Dark
Light

Pentingnya Tidur Cukup dan Berkualitas, Ini Cara Mencapainya dengan Galaxy Watch6 Series

1 min read
August 29, 2023
Fitur Sleep Monitoring di Galaxy Watch6 Series 2

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat bisa dimulai dari hal-hal yang simpel, salah satunya dengan tidur yang cukup dan berkualitas. Untuk orang dewasa muda, lama waktu tidur yang ideal sekitar tujuh hingga sembilan per hari.

Sayangnya menurut hasil studi Mashable, tiga dari empat orang di Asia Tenggara mengaku sulit tidur di malam hari. Sebanyak 27% responden dari Indonesia menyatakan susah tidur setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Selain itu, generasi muda juga cenderung tidur lebih malam dan diperparah dengan gaya hidup yang kurang sehat. Mulai dari suka dadakan mengerjakan tugas, kecanduan gadget seperti nonton film dan bermain game sampai lupa waktu, maupun menongkrong sampai larut malam.

Menyadari betapa pentingnya kualitas tidur terhadap kesehatan, Samsung meluncurkan Galaxy Watch6 dan Galaxy Watch6 Classic dengan deretan fitur Sleep Monitoring yang dapat meningkatkan kualitas tidur penggunanya. Termasuk Sleep Insights yang detail hingga Sleep Coaching yang dipersonalisasi.

Tidur yang baik juga harus berkualitas dan salah satunya bisa dicapai dengan tidur yang cukup dan konsisten. Manfaatnya tidak hanya menciptakan perasaan yang lebih baik untuk menjalani aktivitas dengan tenang, tetapi juga membantu menjaga kondisi jantung lebih sehat, meningkatkan efektivitas sistem kekebalan tubuh, serta membantu reparasi dan regenerasi sel.

Fitur Sleep Monitoring di Galaxy Watch6 Series

Pentingnya Tidur Cukup dan Berkualitas, Ini Cara Mencapainya dengan Galaxy Watch6 Series
Fitur Sleep Coaching di Galaxy Watch6 Series untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur dengan Galaxy Watch6 Series adalah memahami pola tidur dengan fitur Sleep Monitoring. Ini berarti Anda perlu memakai smartwatch tersebut saat tidur.

Nantinya hasil monitoring tidur akan menampilkan informasi tentang durasi dan kualitas tidur. Lewat fitur Sleep Score, Anda juga dapat melihat ringkasan dari seluruh data yang dikumpulkan termasuk evaluasi kualitas tidur.

Perlu diketahui bahwa terdapat tiga fase tidur, dimulai dengan Light Sleep. Fase ini aktivitas otak mulai melambat, ritme jantung dan pernafasan lebih stabil, otot mulai rileks, dan terjadi proses konsolidasi memori.

Kemudian dilanjutkan fase tidur yang lebih dalam yaitu Deep Sleep, fase ini fungsi restorasi fisik terjadi. Dan akan berakhir pada fase REM sleep, mimpi dirasakan dan fungsi reparasi kognitif terjadi.

Setelah konsisten melacak pola tidur, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan fitur Sleep Coaching untuk membentuk kebiasaan tidur yang lebih baik. Galaxy Watch6 Series akan memberikan program terpersonalisasi dengan panduan dalam jangka waktu yang diinginkan.

Galaxy Watch6 Series akan menyusun rutinitas atau checklist Sleep Coaching yang harus Anda ikuti setiap harinya. Rutinitas tersebut disesuaikan dengan kebutuhan tidur Anda yang kurang atau perlu ditingkatkan.

Tentu saja, saat menjalani Sleep Coaching Anda perlu konsisten dan tetap melakukan Sleep Monitoring dengan memakai smartwatch saat tidur. Penting juga untuk menggabungkan dengan gaya hidup lebih sehat, seperti rutin berolahraga dan menjaga pola makan.

Perangkat Galaxy Watch6 sendiri tersedia dalam ukuran 40mm (Rp3.999.000) dan ukuran 44mm (Rp4.499.000). Adapula Galaxy Watch6 Classic yang hadir dalam ukuran 43mm (Rp5.499.000) dan 47mm (Rp5.999.000). Untuk mendapatkan promo khusus, Galaxy Watch6 Series juga bisa didapatkan di Galaxy Studio yang digelar di berbagai kota besar di Indonesia.

AMD FSR 3
Previous Story

AMD FSR 3 Disingkap, Hadirkan Fitur Frame Generation untuk Semua Kartu Grafis

REDMAGIC 8S Pro Indonesia
Next Story

Ponsel Gaming REDMAGIC 8S Pro Resmi Hadir di Indonesia

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk