Seperti yang dituliskan pada artikel DailySocial sebelumnya, bahwa Plasa.com sedang mempersiapkan strategi untuk melakukan kerjasama dalam upaya meningkatkan peran mereka bagi para penjual di Indonesia, maka hari ini strategi itu telah diumumkan secara resmi.
Plasa.com akan melakukan kerjasama dengan eBay untuk memberdayakan bisnis dari Indonesia dengan memberikan fasilitas bagi para penjual asal Indonesia untuk menjual barang mereka dengan pangsa pasar international melalui eBay. Anda bisa melihat berbagai informasi tentang kerjasama ini pada tautan berikut.
Saya sendiri masih mempelajari apa saja fasilitas yang ada dari kerjasama ini, namun dari penjelasan di situs tersebut, kerjasama yang dilakukan oleh Plasa.com dan eBay adalah pembuatan portal informasi co-branded antara Plasa dan eBay dimana didalamnya ada program eBay untuk bisnis, namun intinya Plasa.com mengajak para penjual dari Indonesia untuk mengembangkan usaha mereka secara internasional, tentunya dengan bantuan eBay. Salah satu fasilitas kerjasama ini adalah pembuatan portal khusus untuk memberikan kesempatan bagi para pelaku bisnis Indonesia untuk mempelajari tentang cara berartisipasi dalam perdagangan internasional melalui sistus eBay.
Sedangkan program eBay untuk bisnis merupakan skema eksklusif bagi perusahan dari Asia Tenggara yang merasa tertarik untuk mengunakan eBay sebagai sarana untuk menjual barang ke pasar internasional, seperti Amerika Serikat, Inggris, Australia, Jerman, dan Perancis.
Namun bisnis atau produk Anda harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu, akan disediakan form untuk pengajuan produk (bukan dari Plasa tetapi dari eBay), nantinya produk yang disetujui atau memenuhi syarat akan menerima asisten sebagai fasilitas bantuan dan dukungan gratis dari program ini. Para penjual akan mendapatkan layanan untuk memulai bisnis dengan mendapatkan fasilitas eBay dan PayPal, akan mendapatkan konsultasi untuk analisis bisnis serta rekomendasi perluasan bisnis, serta membuka dan menjalankan toko eBay mereka.
Halaman kerjasama Plasa – eBay ini juga mencantumkan beberapa kisah sukses yang berbagai penjual dengan produk yang berbeda untuk memberikan gambaran bagi mereka yang tertarik untuk mengajukan produk mereka dalam program kerjasama Plasa – eBay ini. Selain itu pada halaman utama Plasa.com juga muncul banner yang menjelaskan tentang kerjasama Plasa.com dan eBay ini, dengan juga mempromosikan tautan resmi untuk kerjasama ini www.plasa.com/ebay.
Sebenarnya sangat menarik untuk melihat perkembangan Plasa.com ini, eBay adalah salah situs pusat belanja yang sangat populer, terutama untuk pangsa pasar international, dan sangat menarik untuk melihat tanggapan pasar terutama para penjual dengan kerjasama ini, namun saya pikir kerjasama ini juga masih menyimpan banyak persolan, terutama tentang edukasi dari para penjual itu sendiri.
Beberapa kendala yang siap menghadang adalah, sistem pembayaran serta pengiriman barang, belum lagi tingkat kecerdasan para penjual online di Indonesia yang, saya pikir sebagian besar masih dalam taraf belajar, jadi edukasi para penjual di sini juga menjadi faktor yang sangat penting, dan tentu saja persoalan tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk menjual di eBay ini. Dari situs Plasa.com dijelaskan bahwa mendaftar ke akun eBay itu gratis (sepertinya sebagian besar pengguna sudah tahu akan hal ini) dan penjual hanya akan membayar bila produk Anda terdaftar dan terjual.
Kalau sistemnya seperti ini, sepertinya tidak ada keuntungan lebih dari apa yang ditawarkan Plasa.com, sistem sepertinya mengikuti apa yang telah di jalankan eBay. Kerjasama Plasa.com dan eBay tidak lebih dari penempatan tautan, pembuatan portal informasi co-branded serta penempatan banner eBay di situs Plasa.com saja, yang berarti, seperti yang dibilang Rama di tweet-nya, hanya berupa kerjasama promosi, atau ini hanya kerjasama awal sebelum kerjasama lain yang lebih ‘menggigit’?
Namun, produk dari Indonesia sendiri memang memiliki peluang yang besar untuk pasar international, tidak semua jenis produk memang, tetapi produk seperti kerajinan tangan lokal punya desain serta kualitas yang cukup baik. Kini kita tinggal melihat bagaimana usaha Plasa.com untuk menggaet, mengedukasi para penjual dari Indonesia, dan tentunya melihat tanggapan pasar.
Sepertinya kita bisa mengesampingkan sebentar kritik atas desain dari situs Plasa.com, dan mengomentari kerjasama ini, bagaimana pendapat Anda, apakah kerjasama Plasa dengan eBay ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi pertumbuhan Plasa.com, dan bagaimana menurut Anda pasar akan menanggapi kerjasama ini?
Semoga semakin sukses untuk plasa.com dengan bekerjasama dengan ebay
Langkah marketing yang bagus untuk eBay menurut pendapat pribadi saya. Seperti Rama bilang si tweetnya, mereka bisa gunakan organisasi yang sudah sangat familiar dengan kondisi pasar untuk mengenal dan memperkenalkan eBay di Indonesia.
Keuntungan untuk Plasa.com? Kemungkinan akuisisi di masa depan? Tapi ada juga resiko dimana kerjasama ini tidak cukup signifikan untuk eBay melakukan investasi lebih jauh di Indonesia.
Good luck Plasa -eBay!
Thanks atas ulasan artikelnya.
Dari studi pasar, barang-barang Indonesia ternyata sangat laku dengan mereka yang sedikitnya pernah mengenal Indonesia, sehingga Australia, Asia Tenggara dan Timur Tengah sudah menjadi pembeli barang-barang Indonesia. Pasar Amerika dan Kanada masih belum menunjukkan adopsi pasar yang signifikan yang bisa jadi dikarenakan biaya pengiriman dari Indonesia menjadi cukup mahal.
Kerjasama melakukan rekrutmen seller ini tidak menjadi masalah apakah calon seller mendaftar melalui Plasa.com ataupun langsung ke eBay karena pada dasarnya bukan proses pendaftaran yang terpenting, tetapi adalah support kepada seller. Menjual di Internet bukanlah sekedar mendaftar di situs, tetapi menjalankan bisnis dan mempromosikannya. Ini yang menjadi ruang lingkup kerjasama eBay dan Plasa. Seluruh data seller yang masuk dari Indonesia akan kita proses bersama di mana calon seller akan mendapat kesempatan training dan konsultasi terlepas mendaftar langsung ke eBay ataupun melalui situs Plasa.com.
Kerjasama dengan eBay adalah mendorong pertumbuhan para seller sebagai prioritas. Sedangkan untuk pengembangan pasar ecommerce Indonesia tentu berbeda strateginya, di mana kita bekerja sama dengan Telkom dan Telkomsel untuk menyasar pelanggan utama mereka.
Sedikit penjelasan ini semoga memberikan gambaran yang lebih baik.
Andi S. Boediman
Chief Innovation Officer
Plasa.com