Dark
Light

Rahasia Advanced Multitasking di Samsung Galaxy Z Fold5, Bisa Buka Selusin Aplikasi Bersamaan

2 mins read
September 4, 2023
Samsung-Galaxy-Z-Fold5-1

Samsung kembali mengajak sejumlah rekan media dan tech reviewer untuk join the flip side. Guna merasakan langsung keunikan form factor lini foldable, peningkatan fungsionalitas Flex Window yang lebih besar di Galaxy Z Flip5, dan kecanggihan multitasking pada Galaxy Z Fold5.

Kali ini, rangkaian acara Join The Flip Side Trip with Galaxy Z Fold5 | Z Flip5 diselenggarakan di Gaia Hotel Bandung dari tanggal 4 hingga 6 September. Saya mewakili Hybrid.co.id tergabung dalam Fold Team dan dibekali Galaxy Z Fold5 dengan Galaxy Watch6 Classic untuk beberapa hari ke depan. Berikut keseruan kegiatan Workshop Trip tersebut di hari pertama.

Advanced Multitasking dengan Multi Window dan Taskbar

Samsung-Galaxy-Z-Fold5-2

Sesampainya di Gaia Hotel Bandung, acara dimulai dengan Foldable & Ecosystem Workshop. Sesi pertama dibawakan oleh Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, salah satunya membahas advanced multitasking di Galaxy Z Fold5.

Seperti yang sudah diketahui, Flex Hinge terbaru membuat Galaxy Z Fold5 dapat terlipat tanpa celah sehingga perangkat menjadi lebih ramping. Faktanya saat terlipat, Galaxy Z Fold5 merupakan salah satu smartphone paling compact dan lebih kecil dari kebanyakan smartphone saat ini, bahkan cukup mudah ketika dioperasikan dengan satu tangan.

Kemudian ketika lipatannya dibuka, pengguna akan mendapatkan layar seukuran tablet yakni Infinity Flex Display 7,6 inci. Layar yang begitu lega ini dioptimalkan Samsung untuk kebutuhan multitasking, termasuk fitur Multi Window yang dapat membuka hingga tiga aplikasi secara berdampingan.

Sebagai contoh, saat membuat artikel ini saya memanfaatkan kemudahan multitasking untuk membuka spesifikasi penuh Galaxy Z Fold5, Gallery untuk menampilkan foto saat workshop berlangsung untuk referensi, dan Samsung Note untuk menulis. Lewat task switcher, saya bisa berpindah ke aplikasi lainnya dan kembali lagi ke sesi terakhir multitasking.

Samsung-Galaxy-Z-Fold5-3

Jika tiga aplikasi masih kurang, kita bahkan bisa menjalankan lebih dari sepuluh aplikasi berbarengan dengan fitur hidden pop-up dan membuka aplikasi dalam pop-up view. Tentu saja, itu akan membuat layar menjadi sesak, tiga hingga lima aplikasi saja sudah memberikan banyak fleksibilitas.

Lagi pula ada fitur Taskbar yang menyempurnakan pengalaman layar besar dan multitasking di Galaxy Z Fold5. Taskbar akan muncul ketika membuka aplikasi termasuk saat multitasking, tetapi bisa disembunyikan untuk tampilan yang lebih imersif saat mengakses multimedia.

Lewat Taskbar, kita bisa lebih lincah dalam berpindah aplikasi. Kita juga bisa menempatkan beberapa aplikasi favorit, mengakses semua aplikasi, dan ia dapat mengingat hingga empat aplikasi terakhir yang dibuka. Lalu untuk memindahkan konten antar aplikasi dan layar, bisa memanfaatkan fitur drag and drop.

Samsung-Galaxy-Z-Fold5-4

Terakhir tetapi tak kalah penting adalah peningkatan Flex Mode Panel, saat layar Galaxy Z Fold5 5G dilipat sebagian antara sudut 75 hingga 115 derajat seperti laptop, ruang layar aktif akan terbagi menjadi dua. Tergantung pada aplikasi yang Anda buka, bagian bawah akan menampilkan fungsi yang berbeda, seperti tombol rewind/forward for 10 sec, adjustable toolbar, keyboard, hingga mini control.

Lebih jauh, kita bisa memunculkan touchpad pada toolbar. Caranya buka Advanced Features di pengaturan, pilih Labs, dan aktifkan Flex Mode Panel. Kita juga dapat mengatur trackpad pada pilihan general management di pengaturan dan menyalakan multi-finger gestures.

Saat ini, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan lebih jika tertarik dengan Galaxy Z Fold5 yang dijual dengan harga mulai dari Rp24.999.000. Caranya dengan datang ke Galaxy Studio, yang akan datang ada di Central Park Mall Jakarta pada 6-10 September 2023, diikuti Delipark Mall Medan pada 20-24 September 2023, Botani Square Mall Bogor pada 20-24 September 2023, dan BEC Mall Bandung pada 27 September-1 Oktober 2023.

Previous Story

Review Kingston KC3000: SSD NVMe dengan Graphene Kencang dan Cukup Terjangkau

Review-OPPO-A58
Next Story

Review OPPO A58, Naik Kelas dengan Layar FHD+ dan Kamera 50MP

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk