Pandemi COVID-19 tidak hanya membuat masyarakat menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bermain game, tapi juga menggunakan lebih banyak aplikasi.
Sekarang, dunia mulai pulih dari pandemi COVID-19. Alhasil, pertumbuhan penggunaan aplikasi mobile pun mulai turun. Meskipun begitu, jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah downloads dan total consumer spending dari aplikasi mobile saat ini masih lebih tinggi dari era sebelum pandemi.
Menurut laporan terbaru dari data.ai, pada Q3 2022, total belanja pengguna mobile mencapai US$32,4 miliar, turun 5% dari periode yang sama di tahun lalu. Pada Q3 2021, total consumer spending pengguna mobile mencapai US$34 miliar, yang merupakan nilai belanja tertinggi sepanjang sejarah. Meskipun begitu, jumlah belanja pengguna mobile pada Q3 2022 tetap 40% lebih tinggi dari periode sebelum pandemi.
Total Downloads Aplikasi di Q3 2022
Pada Q3 2022, total downloads dari aplikasi dan game mencapai 38,7 miliar downloads, naik 8% dari Q3 2021. Para pengguna Android menjadi kontributor utama dari pencapaian tersebut.
Selama Q3 2022, total downloads aplikasi di Android mencapai 30 miliar downloads, naik 9% dari tahun sebelumnya. Sebagai perbandingan, total downloads di iOS hanya mencapai 8,7 miliar. Pertumbuhan total downloads dari iOS juga lebih kecil dari Android, hanya mencapai 6% dari tahun lalu.
Di ekosistem Android, India dan Brasil menjadi dua negara yang memberikan kontribusi downloads paling besar. Sementara itu, tiga negara yang mengalami pertumbuhan downloads paling tinggi di Q3 2022 adalah India, Pakistan, dan Irak.
Tiga kategori yang paling sering diunduh oleh pengguna adalah Games, Tools, dan Entertainment. Namun, tiga kategori yang mengalami pertumbuhan downloads paling besar adalah Tools, Finance, dan Entertainment.
Untuk ekosistem iOS, dua negara yang memberikan kontribusi terbesar untuk total downloads sepanjang Q3 2022 adalah Tiongkok dan Amerika Serikat. Bersama Brasil, dua negara itu juga menjadi negara dengan pertumbuhan total downloads tertinggi.
Di Q3 2022, tiga kategori dengan jumlah downloads paling banyak di iOS mencakup Games, Utilities, dan Entertainment. Sementara tiga kategori yang mendapatkan pertumbuhan downloads paling banyak adalah Games, Utilities, dan Education.
Total Belanja Pengguna Mobile di Q3 2022
Untuk masalah jumlah downloads, Android memang lebih unggul dari iOS. Namun, jika Anda menggunakan total belanja konsumen sebagai tolok ukur, iOS masih lebih unggul dari Android. Pada Q3 2022, total consumer spending dari iOS mencapai US$21 miliar, turun 3% dari tahun lalu. Sementara itu, total belanja pengguna Android turun 5%, menjadi US$11,4 miliar.
Selama ini, pengguna iOS memang selalu memberikan kontribusi yang lebih besar pada total pemasukan aplikasi mobile. Di Q3 2022, persentase kontribusi pengguna iOS pada total belanja pengguna mobile mencapai 65%. Sementara kontribusi pengguna iOS pada total belanja konsumen di aplikasi non-gaming bahkan lebih besar, mencapai 71%.
Menurut data.ai, hal ini terjadi karena banyak aplikasi media, podcast, dan berbagai aplikasi non-gaming lain yang menggunakan model bisnis langganan.
Di kalangan pengguna Android, tiga negara yang memberikan kontribusi terbesar pada total belanja konsumen adalah Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan. Namun, pertumbuhan consumer spending paling besar terjadi di Amerika Serikat, Prancis, dan Vietnam.
Tiga kategori yang mendapatkan pemasukan paling besar adalah Games, Entertainment, dan Social. Sementara tiga kategori yang memiliki pertumbuhan pemasukan paling besar adalah Entertainment, Productivity, dan Books & Reference.
Total Belanja Gamers di Q3 2022
Data.ai memperkirakan, nilai industri game di 2022 akan menembus US$222 miliar. Dan 60% dari total pemasukan itu akan datang dari mobile game. Di Q3 2022, gamers menghabiskan lebih dari US$1,54 miliar per minggu. Setiap minggu, gamers juga mengunduh lebih dari 1,1 miliar games.
Jika dibandingkan dengan tahun lalu, baik total downloads maupun total belanja gamers memang mengalami penurunan. Meskipun begitu, angka tersebut tetap 25% lebih tinggi dari Q3 2019, ketika pandemi belum merebak.
Di Q3 2022, total downloads di Google Play mencapai 30 miliar downloads. Hampir setengah dari total downloads itu berasal dari game. Sementara di iOS, game menyumbangkan sekitar seperempat dari total downloads sepanjang Q3 2022.
Dari segi consumer spending, game memberikan kontribusi sekitar dua per tiga dari total belanja konsumen untuk Android, yang bernilai US$11,4 miliar. Di iOS, konstribusi game mencapai setengah dari total pemasukan App Store, yang mencapai US$21 miliar.
Di kalangan pengguna Android, India dan Brasil merupakan dua negara dengan jumlah downloads terbesar. Namun, tiga negara dengan pertumbuhan jumlah downloads paling besar adalah Irak, Vietnam, dan Bangladesh.
Dari segi pemasukan, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan menjadi tiga negara yang memberikan kontribusi terbesar untuk platform Android. Tapi, daftar tiga negara dengan pertumbuhan pemasukan terbesar diisi oleh Prancis, Vietnam, dan Italia.
Untuk iOS, Amerika Serikat dan Tiongkok memberikan kontribusi terbesar dari segi downloads. Sementara tiga negara yang mengalami pertumbuhan jumlah downloads terbesar adalah Tiongkok, Vietnam, dan Prancis. Untuk masalah total belanja, gamers di Amerika Serikat dan Jepang menjadi kontributor terbesar dari total belanja di platform iOS.
Sumber header: Pexels