Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

Tim Esports Mulai Kerja Sama dengan Perusahaan Media Analitik

16 August 2019Ellavie Ichlasa Amalia

Gaet Zoomph, Pittsburgh Knights ingin kenali atlet, fans, dan sponsor dengan lebih baik

Generasi milenial dan generasi Z adalah konsumen yang sulit dijangkau. Mereka jarang menonton TV. Seolah itu tidak cukup buruk, mereka menggunakan pemblokir iklan ketika menjelajah internet.

Salah satu cara untuk menjangkau generasi milenial dan generasi Z adalah melalui esports. Karena itulah, semakin banyak merek non-endemik yang menjadi sponsor turnamen atau tim profesional. Misalnya, Honda yang menjadi sponsor dari League of Legends Championship Series (LCS) setelah menyatakan dukungannya untuk Team Liquid pada Januari lalu.

Ke depan, tampaknya akan semakin banyak merek non-endemik yang mendukung perkembangan esports sebagai ekosistem. Menurut Nielsen, nilai sponsorship dari merek non-endemik naik 13 persen pada tahun ini jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Untuk mendapatkan insight tentang para sponsornya, Pittsburgh Knights menjalin kerja sama dengan perusahaan media analitik Zoomph. Layanan dari Zoomp memungkinkan Knights untuk tahu penempatan logo sponsor di foto dan video mereka. Tidak hanya itu, mereka bahkan akan bisa melakukan ini saat mereka tengah melakukan siaran langsung.

Menurut CrunchBase, Pittsburgh Knights didirikan pada 2017. Sama seperti kebanyakan tim profesional esports lainnya, tujuan mereka adalah untuk bisa bertanding di kelas internasional. Namun, mereka juga ingin dapat dekat dengan komunitas lokal mereka.

“Kerja sama ini akan membantu semua aspek bisnis kami — secara internal, ini akan membantu tim kami untuk menjawab berbagai pertanyaan dan menjadi lebih proaktif dalam mengantisipasi apa yang fans kami inginkan,” kata President of Pittsburgh Knights, James O’Connor, seperti dikutip dari Esports Insider.

“Untuk rekan perusahaan kami, kami akan dapat menggunakan kecerdasan buatan yang digabungkan dengan media digital modern sehingga kami bisa membawa merek mereka melalui digital transformasi,” ujarnya. Dia juga mengaku senang karena industri esports tak lagi dipandang sebelah mata.

Kerja sama antara Pittsburgh Knights dan Zoomph adalah simbiosis mutualisme. Memang, layanan Zoomph akan membantu Knights untuk memahami sponsor dan fans-nya dengan lebih baik. Di sisi lain, Knights memungkinkan Zoomph untuk menyediakan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan di industri esports. Karena, melalui kerja sama ini, Zoomph bisa meminta masukan langsung dari Knights tentang produk yang mereka buat. Dan belakangan, solusi analitik data memang mulai banyak diminati oleh tim esports.

“Para pelanggan meminta kami untuk menyediakan layanan kami ke esports dan sekarang, dengan kerja sama kami dengan Pittsburgh Knights, pelanggan esports kami akan bisa menggunakan platform Zoomph untuk menghitung biaya sponsorship, prospek kantor, dan valuasi tim,” kata Chief Revenue Officer, Zoomph, Mike Pycha, seperti yang disebutkan oleh Yahoo Finance.

Di tengah booming-nya esports, jumlah tim esports masih terus bertambah dan begitu juga dengan merek endemik serta non-endemik yang ingin masuk ke industri esports. Keputusan Pittsburgh untuk bekerja sama dengan Zoomph menarik karena kerja sama ini bisa membantu mereka untuk dapat menawarkan informasi yang lebih akurat tentang keuntungan yang didapatkan oleh sponsor.

Sumber: Yahoo Finance, Esports Insider

Play video

16 June 2021

HY ESPORTS - ESPORT TIDAK MENGENAL DAERAH

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV