Dark
Light

‘Overview Tab’ Fitur Baru Yahoo! Search

1 min read
October 7, 2010

Yahoo! secara resmi mengumumkan perubahan pertama dari seri pembaruan dari layanan pencarian mereka. Setelah memberikan cuplikan atas tampilan serta fitur baru mesin pencari mereka bulan yang lalu, kini para pengguna telah bisa menikmati tampilan serta berbagai fitur baru yang tersedia di Yahoo! Search.

Yang paling mencolok adalah kotak yang akan muncul pada bagian atas halaman hasil pencarian yang berfungsi sebagai jalur pintas atau ‘overview tab’ yang akan menampilkan hasil pencarian dari kata kunci yang diketikkan pengguna dalam tampilan tab dengan posisi vertikal.

Dalam kotak ini akan berisi beberapa keterangan yang ditampilan dalam bentuk tab tentang kata kunci dari hasil pencarian, misanya untuk hasil pencarian atas kata kunci Wall Street Money Never Sleeps, maka kotak ‘overview‘ ini akan menampilkan 4 tab vertikal termasuk video serta hasil pencarian dari Twitter. Didalam masing-masing tab terdapat juga tautan lain yang menyebutkan kata kunci tersebut, misalnya untuk kata kunci yang sama, pada tab hasil pencarian Twitter akan muncul 3 kelompok tweet, yaitu Official Tweets, Hollywood Insiders, serta Everyone.

Selain perubahan tampilan serta penambahan fitur ini, Yahoo! juga melakukan perbaikan untuk pencarian situs pada perangkat iPhone dan Android, dengan fitur yang lebih kaya, pengaturan hasil pencarian yang lebih baik berdasarkan tekonologi HTML5.

Penambahan baru lainnya yaitu fitur Trending Now, yang menampilkan 10 berita paling populer telah ditempatkan pada halaman awal Yahoo.com dan ter-update secara rutin setiap harinya. Yahoo! juga menambahkan fitur ‘overview slideshow’ pada layanan pencarian gambar mereka. Misalnya, pengguna kini bisa melihat tampilan slideshow dari album Facebook relasi Anda (yang termasuk dalam kategori foto publik) setelah Anda mengkoneksikan akun Facebook Anda dengan akun Yahoo!, fitur slideshow ini juga akan menampilkan hasil gambar publik yang didapatkan dari konten situs milik Yahoo! dan situs Flickr.

Mesin pencari masih menjadi salah satu produk dimana tingkat persaingan tetap ketat, Yahoo! yang kini mesin pencarinya didukung oleh teknologi Microsoft harus terus bersaing dengan, misalnya Google, yang setelah meluncurkan Google Instant, kini dikabarkan sedang menguji fitur full page preview.

Dari sisi pengguna, meski kotak ‘overview’ dari Yahoo! Search ini mengambil porsi yang cukup besar dari halaman hasil pencarian, tetapi dengan fungsinya sebagai jalur pintas akan membantu para pengguna untuk mempersingkat atau mendapatkan alternatif hasil pencarian dari mesin pencari Yahoo!, selain itu untuk urusan elemen hiburan, penambahan slide vertikal ini sepertinya cukup menarik bagi para pengguna yang tidak hanya menggunakan mesin pencari untuk fungsi dasar saja tetapi menginginkan unsur hiburan ditambahkan disana.

Sepertinya fitur ini belum secara menyeluruh bisa digunakan oleh pengguna umum, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba bisa melihat penjelasan pada video dibawah ini atau masuk ke tautan berikut. Setelah itu, Anda bisa memberikan komentar tentang fitur dan tampilan baru Yahoo! Search ini atau menceritakan pengalaman Anda dalam menggunakannya.

Wiku Baskoro

Penggemar streetphotography, penikmat gadget, platform agnostic gamers, build Hybrid.co.id to make impact.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Plasa.com Lakukan Kerjasama Dengan eBay

Next Story

Diperpanjang! Batas Waktu Pendaftaran mYprize Global Developer Challenge

Latest from Blog

Don't Miss

Neeva AI

Neeva, Search Engine Berbasis AI Bikinan Eks Google, Tutup Layanan

Membangun search engine itu bukan perkara mudah, apalagi jika harus
Google Search AI

Upgrade Google Search yang Membawa Integrasi AI Dikabarkan Meluncur Bulan Depan

Google terus berusaha mengejar ketertinggalannya dari Microsoft dalam hal mengintegrasikan