Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Platform Turnamen Matematika Online, 99math Dapat Kucuran Dana

31 January 2020Ellavie Ichlasa Amalia

Menjadikan pembelajaran matematika layaknya game diharapkan bisa mendorong ketertarikan siswa

Selama ini, matematika adalah momok bagi para pelajar di Indonesia. Namun, tampaknya, ketakutan akan matematika tidak hanya berlaku di Indonesia saja, tapi juga di belahan dunia. Timo Timmi, pemuda berumur 19 tahun asal Estonia percaya, salah satu alasan mengapa murid enggan untuk belajar matematika adalah cara mengajar yang membosankan. Karena itulah, dia membentuk startup 99math, yang membuat platform bernama Math Game Days.

Melalui platform Math Game Days, para murid SD kelas 1 sampai 6 dapat ikut serta dalam turnamen matematika online yang bisa diikuti oleh semua siswa di dunia. Uniknya, sama seperti pertandingan esports, turnamen ini juga dapat ditonton secara live. Untuk dapat ikut serta dalam turnamen matematika ini, seorang murid hanya memerlukan smartphone atau tablet dan jaringan internet. Rendahnya entry barrier ini diharapkan memudahkan murid-murid untuk ikut serta dalam Math Game Days.

“Matematika adalah salah satu hal paling penting yang kita pelajari di sekolah, tapi nilai matematika di semua negara di dunia mengalami penurunan,” kata Timmi, seperti dikutip dari EU Startups. “Saya percaya, itu terjadi karena model pengajaran di sekolah tidak menarik bagi generasi Z. Jika matematika sama menariknya seperti bermain game, generasi berikutnya akan dapat memiliki kemampuan berpikir yang sangat kritis. Pada akhirnya, akan ada lebih banyak anak yang menjadi teknisi, ilmuwan, dan astronaut.”

Situs 99math.
Situs 99math.

Startup 99math kini telah diikuti oleh 30 ribu siswa SD dari berbagai negara. Mereka mengumumkan bahwa mereka telah mendapatkan investasi sebesar €454 ribu (sekitar Rp6,9 miliar). Dana ini akan digunakan untuk menumbuhkan platform mereka. Pengumpulan dana tersebut dipimpin oleh Change Ventures serta didukung oleh Good Deed Education Fund dan Martin Villig, Co-founder dari startup unicorn asal Estonia, Bolt.

“Murid Estonia kini memiliki hasil ujian dan pengertian akan matematika terbaik di dunia,” kata Villig. “Saya rasa, kunci di balik hal ini adalah cara pengajaran matematika. Saya senang mendengar telah ada banyak murid yang bergabung dengan platform buatan 99math dan kembali tertarik dengan matematika.”

Sementara itu, Yrjö Ojasaar, Investment Partner, Change Ventures berkata, “99math menunjukkan bahwa kompetisi matematika online antar sekolah, murid, dan liga menarik puluhan ribu siswa di dunia untuk mengasah kemampuan matematika mereka. Kami ingin membantu tim 99math untuk berkembang dan mengubah pandangan anak-anak tentang matematika.”