29 September 2022

by Galih

PlayStation Stars, Program Royalti Baru untuk Para Pemain PlayStation

Para pemain PlayStation kini bisa mengumpulkan poin untuk ditukarkan hadiah

Sony dan PlayStation baru saja mengumumkan berita gembira untuk para pemainnya. Karena para pemain kini dapat mengikuti program loyalti pemain yang akan diberi nama PlayStation Stars.

Program ini memungkinkan pemain untuk mendapatkan hadiah dengan menyelesaikan tugas tertentu. Kabar baiknya, program ini dapat diikuti oleh siapa saja selama mereka memiliki akun PlayStation Network dan menyetujui Syarat layanannya.

Selain itu, Asia akan menjadi region pertama yang akan mendapatkan akses terhadap program ini. Para pemain PlayStaton nantinya dapat mulai mengakes PlayStation Star mulai 29 September.

Sedangkan region lain harus menunggu lebih lama, seperti Amerika Utara dan Amerika Selatan yang baru kedatangan PlayStation Star pada 5 Oktober. Terakhir Eropa dan Australia baru dapat mengaksesnya pada 13 Oktober mendatang.

Image Credit: PlayStation

Teknisnya, pemain harus masuk ke aplikasi mobile PlayStation maupun lewat situs playstation.com menggunakan akun PSN mereka. Setelahnya pemain akan menemukan beberapa tugas dan misi yang dapat diselesaikan untuk mendapat hadiah.

Sony menyebutkan bahwa mereka akan memiliki berbagai macam tugas dan aktivitas dalam PlayStation Stars ini. Jenis tugasnya pun beragam, mulai dari yang sederhana seperti "Monthly Check-In" yang hanya meminta pemain untuk bermain game apapun.

Namun ada juga tugas yang lebih sulit seperti mendapatkan tropi spesifik tertentu, atau bahkan menjadi pemain pertama yang mendapatkan platinum untuk judul tertentu. Tugas-tugas inipun akan terus diperbarui, sehingga pemain diminta untuk rutin mengecek PlayStation App.

Mengenai hadiah yang bisa didapat, Sony menjelaskan ada dua tipe hadiah nantinya. Yang pertama adalah Loyalty Points, poin ini dapat dikumpulkan dan nantinya ditukarkan ke berbagai item digital seperti PSN wallet hingga beberapa produk PlayStation Store.

Sedangkan hadiah kedua adalah Digital Collectibles yang akan memberi pemain berbagai macam figur dan item digital yang berhubungan dengan konsol dan karakter dari game-game milik PlayStation yang bisa ditampilkan di profile PSN pemain.

Para pelanggan PlayStation Plus yang mengikuti program PlayStation Star ini juga akan mendapatkan benefit khusus berupa poin yang didapatkan setiap pemain berbelanja di PlayStation Store.

Sayangnya, fitur ini malah belum tersedia secara langsung di konsol PlayStation 5 maupun PlayStation 4. Namun Sony mengatakan bahwa mereka sudah berencana untuk memasukkan PlayStation Stars ini ke dalam perangkat konsolnya di masa depan.