Yahoo! nampaknya tak kapok-kapoknya bereksperimen dengan produk-produknya. Setelah menutup platform sosial Yahoo! 360 yang berisi profil ala Friendster dan blog, kali ini Yahoo! meluncurkan platform blog tersendiri. Untuk Indonesia sendiri platform ini belum resmi diluncurkan, tapi dengan bersifat open beta Anda dapat mendaftar dengan akun Yahoo! Anda, ataupun menggunakan akun Google dan Facebook, untuk dapat menggunakan platform ini. Di sejumlah negara lain, seperti Korea, layanan ini nampaknya sudah tersedia sejak tahun 2010 yang lalu.
Sekilas fitur yang ditawarkan oleh Yahoo! Blog juga dimiliki oleh WordPress.com ataupun Blogspot. Haswar Hafid dari Yahoo! Indonesia menjelaskan bahwa Yahoo! blog ini memiliki fitur dasar untuk mengkustomisasi layout, mengunggah atau mentautkan foto dan video, serta memiliki editor rich-text dan HTML. Perbedaan unik Yahoo! Blog terhadap platform blog yang lain adalah:
- Widget untuk men-track performa blog di dashboard. Anda dapat mengecek pageviews, komentar, dan aktivitas dasar di blog
- Mengatur halaman untuk membuat halaman depan atau membuat halaman khusus bagi foto saja misalnya
- Membolehkan kita mengatur sendiri lisensi dari konten
Tersedia pula pilihan tema dan pilihan berapa kolom yang ditampilkan oleh Anda. Di antara kesemuanya, memang sesuatu yang agak “beda” adalah pilihan untuk melisensi pilihan kita sendiri. Ada enam pilihan lisensi di luar “All right reserved”, yaitu Attribution Creative Commons, Attribution-ShareAlike Creative Commons, Attribution-NoDerivs Creative Commons, Attribution-NonCommercial Creative Commons, Attribution-NonCommercial Creative Commons, Attribution-NonCommercial-ShareAlike Creative Commons, dan Attribution-NonCommercial-NonDerivs Creative Commons. Saya pribadi tidak mengerti banyak soal lisensi seperti ini. Silakan membaca penjelasannya lebih lanjut tentang masing-masing lisensi di situs Creative Commons.
Untuk vanilla URL sendiri Anda bisa mendapatkan URL yang Anda diinginkan jika masih ada, walaupun secara default akan diberikan alamat dengan “karakter aneh” terlebih dahulu. Contoh misalnya untuk saya pribadi, bisa memilih alamat URL http://blog.yahoo.com/amir.karimuddin. Hanya saja untuk tiap-tiap artikel, nampaknya belum dapat mengimplementasikan suatu permalink yang lebih bersahabat, misalnya dengan penomoran sederhana atau lebih baik lagi tautan berdasarkan judul tulisan, seperti yang bisa diedit di platform WordPress atau Tumblr.
Bagaimana prediksinya? Di pasar yang sudah didominasi oleh Blogspot, WordPress.com, Posterous, dan Tumblr, saya kira platform blog yang ditawarkan oleh Yahoo! tidak memiliki kelebihan, bagi dari sisi desain, cara pengaksesannya (misalnya mudah dikirim via email atau aplikasi) maupun kemudahan penggunanya. Hal ini diamini oleh kekurangantusiasan pengguna layanan ini, meskipun saya belum memiliki data pastinya. Menjadi pertanyaan jika Yahoo! masih mencoba membuat eksperimen produk yang lain di saat banyak layanan di bawah kelolaan Yahoo! yang masih gonjang-ganjing. Apa yang Yahoo! harapkan dari produk ini?
satu yg menarik adalah lisensi konten. afaik, sudah diterapkan di yahoo! flickr sebelumnya.
btw, sedikit meralat, WordPress yg disebut di atas hrsnya adalah WordPress.com, dan bukan WordPress (open source) — yg nyaris tanpa limitasi fitur 😉
Lho.. rasanya aku pernah mendengar nama Amir Karimuddin dan Haswar Hafid
betul maksudnya me-refer ke WordPress.com, terima kasih mas 🙂
lah? yahoo pulse nya gimana? (yang hasil migrasi dari yahoo 360)
kalau Yahoo! Pulse lebih seperti Facebook ketimbang Blog
sekarang udah banyal platform blog, kalau gak ada kelebihah, siap deh dicuekin