Perjalanan Desain Ikonik Smartphone OPPO Reno Selama Tiga Tahun

Sempat dirombak total pada Reno3 dan berubah kembali pada Reno7

OPPO pertama kali mengungkap smartphone Reno pada bulan April 2019 atau sudah lebih dari tiga tahun. Kiprahnya dimulai dari Reno dan Reno 10x Zoom yang hadir dengan desain ikonik berupa mekanisme kamera depan pop-up yang disebut Pivot Rising Camera.

Desain ini tidak hanya membuat kedua perangkat tersebut terlihat unik karena kamera depannya mirip sirip ikan hiu saat terbuka, tetapi sekaligus memberi kesan futuristik dengan rasio screen-to-body mencapai 93,1%. Namun desain tersebut hanya diwariskan sampai Reno2 dan varian lainnya Reno2 F sempat menggunakan desain Rising Camera khas perangkat F Series.

Perangkat Reno Didesain Ulang

Kehadiran perangkat Reno di Indonesia adalah untuk menggantikan perangkat F Series dan R Series. OPPO kemudian merombak ulang, baik dari segi desain, spesifikasi, dan posisi perangkat Reno agar lebih terjangkau pada Reno3 di tahun 2020.

Reno3 mengusung desain mainstream seperti kebanyakan smartphone di masanya. Tidak ada lagi mekanisme kamera pop-up dan beralih menggunakan notch waterdrop atau poni kecil bergaya tetesan air. Desain yang lebih simpel tersebut, dikemas dalam bodi berdimensi ringkas dengan ketebalan hanya 7,9 mm dan berat 170 gram yang nyaman digenggam satu tangan.

Desain tersebut ditingkatkan secara signifikan pada Reno4, di depan layar Reno4 tidak lagi ‘dinodai’ oleh notch, melainkan menggunakan punch hole yang terlihat jauh lebih premium. Balik ke punggungnya, OPPO pertama kali menerapkan teknik Reno Glow pada varian warna galactic blue yang menghadirkan motif gradasi dan tekstur matte.

Desain stylish yang dibalut dalam warna trendi tersebut kembali menjadi daya tarik tersendiri pada Reno5. Warna kekinian fantasy silver pada Reno5 menyuguhkan ribuan warna dengan efek visual berkilau bila dilihat dari sudut tertentu dan punya finishing matte yang ramah terhadap bekas sidik jari.

Di sini OPPO menerapkan proses Diamond Spectrum yang terdiri dari tiga lapisan berbeda dan masing-masing memiliki peran penting. Meliputi lapisan PICASUS film, tekstur lensa Fresnel, dan lapisan Indium Reflektif. Setelah menggunakan proses Diamond Spectrum sebagai dasarnya, Reno5 fantasy silver dipoles dengan sentuhan akhir Reno Glow.

Pada Reno6, OPPO meningkatkan lapisan Diamond Spectrum menjadi lima lapisan yang menghasilkan sekitar satu juta kombinasi warna dengan gradasi warna lebih kaya. Sangat jauh dibandingkan 10.000 warna yang dihasilkan oleh Reno5 dengan tiga lapisan. Selain itu, Reno6 hadir dengan warna baru aurora dan stellar black yang mana kali ini keduanya dikemas dengan Reno Glow dengan sentuhan akhir matte.

Desain Baru Reno7 & Reno7 Series 5G

Sekarang kita sampai pada pembahasan final. Penerus Reno6 hadir dalam tiga varian dalam dua grup yaitu Reno7 (4G) dan Reno7 Series 5G yang terdiri dari Reno7 Z 5G serta Reno7 5G.

Reno7 dijual dengan harga Rp5.199.000, perangkat ini memiliki desain retro dengan pinggiran ‘kotak’ dan dilengkapi Orbit Light pada kamera belakang. Yang menarik adalah warna sunset orange, bagian punggung Reno7 punya finishing fiberglass leather design.

Beralih ke Reno7 Series 5G, yang baru pada Reno7 Z 5G dan Reno7 5G adalah teknologi LDI atau Laser Direct Imaging. LDI merupakan sebuah teknik utama yang biasanya digunakan dalam fabrikasi semikonduktor untuk menghasilkan presisi tinggi, namun OPPO telah berhasil menjadi yang pertama menerapkannya pada smartphone.

Dijelaskan oleh OPPO bahwa LDI memberikan sebuah tantangan baru dalam menciptakan efek yang selaras dengan teknologi OPPO Glow. LDI pada Reno7 5G meniru jejak bintang di antariksa dan menciptakan pola gambar yang terdiri dari 1,2 juta raster mikro serta diproduksi dengan tingkat presisi sebesar 20 mikron. Pola ini kemudian ditransfer ke penampang belakang Reno7 5G.

Menariknya lagi, Reno7 Z 5G membawa fitur Dual Orbit Light. Ini adalah fitur yang membawa nostalgia breathing light yang diperkenalkan OPPO pada perangkat Find 7 di tahun 2013. Letaknya tersembunyi di bawah dua cincin dekorasi lensa dan dapat menyala ketika terdapat notifikasi. Tertarik? OPPO menjual Reno7 Z 5G seharga Rp5.999.000 dan Rp7.499.000 untuk Reno7 5G.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.