Adu Taktik Militer Anda di Turnamen Rainbow Six: Siege Indonesia Series League IV

Sistem turnamen ini cukup unik, karena memiliki dua divisi pertandingan yang berjalan paralel

Tom Clancy’s Rainbow Six: Siege mungkin bukan game kompetitif paling populer di Indonesia. Tapi game ini memiliki komunitas yang berdedikasi, juga atlet-atlet esports yang berprestasi. Dua tim esports Rainbow Six: Siege asal Indonesia beberapa waktu lalu juga turut berlaga di kompetisi internasional Rainbow Six: Siege Pro League wilayah Asia Pasifik, meski sayangnya belum berhasil lolos ke babak final yang diadakan di Brasil.

Komunitas Rainbow Six: Siege di Indonesia, yang bernama R6 IDN (Rainbow Six: Siege Indonesia Community), bahkan merupakan komunitas pertama yang mendapat dukungan resmi dari Ubisoft selaku penerbit game tersebut. Komunitas ini juga rutin mengadakan berbagai macam kompetisi, salah satunya yang sebentar lagi akan digelar yaitu Rainbow Six: Siege Indonesia Series League IV (ISL4).

Rainbow Six: Siege Indonesia Series League IV | Sumber: R6 IDN

Berbeda dari Indonesia Series League III (ISL3) yang digelar di bulan Juni lalu, kompetisi ini memiliki format yang cukup unik di mana para tim partisipan dipecah menjadi dua divisi, yaitu Upper Division dan Lower Division. Pada mulanya ISL4 menerima pendaftaran peserta hingga 32 tim. Kemudian tim-tim tersebut akan dibagi ke dalam empat grup dan masuk ke babak awal yaitu Group Stage – Division Placement.

Dari fase pertama ini, ISL4 akan mengambil 4 tim teratas dari setiap grup untuk masuk ke kompetisi Upper Division, sementara 4 tim terbawah masing-masing grup masuk ke Lower Division. Hasilnya, setiap divisi memiliki 16 tim yang bertanding dengan format double elimination, kemudian dilanjutkan dengan 8 tim yang bertanding di babak playoff. Jadi di akhir kompetisi, Upper Division dan Lower Division akan menghasilkan dua tim juara yang berbeda.

Sistem turnamen Rainbow Six: Siege Indonesia Series League IV | Sumber: R6 IDN

Mengapa menggunakan pembagian seperti di atas? Menurut keterangan dari R6 IDN, adanya Upper Division dan Lower Division diharapkan dapat lebih meningkatkan suasana kompetitif dalam turnamen ISL kali ini. Rainbow Six: Siege adalah game yang cukup rumit, dan kemungkinan akan ada tim dengan rentang kemampuan yang beraneka ragam. R6 IDN ingin agar tim dengan level kemampuan tinggi dan rendah sama-sama bisa merasakan pengalaman bertanding meski divisinya berbeda.

Rainbow Six: Siege Indonesia Series League IV menawarkan hadiah senilai total Rp5.000.000 untuk Upper Division, sementara hadiah untuk Lower Division saat ini belum diumumkan. Tim yang berminat ikut serta bisa langsung mendaftarkan diri di situs Toornament dengan membayar biaya registrasi sebesar Rp75.000. Bila Anda butuh informasi lebih lanjut atau ingin mengajukan pertanyaan, silahkan kunjungi channel Discord R6 IDN, atau Facebook Page R6 IDN di tautan berikut.

Sumber: R6 IDN