Gaming News

Penjualan Valthirian Arc Capai Rp7 Miliar, Balik Modal dalam Waktu 3 Bulan

17 Jan 2019 | Ayyub Mustofa
Wilayah Inggris dan negara-negara Eropa lain menjadi pasar paling menghasilkan

Sebuah kabar baik datang dari Agate, developer asal Bandung yang juga merupakan studio game terbesar di Indonesia. Melalui siaran persnya, Agate baru-baru ini mengumumkan bahwa game terbaru mereka yaitu Valthirian Arc: Hero School Story telah berhasil mencapai penjualan senilai US$500.000. Dengan kurs saat ini (US$1 = Rp14.195) artinya angka tersebut setara dengan kurang lebih Rp7,1 miliar.

Pencapaian tersebut diraih oleh Valthirian Arc: Hero School Story dalam waktu cukup singkat, hanya tiga bulan sejak perilisannya. Angka sedemikian besar juga menandakan bahwa game ini telah mencapai break event point, alias balik modal. Agate melaporkan bahwa keuntungan terbesar diperoleh dari penjualan game fisik dari region 2, yaitu Inggris dan Eropa. Khususnya di platform PC, game ini sempat menduduki peringkat 2 best-seller di Steam wilayah Inggris Raya.

Valthirian Arc: Hero School Story | Screenshot 5
Valthirian Arc: Hero School Story

Salah satu cara Agate untuk mendongkrak popularitas Valthirian Arc: Hero School Story adalah dengan rajin membawa game mereka ke berbagai ajang pameran luar negeri. Salah satunya seperti MCM Comic Con di kota London, pada bulan Oktober 2018 lalu, di mana Valthirian Arc mendapat cukup banyak peminat. Agate juga pernah memamerkan game ini di acara Tokyo Game Show 2018 serta PlayStation Experience SEA (PSX SEA) 2018 di Bangkok. Selain itu, Agate pun gencar mengirimkan publikasi ke berbagai media, baik media lokal ataupun luar negeri.

Dalam distribusi Valthirian Arc: Hero School Story, Agate bekerja sama dengan penerbit asal Inggris yang sudah cukup senior, yaitu PQube. PQube telah lama menangani game untuk berbagai platform, termasuk judul-judul ternama seperti seri BlazBlue, Harvest Moon, serta Senran Kagura.

Valthirian Arc - PlayStation Experience SEA
Valthirian Arc dan beberapa game lokal lain dalam PSX SEA 2018 | Sumber: Duniaku.net

Dengan kesuksesan seperti ini, Agate telah membuktikan bahwa developer Indonesia juga mampu menciptakan produk yang memiliki daya saing di pasar video game global. Valthirian Arc: Hero School Story bisa Anda dapatkan secara fisik ataupun digital di PS4 dan Switch, juga di PC via Steam. Anda dapat membaca ulasan kami tentang Valthirian Arc: Hero School Story di tautan berikut.