Dark
Light

Penonton MPL ID S8 Kalahkan Penonton LoL World Championship

2 mins read
October 28, 2021

Meski diwarnai oleh caci maki dan teriakan dari para pemain profesionalnya, MPL Indonesia kembali mencetak rekor dalam hal penonton. MPL Indonesia memang sudah jadi ajang kompetititf terpopuler di kawasan Asia Tenggara sejak beberapa tahun lalu namun kali ini MPL Indonesia bahkan berhasil mengalahkan World Championship 2021 dalam hal Peak Viewers.

Meski penting dicatat, World Championship 2021 belum selesai. Mengingat pertandingan di penghujung turnamen biasanya jadi yang paling populer, masih ada kesempatan untuk World Championship 2021 mengalahkan MPL ID S8. Terlepas dari itu, tetap saja cakupan MPL Indonesia hanyalah satu negara. Sedangkan World Championship 2021 adalah turnamen tingkat dunia.

Statistik Penonton MPL ID S8

MPL Indonesia S8 berjalan selama kurang lebih dua bulan, dari pertengahan Agustus sampai akhir Oktober kemarin. Selama turnamen, MPL ID S8 ditonton selama 76.945.678 jam (Hours Watched) dengan total Views 285.192.276 menurut data Pro Esports Charts. Peak Viewers dari MPL ID S8 juga mencapai angka 2.392.579 dengan Average Viewers 447.142.

Menariknya, Peak Viewers tadi tercapai bukan di partai final. Pertandingan Final Lower Bracket antara EVOS dan ONIC adalah pertandingan yang mengundah paling banyak penonton. Sedangkan partai Grand Final antara RRQ vs ONIC berada di posisi kedua dengan 2.387.810 Peak Viewers.

Credits: Esports Charts PRO Feature

Sedangkan dari sisi bahasa tayangan, bahasa Indonesia menjadi tayangan yang paling banyak ditonton dengan 2.342.973 penonton. Sedangkan tayangan berbahasa Inggris dan Malaysia berada di peringkat 2 dan 3.

Untuk platform tayangan, YouTube masih berada di peringkat pertama dan diikuti oleh Nimo TV kemudian Facebook.

Selain itu, jika di awal tahun ini RRQ yang menjadi tim paling populer, di musim ini mereka harus menyerahkan predikat tersebut ke rivalnya EVOS Esports. Pasalnya, di MPL ID S8, EVOS Esports adalah tim yang paling lama ditonton (Hours Watch) dengan 30,35 juta jam. Di posisi kedua ada ONIC Esports dan di posisi ketiga ada RRQ.

Credits: Esports Charts PRO Feature

Meski demikian, dalam hal Average Viewers, RRQ masih menempati posisi tertinggi dengan 710,42 ribu. Di posisi kedua ada EVOS dan ada ONIC di posisi ketiga.

Statistik Penonton World Championship 2021

Seperti yang saya tuliskan tadi, MPL ID S8 berhasil mengalahkan Peak Viewers dari Worlds 2021. Pasalnya, jika MPL ID S8 berhasil mendapatkan Peak Viewers di 2.392.579, Peak Viewers untuk Worlds 2021 ada di 2.293.140. Sedangkan untuk total Views, Worlds 2021 ada di 176.990.973.

Meski begitu, dalam hal Average Viewers, Worlds 2021 masih jauh di atas Worlds 2021 dengan 1.174.688. Dari sisi Hours Watched, Worlds 2021 juga masih ada di atas MPL ID S8 dengan 137.438.473 alias hampir 2x lipat lebih lama ditonton. Meski begitu, perbandingan Hours Watched antara keduanya mungkin bukan perbandingan yang adil mengingat durasi setiap pertandingan di LoL memang bisa 2x lipat lebih lama ketimbang di MLBB.

Credits: Esports Charts PRO Feature

Satu hal yang menarik dari Worlds 2021 adalah dari popularitas tim yang bertanding. Dari sisi Hours Watched, Hanwha Life dan Cloud 9 menjadi 2 tim yang paling lama ditonton. Padahal keduanya sudah tersingkir dan tidak akan bermain di babak semifinal yang akan digelar tanggal 30-31 Oktober 2021. Namun demikian, dari sisi Average Viewers, 2 tim Korea Selatan, T1 dan Damwon Gaming masih menjadi 2 tim yang mengundang paling banyak penonton.

Sekali lagi, World Championship 2021 memang masih belum usai. Masih ada peluang untuk turnamen LoL paling bergengsi di dunia ini akan mengalahkan MPL ID Season 8. Kita lihat saja nanti ke depannya. Saya akan membuat lagi artikel tentang statistik penonton World Championship 2021 setelah turnamen tersebut usai digelar.

Credits: Esports Charts PRO Feature

Disclosure: Hybrid adalah media partner dari Esports Charts. 

Previous Story

Intel Resmi Luncurkan Prosesor Generasi ke-12 Alder Lake dengan Arsitektur Hybrid

Chief of Commercial & Omni Channel Bhinneka Vensia Tjhin / Bhinneka
Next Story

Segmen B2B2B Jadi Pembuktian Bhinneka sebagai Pionir E-commerce B2B Terdepan

Latest from Blog

Don't Miss

Peran Mobile Esports Dalam Pertumbuhan Industri Esports Global

Beberapa tahun belakangan, industri esports memang tumbuh pesat. Setiap tahun,

Dua Kompetisi Game Mobile Puncaki Daftar Turnamen Esports Terpopuler di Januari 2023

Dalam daftar turnamen esports terpopuler di Januari 2023, peringkat pertama