28 March 2024

by Galih

Qualcomm Hadirkan Dua Platform Audio Generasi Terbaru

Generasi ketiga Qualcomm Sound menawarkan banyak fitur

Setelah cukup mendominasi di pasar smartphone lewat Snapdragon, Qualcomm baru saja meluncurkan dua platform untuk SoC audio terbaru mereka. Dua platform tersebut adalah Qualcomm Sound S3 Gen 3 dan Qualcomm Sound S5 Gen 3.

Generasi ketiga dari platform audio Qualcomm Sound ini menawarkan peningkatan di berbagai aspek mulai dari kualitas audio hingga fitur-fitur unggulan. Salah satunya adalah kemampuan AI yang dapat meningkatkan pengalaman audio penggunanya.

Kedua platform audio ini nantinya akan menyasar dua segmen audio yang berbeda. Qualcomm Sound S3 Gen 3 lebih menyasar segmen kelas mid-range. Sedangkan Qualcomm Sound S5 Gen 3 menentukan standar baru untuk SoC audio di kelas premium.

Untuk Qualcomm Sound S3 Gen 3 nantinya para produsen perangkat (OEM) audio kini dapat menyematkan berbagai fitur seperti hearing enhancement, audio spasial, echo cancellation dan bahkan pelacakan kesehatan.

Semua fitur spesial tadi nantinya akan didukung dengan ekosistem audio untuk Qualcomm Sound S3 Gen 3 dengan program Qualcomm Voice & Music Extension. Sehingga para OEM tidak bingung untuk mendapatkan fitur yang diinginkan.

Sementara saudaranya, Qualcomm Sound S5 Gen 3 Sound Platform membawa arsitektur baru yang akan membantu para produsen audio. SoC ini akan mengusung Micro NPU yang memberikan pengalaman audio yang belum ada sebelumnya menggunakan AI.

Demi menghadirkan pengalaman suara yang lebih baik, Qualcomm Sound S5 Gen 3 kini dilengkapi dengan kemampuan komputasi 3 kali lebih tinggi dan kemampuan AI 50 kali lebih besar dari pendahulunya.

Selain itu, Qualcomm Sound S5 Gen 3 juga dibekali dengan teknologi audio kelas premium. Sebut saja Adaptive Active Noise Cancellation dan Snapdragon Sound Tehcnology Suit untuk menyempurnakan kualitas suara yang dihasilkan.

"Untuk perangkat kelas premium, arsitektur baru dan peningkatan kemampuan AI pada S5 Gen 3 menawarkan produsen sebuah platform untuk mengembangkan perangkat pintar yang dapat memantau lingkungan pengguna," ujar Dino Bekis, Vice President and General Manager, Wearables and Mixed Signals Solutions, Qualcomm Technologies, Inc.

Dino Beksi juga menjelaskan bahwa Qualcomm memahami bahwa konsumen mengingkan fitur dan pengalaman audio lebih immersive dengan harga yang lebih terjangkau. Dan diharapkan Generasi ketiga SoC audio mereka ini dapat memenuhinya.