Esports Ecosystem
for SEO
Esports Ecosystem

AMD: Kekurangan Persediaan Chip Untuk CPU dan GPU Akan Berlangsung Sampai 2022

12 July 2021Sean Edbert

Kekurangan persediaan chip ini diungkapkan langsung oleh CEO dari AMD, Dr. Lisa Su.

Kurangnya persediaan GPU maupun CPU memang menjadi permasalahan bagi para PC builder akhir-akhir ini. Tentu saja, hal ini terjadi karena permintaan pasar yang terlalu tinggi. NVIDIA beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa kelangkaan GPU akan terjadi sepanjang tahun 2021 dan ternyata, AMD menyusul pernyataan dari tim hijau.

Menurut AMD, persediaan chip akan mulai terlihat jauh lebih baik saat memasuki tahun 2022. Tetapi untuk saat ini, persediaan chip akan terus meningkat tiap kuartal. Sekadar informasi, chip atau lebih tepatnya silicon chip merupakan salah satu bahan utama untuk membuat GPU, CPU, serta banyak perangkat lainnya.

Dr.Lisa Su, CEO dari AMD (Image Credit: AMD)

“Untuk tahun ini, itu (persediaan chip) akan terus cukup ketat. Memasuki 2022, menurut saya itu akan sedikit bergantung pada dinamika keseluruhan pasar. Tapi, kami pastinya membawa kapastias lebih banyak tiap kuartal, jadi Anda pasti akan melihat lebih banyak output tiap kuartal.” Ujar Dr. Lisa Su, CEO dari AMD, dikutip dari wawancara yang dilakukan oleh Barron’s.

Artinya, kita bisa melihat persediaan dan harga GPU maupun CPU besutan AMD kembali normal pada tahun 2022. Belum lama ini, AMD juga merilis CPU baru Ryzen 5000-series serta GPU Radeon RX 6000-series. Untuk persediaan dan harga dari Ryzen 5000-series masih di batas normal.

Image Credit: AMD

Tetapi, tampaknya AMD kesulitan untuk memenuhi permintaan konsumen yang ingin menggarap GPU terbaru mereka, RX 6000-series. Hal ini menyebabkan melambungnya harga GPU hingga berkali-kali lipat di atas harga yang disarankan produsen (MSRP). Dr. Lisa Su juga mengatakan “yang terjadi selama 12 bulan terakhir adalah permintaan pasar telah jauh melebihi ekspektasi agresif kami.” Kabar baiknya, harga GPU menurun drastis di beberapa negara seperti Tiongkok dan Jerman.

Beberapa waktu lalu, AMD juga menyatakan akan mendorong produksi GPU mereka. Sayangnya, hal itu kemungkinan akan sulit terealisasi melihat pernyataan terbaru mereka.

Baru-baru ini, AMD meluncurkan Radeon RX 6900XT dengan sistem pendingin air. Sayangnya, GPU ini tidak dijual bebas, melainkan hanya dijual kepada produsen-produsen PC built-up. 

AMD juga belum lama ini merilis teknologi penambah FPS mereka bernama FidelityFX Super Resolution. Teknologi ini telah dibuktikan performanya oleh sejumlah YouTuber. Anda bisa melihat bagaimana performa teknologi ini di sini.

Play video

20 August 2021

HY ESPORTS - KOMUNITAS CASTER PUBGM

HY Esports adalah acara baru di Hybrid.IDN yang akan menampilkan berbagai segmen dalam satu gelaran acara. Akan ada scrim, interview, give away yang ...

Others from #HybridTV