Dark
Light

Priority Inbox dari Gmail, Fitur Untuk Mengatur Email

1 min read
August 31, 2010

Google meluncurkan fitur baru untuk layanan Gmail mereka, yaitu Priority Inbox. Layanan ini akan memudahkan pengguna untuk menentukan email mana yang harus dibaca terlebih dahulu dan mana email yang bisa dilihat dilain waktu.

Fitur yang masih dalam versi beta ini secara otomatis akan melakukan identifikasi atas email penting yang terkirim di inbox Anda dan memisahkannya dari email lainnya, sehingga bisa membuat pengguna fokus pada email yang benar-benar penting dan perlu Anda baca secepatnya.

Priority Inbox, seperti yang dijelaskan Google akan mulai bisa digunakan oleh publik dalam beberapa hari ini sampai minggu depan, jadi jangan lewatkan notifikasi fitur baru yang biasanya akan muncul di bagian atas akun Gmail Anda, atau pop-up kotak notifikasi fitur baru, yang biasanya muncul ketika Anda log masuk ke akun Gmail Anda.

Seperti yang dituliskan TheNextWeb, nantinya fitur ini akan memecah inbox Anda menjadi 3 bagian. Bagian pertama akan terdapat kelompok pesan penting dan belum terbaca, bagian kedua adalah kelompok untuk pesan yang mungkin penting namun Anda tidak akan membacanya sekarang, dan yang ketiga adalah bagian dimana email ‘lainnya’ berada, yang bisa Anda baca ketika waktu Anda benar-benar kosong atau email yang mungkin penting tetapi terlewat untuk Anda baca.

Priority Inbox bekerja dengan teknologi yang sama yang digunakan oleh Google untuk melakukan filter atas spam dan membawa proses filterisasi ini ke tahap selanjutnya dengan memprediksikan email yang penting untuk dibaca terlebih dahulu, dengan penentuan mana email yang penting dan yang kurang penting berdasarkan perilaku penggunaan email masing-masing pengguna.

Pengguna bisa melakukan klik pada tombol + atau – yang akan berada di bagian atas inbox untuk memberi tanda apakah email tersebut penting atau kurang penting, pengguna juga bisa melakukan pengaturan ulang atas sistem filter ini atau melakukan kustomisasi atas pembagian 3 area inbox, seperti yang dijelaskan diatas.

Anda penguna Gmail yang memiliki inbox dengan jumlah yang ‘sangat berlebihan’ dan terus bertambah? Mungkin fitur ini akan sangat berguna bagi Anda, sambil menunggu beberapa hari kedepan untuk mencoba fitur ini, berikut video penjelasan singkat dari Google atas fitur Priority Inbox.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Diaspora Luncurkan Open Source Bulan Depan

Next Story

GantiBaju.com: Siap-siap Dengan Tampilan dan Fitur Baru

Latest from Blog

Don't Miss

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

5 Pembaruan untuk Gemini yang Diumumkan di Google I/O 2024

Tak hanya bertambah cerdas, Gemini juga semakin fleksibel dalam memenuhi

Google Cloud Skills Boost: Pelatihan Online untuk Berkarir di Industri Teknologi

Pengguna Google Cloud Skills Boost bisa akses beragam course dan