Esports Ecosystem

Evolution Championship Series Siap Guncangkan Las Vegas Lagi di Tahun 2020

01 Nov 2019 | Ayyub Mustofa
EVO 2020 adalah tahun ke-15 acara ini digelar di Las Vegas, sejak pertama kali di tahun 2005.

Rasanya baru kemarin kita menyaksikan para jawara fighting game dunia adu otot di EVO 2019, tapi kini panitia EVO sudah bersiap-siap untuk menggelar EVO 2020. Baru saja, mereka mengunggah trailer di YouTube yang mengonfirmasi digelarnya acara ini, beserta tanggal dan lokasi pastinya. Seperti tahun-tahun sebelumnya, EVO 2020 akan kembali hadir di Mandalay Bay Resort and Casino, Las Vegas, tepatnya di tanggal 31 Juli – 2 Agustus 2020.

Bila Anda menonton trailer di bawah, Anda dapat menyaksikan sejumlah klip dari game populer yang muncul di EVO 2019, seperti Dragon Ball FighterZ, Tekken 7, dan BlazBlue: Cross Tag Battle. Tapi perlu diingat bahwa saat ini EVO belum mengumumkan secara resmi game apa saja yang akan tampil tahun 2020 nanti.

Masih ada waktu cukup lama sampai 31 Juli, dan dalam rentang waktu ini ada beberapa fighting game yang akan dirilis atau kemungkinan dirilis. Contohnya Granblue Fantasy Versus (Februari 2020), Guilty Gear baru (tentatif 2020), dan The King of Fighters XV (tentatif 2020). Bisa saja salah satu dari beberapa game ini nantinya muncul jadi menu di panggung utama, tergantung dari apakah para developernya merilis sebelum atau sesudah EVO.

Satu hal lagi yang penting untuk diingat dalam EVO 2020, yaitu aturan baru tentang penggunaan controller. Selepas kontroversi seputar controller jenis hit box, beberapa waktu lalu panitia EVO mengumumkan revisi aturan yang akhirnya benar-benar melegalkan controller tersebut. Termasuk di antaranya Gafrobox yang digunakan oleh Daigo Umehara, hit boxCross|Up yang punya directional input campuran, serta Smash Box yang dirancang khusus untuk pemain Super Smash Bros.

Granblue Fantasy Versus - Screenshot
Granblue Fantasy Versus, akankah masuk EVO? | Sumber: Dual Pixels

Jangan lupa juga bahwa sebelum EVO 2020 nanti masih ada eventEVO Japan 2020 yang akan digelar pada tanggal 24 – 26 Januari. Pertengahan Oktober lalu, EVO Japan sudah mengumumkan lima game utama yang akan dipertandingkan nantinya, terdiri dari:

  • BlazBlue: Cross Tag Battle
  • Samurai Shodown
  • Super Smash Bros. Ultimate
  • Soulcalibur VI
  • Tekken 7
EVO Japan 2020 - Games
Sumber: EVO Japan

Ajang EVO Japan 2020 ini akan digelar di gedung Makuhari Messe, kota Chiba, yang memiliki kapasitas hingga 9.000 pengunjung. Dibandingkan EVO Japan 2019 yang digelar di Fukuoka Kokusai Center, gedung Makuhari Messe memang sedikit lebih kecil. Tapi lokasinya yang berada di pinggiran Tokyo bisa memberikan akses yang lebih mudah, ketimbang kota Fukuoka yang letaknya ada di ujung selatan Jepang. Anda bisa menyimak liputan EVO Japan 2019 dari komunitas Advance Guard dan ABUGET di tautan berikut.

EVO 2020 menandai tahun ke-15 hadirnya EVO di Las Vegas sejak pertama kali digelar di kota tersebut pada tahun 2005. EVO sendiri akan menginjak usia 24 tahun, bila kita menghitung sejak pertama kali dicetuskan dengan nama Battle by the Bay pada tahun 1996 lalu. Inovasi seperti apa yang akan mereka tunjukkan di tahun 2020 nanti?

Sumber: Shoryuken.com, EVO JapanJoey Cuellar, EventHubs