22 June 2022

by Glenn Kaonang

Seriusi Ranah NFT, Uniswap Akuisisi Agregator Marketplace NFT Genie

Ke depannya, pengguna Uniswap tak hanya bisa menukar berbagai token ERC-20, melainkan juga jual-beli NFT dari banyak marketplace sekaligus

Di tengah lesunya pasar crypto dan NFT, persaingan bisnis antara marketplace NFT rupanya masih terus memanas. Yang terbaru, salah satu pemain lama di dunia decentralized exchange (DEX), Uniswap, mengumumkan rencananya untuk masuk ke ranah marketplace NFT. Untuk mewujudkannya, Uniswap pun mengakuisisi platform agregasi marketplace NFT Genie.

Dalam komunitas NFT, Genie kerap digunakan sebagai tempat untuk menemukan dan memperdagangkan NFT antar beberapa platform. Menggunakan Genie, kita bisa membeli beberapa NFT sekaligus dalam satu transaksi, termasuk yang tercantum di beberapa marketplace yang berbeda.

Kemudahan-kemudahan yang Genie tawarkan ini inantinya akan Uniswap integrasikan secara penuh ke platformnya. Uniswap selama ini dikenal sebagai tempat untuk menukar berbagai token ERC-20, dan ke depannya pengguna juga bakal bisa memakai layanan Uniswap untuk jual-beli NFT di banyak marketplace NFT.

Rencananya, Uniswap akan mulai menghadirkan NFT pada musim gugur, dengan satu tab baru di situs utamanya yang disiapkan secara spesifik untuk semua kegiatan yang menyangkut NFT. Lebih lanjut, Uniswap juga akan mengintegrasikan NFT ke API dan widget-nya dengan tujuan untuk menarik minat pengguna sekaligus kalangan developer Web3.

Genie bukan satu-satunya agregator marketplace NFT yang eksis di dunia Web3. April lalu, OpenSea mengumumkan akuisisinya terhadap Gem, platform yang juga bergerak di bidang agregasi marketplace NFT. Seperti halnya Uniswap, OpenSea juga punya niatan untuk mengintegrasikan fitur agregasi NFT ini ke platformnya sendiri.

Untuk merayakan akuisisinya atas Genie, Uniswap berencana menghadiahi para pendukung Genie dengan stablecoin USDC. Hadiah ini akan dibagikan ke mereka yang pernah menggunakan Genie lebih dari satu kali hingga 15 April kemarin, serta para pemilik Genie Genesis NFT. Uniswap turut memastikan bahwa platform Genie masih bisa dipakai seterusnya sampai Uniswap meluncurkan layanan NFT-nya.

Sumber: Decrypt dan Uniswap.