini baru cash on delivery. Mereka belum mendukung metode pembayaran online. Hal ini dipahami untuk mengakomodasi perilaku masyarakat Indonesia yang belum mengadopsi pemesanan online secara utuh, termasuk cara pembayarannya.

Biaya yang dikenakan untuk satu kali antar per restoran dipatok Rp 15 ribu, namun tidak ada minimum order. Satu jenis makanan yang dipesan pun akan tetap diantar.

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

Previous Story

Keecker, Robot Berkemampuan Streaming Konten Audio Visual

Next Story

AturDuit Kini Jadi Nama Andalan iMoney Indonesia (UPDATE)

Latest from Blog

Don't Miss

Bisnis pesan-antar makanan milik Airasia Group, airasia food, segera hadir di Indonesia pada awal 2022 / AirAsia

AirAsia Umumkan Rencana Kehadiran Layanan Pesan-Antar Makanan di Indonesia

Bisnis pesan-antar makanan milik Airasia Group, airasia food, segera hadir
Strategi Bisnis Dailybox

Strategi Dapur Terpusat dan Efisiensi Bisnis Dailybox

Pandemi menjadi game changer untuk semua industri agar tetap bertahan,